Pemasaran melalui kampanye memang menjadi langkah yang baik untuk dilakukan. Melalui kegiatan kampanye ini, brand Anda bisa mudah dikenali dan diketahui banyak orang dalam waktu singkat. Hanya saja, Anda harus mampu membuat kampanye pemasaran yang menarik dan bagus.
Kampanye dalam sebuah pemasaran ini menjadi komponen penting yang mungkin ada pada setiap pertumbuhan perusahaan dan bisa membantu sebuah bisnis meningkatkan kesadarannya. Apabila sudah banyak yang mengetahui produk dan brand tersebut, pastinya akan jauh lebih mudah dalam mendatangkan pelanggan baru dan meningkatkan penjualan.
Contoh Kampanye Pemasaran
Nah, jadi peran kampanye ini lebih seperti branding yang mana bisa membuat seseorang tahu kemudian tertarik untuk membeli. Banyak kampanye yang bisa Anda lakukan, berikut ini contoh 20 kampanye pemasaran terbaik yang bisa Anda coba.
1. Media Tradisional
Kampanye ini bisa Anda lakukan menggunakan media tradisional, yakni dengan menggunakan outlet untuk meningkatkan kesadaran merk atau produk pelayanan. Selain outlet, media tradisional ini juga bisa melalui iklan cetak, brosur, radio, dan lain sebagainya. Contohnya penawaran diskon atau grand opening melalui brosur
2. Kampanye Musiman
Kampanye jenis ini biasanya banyak digunakan untuk memasarkan penjualan, produk, ataupun layanan musiman. Kebanyakan kampanye musiman ini dilakukan oleh perusahaan yang dipengaruhi oleh bisnis yang bisa ditingkatkan menggunakan layanan musiman. Contohnya seperti ritel atau restoran punya menu khusus untuk musiman tertentu.
3. Peluncuran Produk
Pernahkan Anda memperhatikan banyak pebisnis yang melakukan campaign saat hendak melakukan peluncuran produk. Kampanye ini bertujuan untuk memberikan informasi pada khalayak umum bahwa mereka memiliki produk baru.
4. Kebutuhan Re-branding
Selanjutnya, Anda pun harus mengenal kampanye Re-branding. Perusahaan menggunakan kampanye pemasaran ini untuk mempromosikan kembali apa yang sudah ia miliki. Contohnya seperti logo Indosat yang ganti, mereka melakukan kampanye re-brading.
5. Pemasaran Kontes
Pemasaran kontes ini memang bukan konsep baru, tetapi cukup populer dikalangan media sosial. Menggunakan jenis kampanye pemasaran kontes ini bisa membuat Anda mendorong orang untuk mengetahui perusahaan dan produknya.
6. Kampanye Melalui Email
Email menjadi salah satu alat komunikasi formal. Banyak perusahan-perusahaan besar yang menggunakannya untuk berhubungan dengan pelanggan. Bahkan higga saat ini masih banyak digunakan untuk melakukan kontrol terhadap customer ataupun calon customer.
7. Kampanye Pengembangan
Tidak jarag sebuah perusahaan pun mengalami kemunduran. Makanya, perlu adanya kampanye untuk bisa membuatnya bisa mengembangkan kembali bisnis dan perusahaan yang dijalankan. Kampanye ini juga bisa didukung melalui testimoni.
8. Akusisi
Kampanye akusisi ini cocok sekali digunakan untuk menjalankan pemasaran di media sosial. Khususnya pemasaran konten dan kampanye yang berbasis nilai merk, bisa menggunakan kampanye jenis ini. Kampanye akusisi cenderung lebih terkonsentrasi dan lebih relevan untuk membuat sejumlah prospek yang besar.
9. Monetisasi
Selanjutnya ada monetisasi. Kampanye ini bisa membuat konsumen menjadi pelanggan jangka panjang. Kampanye ini sebenarnya memang memiliki tujuan untuk pelanggan memilih produk lainnya, sehingga bisa menciptakan rasa loyalitas merek yang lebih tajam. Untuk menjangkau kampanye ini biasanya menggunakan platform yang berbayar.
10. Kampanye Keterlibatan
Menggunakan keterlibatan konsumen dalam melakukan kampanye ini seringkali berhasil. Makanya tidak sedikit orang yang menggunakan cara ini untuk melakukan kampanye, misalnya dengan menggunakan testimonial untuk mempersuasi orang lain.
11. Viral Marketing
Kampanye viral ini bisa dilakukan dengan mengaitkan fenomena yang ada. Istilah lainnya mengambil kesempatan dikala pintu dibuka. Misalnya melakukan produk serupa dari salah satu brand yang menutup brand atau brand tersebut terlalu mahal dijangkau.
12. Pemasaran Terpadu
Kampanye dengan menggunakan cara pemasaran terpadu ini bisa Anda lakukan dengan menceritakan atau membagi kisah unik. Sehingga bisa membuat hubungan yang bagus dengan calon konsumen. Storytelling menjadi strategi yang bagus untuk pemasaran.
13. Kampanye Heineken
Pada tahun 2016 Heineken membuat sebuah kampanye “Go Places” dimana ia menunjukkan kepribadian serta budaya perusahaan. Kampanye ini menunjukkan sebuah wawancara interaktif. Ide yang digunakan dalam proses kampanye ini sangat menarik.
14. Kampanye Spotify
Spotify memiliki konsep kampanye yang cukup menarik saat memulai daftar putar kosmik. Pendengar bisa mendengarkan lagu berdasarkan tadnda bintang pendengar. Musiknya pun mencerminkan pendengar untuk mengaktualisasikan ramalan bintang.
15. Rumah Inovasi Beacon
Nike melakukan produksi patung yag digantung di tengah toko utama NYC. Kampanye rumah inovasi beacon ini memainkan masamasa olahraga dari sejarah Nike. Hal tersebut bisa menjembatani antara branding, seni, pemasaran, hingga teknologi.
17. Kampanye Realitas Astronot
National Geographic memberikan pengetahuan yang luar biasa mengenai angkasa secara langsung. Melalui “One Strange Rock” banyak orang bisa merasakan dan mengeksplorasi ruang angkasa. Kampanye ini digunakan untuk mempromosikan helm astronot VR khusus.
18. Kampanye Burger King
Kegiatan kampanye burger king ini sederhana namun idenya sangat bagus. Mungkin Anda akan berpikir, kenapa tidak pernah kepikiran ide seperti ini. Kampanye Burger King ini mengandung pushback dan trolling, tetapi secara keseluruhan sangat menarik sekali dengan kampanye “Oke Google, ceritakan tentang Whopper”.
19. Kampanye Ikea
Ikea menggunakan kampanye dengan menggunakan ahli katalog pribadi. Ia menggunakan orang untuk menjadi katalog yang menghafal semua produk Ikea. Ini menjad salah satu ide pemasaran yang super dan jenius.
20. Kampanye Samsung
Samsung pun mengusung kampanye yang menarik dengan “Buat Ide Saya Berhasil” ini menjadi salah satu pemasaran yang cukup kreatif. Kampanye ini pun berhasil membuat beberapa orang merasa tertarik.
Nah, itulah 20 kampanye pemasaran terbaik yang dapat Anda ketahui. Melalui ini Anda bisa mendapatkan referensi jika ingin melakukan kampanye. Memang dengan menggunakan metode ini akan lebih banyak orang yang bisa menemukan produk dan bisnismu. Jadi bisnis bisa makin berkembang.