5 Jenis Kampanye Pemasaran untuk Meningkatkan Bisnis

Di dalam dunia bisnis ada istilah yang dikenal sebagai kampanye pemasaran atau marketing campaign. Dimana itu merupakan salah satu kegiatan penting untuk menjaga pertumbuhan bisnis. Berbeda dengan dulu yang dilakukan dengan menyebar pamflet atau brosur iklan ke banyak orang, kini marketing campaign sudah bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Intip Jenis Marketing Campaign untuk Bisnis Anda

Di era yang sudah serba modern seperti saat ini, marketing campaign bisa dilakukan melalui iklan di media sosial atau iklan-iklan di platform lain. Namun, perlu Anda tahu tidak semua jenis marketing campaign bisa cocok untuk bisnis Anda. Simak beberapa jenis marketing campaign berikut dan carilah yang cocok untuk bisnis Anda!

  1. Kontes Marketing Campaign

Jenis kampanye pemasaran yang pertama ini sudah terbukti selalu sukses melejitkan pamor dan popularitas sebuah brand. Hal ini karena hampir semua konsumen sangat antusias untuk mendapatkan hadiah ketika mengikuti kontes di media sosial. Jenis marketing campaign yang satu ini juga cukup beragam.

Kontes marketing campaign ini juga biasa disebut dengan giveaway di media sosial. Contoh kegiatannya bisa berupa menjawab pertanyaan, mengunggah foto atau video produk, memberikan komentar sebanyak-banyaknya, atau bahkan tagging atau menyebut nama temannya.

Tidak hanya giveaway, kontes ini juga bisa berupa pemasaran dengan menggunakan video. Dan ini merupakan salah satu cara yang cukup trend di tahun ini. Faktanya, di tahun 2020 hampir 85% bisnis sudah menggunakan video sebagai alat pemasaran mereka.

Anda bisa memanfaatkan beberapa platform untuk pemasaran video. Diantaranya seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan juga TikTok. Dengan melihat statistik yang menunjukkan bahwa 96% konsumen lebih tertarik melakukan pembelian setelah melihat video.

Ditambah lagi kini banyak media sosial yang dilengkapi dengan fitur story. Dimana fitur ini memiliki kemampuan untuk berbagi cerita dengan lebih banyak fitur lainnya. Misalnya Anda bisa menambahkan tagar, tag, lokasi, mengarahkan pengunjung ke situs web bisnis Anda, atau bahkan membuat kuis dan voting.

Dengan tren ini Anda juga bisa memanfaatkannya dengan maksimal untuk alat pemasaran bisnis Anda.

2. Marketing Campaign yang Bisa Memperkuat Brand Awareness

Jenis kampanye pemasaran yang kedua adalah jenis marketing campaign yang bisa memperkuat brand awareness bisnis Anda. Jenis kampanye ini sangat penting agar masyarakat bisa tetap ingat terhadap brand Anda dari waktu ke waktu. Terlebih di tengah serbuan jutaan produk dari kompetitor lain.

Jika brand awareness Anda berhasil dan konsumen terlanjur mengenal dan percaya dengan brand produk Anda maka tidak akan mudah untuk mereka berpaling. Untuk menerapkan jenis marketing campaign yang satu ini Anda bisa memulainya dengan membuat artikel atau konten bulanan secara rutin dimana isinya mengulas benefit atau keunggulan dari bisnis Anda.

Cara ini berguna untuk membuat konsumen selalu sadar akan brand Anda dan tahu apa saja nilai-nilai yang menginspirasi dari bisnis Anda. Meskipun begitu, ada beberapa teknik yang harus Anda perhatikan dalam melakukan iklan atau promosi di media sosial.

Misalnya, Anda harus pandai dalam mengatur relevansi antara konten iklan dengan minat dari pengguna. Perhatikan juga penambahan kalimat dengan copywriting yang sangat menentukan daya jual. Perlu Anda ketahui juga bahwa kampanye digital baru akan dianggap berhasil jika ROI atau pengembalian modal lebih besar dari modal yang sudah dikeluarkan.

3. Promo Eventual atau Musiman

Jenis kampanye pemasaran selanjutnya adalah promo musiman atau eventual. Dimana promo ini hanya dikeluarkan ketika ada hari perayaan tertentu. Diantaranya ketika perayaan Idul Fitri, Idul Adha, Tahun Baru Cina, Natal, Tahun Baru Masehi, dan perayaan-perayaan lainnya.

Jenis marketing campaign yang satu ini cocok untuk bisnis yang ingin meningkatkan omset menjelang hari-hari perayaan tertentu, tentunya tetap dengan strategi dan teknik yang efektif serta anggaran dana yang terjangkau.

4. Marketing dengan Media Tradisional

Tidak mungkin Anda tidak mengenal jenis kampanye pemasaran yang satu ini. Dimana semua marketingnya dilakukan dengan cara yang tradisional, seperti brosur, kartu nama, pamflet, selebaran, dan marketing-marketing tradisional lainnya.

Meskipun terlihat kuno dan terkesan ketinggalan zaman namun media tradisional ini masih menjadi marketing campaign yang cukup efektif dan masih banyak diminati.

Terlepas dari segi anggaran yang jauh lebih mahal daripada strategi kampanye secara online melalui media sosial, bisnis yang menggunakan media iklan koran, radio, dan sejenisnya jauh lebih ampuh untuk menjangkau konsumen. Oleh karena itu, pandai-pandailah mengalokasikan anggaran dengan tepat agar tidak mengalami kerugian.

5. Email Marketing

Jenis kampanye pemasaran yang terakhir dan tidak kalah unggul dalam memasarkan bisnis adalah email marketing. Dengan email marketing Anda bisa mengirimkan sejumlah konten, promo artikel, diskon, atau informasi apapun terkait bisnis Anda kepala konsumen melalui aplikasi email blasting.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan bahasa yang jelas, mudah dipahami, menarik, serta persuasif yang halus. Baik Anda menggunakan komunikasi verbal maupun non verbal, keduanya sangat berpengaruh dalam strategi marketing ini.

Dan perlu Anda ketahui, saat ini banyak audiens yang lebih antusias dengan konten yang dipersonalisasi. Baik promosi email sederhana maupun sebuah program yang dirancang secara khusus.

Itulah beberapa jenis kampanye pemasaran yang perlu Anda ketahui dan cocok untuk bisnis Anda. Setelah mengetahui jenis-jenisnya, kini Anda bisa memilah mana jenis marketing campaign yang sesuai untuk bisnis Anda. Kembangkan dan manfaatkan dengan maksimal untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

Bagikan Artikel