Media sosial sudah seperti strategi digital marketing yang harus dilakukan oleh pebisnis jika ingin produknya dikenal banyak orang dan menjangkau pasar yang lebih luas. Mengoptimalkan media sosial bisnis sangat penting agar hasil yang didapat pun maksimal.
Salah satu hal yang perlu untuk dilakukan yaitu membuat pelanggan semakin mengenal produk Anda, mulai dari nama setiap varian, komposisi, manfaat, kelebihan dari brand lain dan sebagainya. Semakin pelanggan mengenal produk Anda, semakin lebih mudah untuk melakukan pembelian.
Tips Mengoptimalkan Media Sosial Bisnis Agar Pelanggan Semakin Mengenal Produk
Selain dengan memberikan informasi mengenai produk secara langsung, membangun brand awareness, menjalin hubungan baik, dan berbagai usaha lainnya akan membuat audiens di media sosial penasaran dengan produk Anda. Jika seperti itu, mereka sendiri akan mencari tahu lebih lengkap tentang produk tersebut.
- Mengenali Audiens
Mengenali karakteristik audiens di platform media sosial yang Anda gunakan sangat penting untuk menentukan strategi konten yang akan dibuat. Dengan mengenali audiens, Anda dapat meraih micro-target audiens melalui media sosial. Bagaimana cara berinteraksi dengan mereka, jenis konten apa yang mereka sukai, dan sebagainya.
Utamakan audiens yang termasuk target pasar produk Anda. Setelah berhasil menjangkau pasar, Anda bisa meningkatkan strategi untuk pasar yang lebih luas. Sebenarnya tahap mengenal audiens harus dilakukan sebelum memilih platform media sosial yang akan dipilih.
Anda harus mencari tahu media sosial apa yang paling banyak digunakan oleh target pasar produk Anda. Namun, jika sudah terlanjur menggunakan satu media sosial, Anda tetap bisa mengenali audiens yang membuat strategi yang bisa menarik minat mereka terhadap produk Anda.
- Membangun Hubungan yang Baik
Cara mengoptimalkan media sosial bisnis yang penting dilakukan oleh brand yaitu membangun hubungan baik dengan audiens. Mempunyai hubungan yang baik akan membuat Anda ke depannya bisa melakukan promosi dengan masif sekaligus mendapatkan respons berupa pembelian oleh audiens.
Membangun hubungan yang baik bisa dengan berbagai cara. Contohnya merespon komentar-komentar penting yang memang harus direspon, seperti menanyakan varian atau paket lain, cara pemesanan, pengiriman dari mana dan sebagainya. Selain itu, mengucapkan terima kasih untuk komentar positif atau membuat vidio jawaban.
Pertanyaan dari audiens yang perlu dijelaskan cukup panjang bisa dijadikan konten agar sekaligus memberikan informasi kepada yang lainnya. Tindakan seperti itu bisa membangun hubungan yang baik karena audiens akan senang ketika pertanyaannya dijawab.
- Melakukan Konten Video Live
Konten live atau siaran langsung menjadi strategi digital marketing yang cukup efektif untuk mengoptimalkan media sosial bisnis dalam memperkenalkan produk. Dalam acara live, Anda dapat menjelaskan informasi tentang produk secara lebih leluasa. Audiens bisa langsung bertanya dan Anda langsung menjawabnya.
Agar live berjalan lancar, Anda harus menyiapkan produk apa saja yang akan di review dan mengetahui secara lengkap tentang produk tersebut. Rencanakan apa saja informasi tentang produk tersebut yang akan diberitahukan kepada audiens.
Jika pembawaan Anda percaya diri dan asik, audiens akan betah menonton live tersebut dan pertanyaan-pertanyaan akan mulai bermunculan. Jawab pertanyaan audiens untuk memperpanjang durasi live dan jangan lupa untuk melakukan komunikasi persuasif agar penonton membeli produk Anda.
- Bekerja Sama dengan Influencer
Penggunaan influencer cukup efektif untuk membuat pelanggan lebih mengenal produk dengan cara mereview. Tidak hanya produk yang direview saja, brand atau akun media sosial Anda juga akan dipromosikan dan bisa kemungkinan mendapat banyak pengikut baru.
Namun, untuk mengoptimalkan media sosial bisnis melalui influencer, Anda harus memilih influencer yang tepat. Jangan memilih influencer dari rate engagement saja, tetapi sesuai kebutuhan dan relevansi kontennya dengan produk Anda. Banyak hal yang harus diperhatikan untuk memilih influencer yang tepat.
Sudah banyak kejadian pelaku UMKM yang malah rugi dan tidak puas dengan cara influencer mempromosikan produk mereka karena hanya melihat bahwa influencer tersebut sedang populer, brand lain untung besar setelah memakai jasa influencer tersebut. Padahal, tidak semua produk cocok dipromosikan oleh influencer tersebut.
- Membuat Konten Visual yang Menarik
Konten visual yang menarik sangat penting untuk pemasaran di media sosial. Bisa dilihat di beberapa platform media sosial seperti Instagram dan TikTok, pebisnis yang mempunyai banyak pengikut dan jualannya laku adalah mereka yang membuat konten menarik dan unsur visualnya tetap ada.
Tidak hanya akun bisnis, para konten kreator pun berlomba-lomba untuk membuat konten yang estetik dan unik. Salah satu hal yang sangat penting yaitu resolusi gambar atau vidio yang diunggah harus berkualitas tinggi.
Dalam mempromosikan produk, pengguna media sosial sangat menyukai konten review yang penyajiannya estetik, sehingga Anda harus bisa mengikuti keinginan pasar agar dapat menarik perhatian mereka dan membuat penasaran terhadap produk Anda.
- Bangun Reputasi
Membangun reputasi brand sama pentingnya untuk mengoptimalkan media sosial bisnis. Jika brand Anda dikenal luas memiliki reputasi yang baik, akan membuat penasaran dengan produk Anda dan mencari tahu.
Ketika melakukan hal-hal yang dapat menunjukkan bahwa brand Anda mempunyai reputasi yang baik, para pelanggan akan mencari tahu lebih tentang produk lainnya (jika Anda menjual beberapa produk). Banyak cara untuk membangun reputasi di media sosial yang bisa dilakukan.
Cara mengoptimalkan media sosial bisnis agar pelanggan semakin mengenal produk Anda tidak hanya melakukan review saja, tetapi juga perlu usaha lainnya seperti yang dijelaskan di atas.