9 Jenis Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui!

Pebisnis yang ingin mengembangkan sayap, wajib memahami beragam jenis digital marketing yang banyak berkembang dalam masyarakat. Hal ini bertujuan agar Anda lebih banyak memiliki pilihan dalam memasarkan produk. Semakin banyak proses marketing yang dilalui, maka semakin besar pula kemungkinan produk Anda lebih laku di pasaran.

Jenis-jenis Marketing Digital yang Wajib Anda Pahami

Secara umum, terdapat pembagian jenis dari marketing digital yang biasa dijadikan pegangan para pebisnis. Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis marketing digital yang perlu Anda pahami.

Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu jenis dari marketing digital yang fokus pada pembuatan konten dan distribusinya pada target market tertentu. Tujuan utama dari pembuatan konten marketing yakni untuk menarik reaksi dari calon pembeli potensial. Anda bisa menggunakan pilihan konten mulai dari blog, podcast, infografis, video singkat, atau materi lainnya.

Search Engine Marketing (SEM)

Jika SEO fokus pada optimasi website pada mesin pencari, SEM (Search Engine Marketing) lebih fokus pada pemasaran yang bertujuan untuk menaikkan visibilitas website secara keseluruhan. SEO dan SEM merupakan bagian dari pemasaran online yang saling berkaitan satu sama lain.

Search Engine Optimization (SEO)

Salah satu jenis pemasaran digital yang wajib dipahami oleh pebisnis yakni berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization). Upaya ini dimaksudkan untuk melakukan optimasi website agar bisa menempati halaman pertama dalam mesin pencari Google. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat SEO Marketing ini semakin baik.

  1. Menjadikan website lebih mudah diakses

Salah satu faktor utama penentu algoritma dalam SEO marketing yakni jenis URL yang digunakan. Anda harus menggunakan layanan yang mudah diakses seperti dengan menambahkan https:// sebagai alamat dalam konten website Anda. Hal ini akan mempermudah Google dalam melakukan pemantauan secara berkala pada akun-akun bodong, sehingga kanal Anda aman dari bot Google.

  1. Faktor Kecepatan Website

Tak hanya berkaitan dengan URL saja, faktor lainnya yang berpengaruh pada SEO marketing yakni berkaitan dengan kecepatan website yang digunakan. Anda harus bisa melakukan pemantauan dan pembaharuan yang menyesuaikan dengan algoritma Google jika ingin konten yang dikembangkan bisa bertahan selama beberapa tahun. Ini bagian dari perkembangan jenis digital marketing yang layak untuk dikembangkan.

  1. Kualitas Konten

Hal lain yang perlu dimaksimalkan dalam usaha menggunakan SEO marketing dalam menaikkan branding produk dan pemasarannya yakni dengan memperhatikan kualitas konten. Hal ini akan menjadi salah satu indikator keberhasilan jika produk yang ditawarkan bisa melampaui target penjualan yang dicanangkan.

Menggunakan Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu jenis digital marketing yang menggunakan media email sebagai sarana promosinya. Email marketing akan lebih cocok digunakan untuk menargetkan konsumen yang telah mengetahui produk Anda sebelumnya. Akan lebih baik lagi bila email marketing digunakan untuk melakukan promosi pada produk baru yang menjadi lanjutan dari produk sebelumnya.

Social Media Marketing

Menggunakan media sosial di era online seperti saat ini adalah sesuatu yang lumrah terjadi. Maka perkembangan bisnis di dunia maya juga bisa menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memperluas jaringan dan memasarkan produk secara lebih baik. Sosial media marketing adalah langkah yang paling cepat dan mudah untuk menjangkau semua kalangan.

Anda bisa memanfaatkan jenis digital marketing satu ini menggunakan aneka platform medsos yang ada, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube atau Tiktok. PAstikan Anda menggunakan teknik marketing yang sesuai dengan algoritma pada masing-masing media sosial. Jika difokuskan, maka hasilnya tidak akan mengecewakan. Anda akan dapatkan impact yang berbanding lurus dengan usaha yang Anda lakukan untuk memasarkannya.

Influencer Marketing

Influencer marketing menjadi salah satu teknik pemasaran online yang kini banyak digunakan oleh para pengusaha dalam mengembangkan tingkat penjualan produk atau jasa yang dimiliki. Branding influencer marketing juga akan menjadi salah satu kekuatan untuk meningkatkan awareness masyarakat pada produk yang Anda kembangkan.

Tak mengherankan bila jenis marketing yang menggunakan para influencer cenderung akan lebih cepat naik. Hal ini dikarenakan influencer akan menyesuaikan konten marketing yang tepat agar produk atau jasa yang ditawarkan lebih cepat mendapatkan feedback atas jasanya.

Affiliate Marketing

Pilihan jenis digital marketing selanjutnya yakni menggunakan sistem affiliate marketing.  Biasanya perusahaan akan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mendaftarkan diri sebagai afiliator untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki. Penawaran yang  diberikan bisa berupa fee atau potongan harga jika melakukan pembelian produk.

Cara ini merupakan langkah pemasaran yang cukup efektif, terlebih apabila sang affiliate telah memiliki followers yang memungkinkan untuk menaikkan penjualan. Semakin banyak barang yang dibeli konsumen, maka semakin besar pula bayaran atau komisi yang akan diterima oleh afiliator.

Video Marketing

Menggunakan video untuk memasarkan sebuah produk tentu jadi salah satu jenis digital marketing yang kerap digunakan oleh sebagian pengusaha. Video marketing tersebut bisa berupa testimoni, vlog, hingga iklan di televisi atau media sosial. Dalam prosesnya, Anda bisa menggunakan jasa model atau videografer yang akan mempercantik tampilan produk yang ditawarkan.

Mobile Marketing

Digital marketing juga harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Anda bisa menggunakan sistem mobile marketing yang akan lebih mudah dijangkau oleh semua kalangan. Dengan memaksimalkan konten pada sistem mobile marketing, maka Anda juga memiliki jangkauan calon konsumen yang lebih luas.

Beberapa jenis digital marketing yang telah dijelaskan di atas bisa menjadi sumber referensi Anda dalam mengembangkan pemasaran di bidang bisnis Anda. Proses pemasaran yang terus menerus dan fokus memberikan edukasi konten, tentu akan menjadi satu nilai tambah tersendiri untuk calon konsumen yang akan menggunakan produk atau jasa Anda.

Bagikan Artikel