Apabila Anda memiliki usaha kecil, Anda bisa mengurangi biaya pemasaran dengan melakukan kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan internet. Proses membuat akun media sosial sederhana dan dapat membantu Anda untuk meningkatkan pemasaran online usaha Anda. Memahami cara mempromosikan usaha Anda pada media umum merupakan cara yang bagus untuk menjaring lebih banyak pelanggan saat ini, serta menargetkan pelanggan masa depan.
Menyiapkan Akun Media Sosial Anda
Identifikasi Calon Pelanggan Anda
Usaha Anda harus memiliki audiens yang tertarget. Pelanggan perusahaan anda yang sudah ada merupakan aset Anda saat ini, artinya Anda sudah mempunyai pelanggan potensial. Strategi periklanan media umum yang efektif harus memastikan bahwa pelanggan yang ada merasa didengar & dihargai, sambil menjangkau pelanggan potensial dengan cara mempromosikan bisnis anda. Mulailah dengan melihat pelanggan Anda yang ada saat ini. Apakah mereka umumnya orang dewasa setengah baya atau muda?
Anda wajib memikirkan media apa yang mungkin dipakai pelanggan Anda. Anda perlu melakukan survei informal untuk meminta pelanggan Anda ketika mereka melakukan pembelian. Sangat penting untuk menetapkan beberapa harapan mengenai basis pelanggan Anda. Periksa channel media sosial pesaing Anda yang paling signifikan untuk mengetahui jenis pelanggan seperti apa selalu mengikuti mereka secara online. Lalu buat konten yang menarik bagi audiens Anda yang mencakup penjualan dan promosi. Anda juga bisa membuat video yang mengungkapkan kepribadian merek Anda.
Mendaftar ke Media Sosial
Setelah Anda mengidentifikasi orang yang ingin Anda jangkau maka anda dapat membuat akun media sosial. Akun pada jejaring sosial umumnya mudah dikelola, namun Anda wajib mempelajari panduan dan ketentuan pengguna yang terkait dengan akun perusahaan. Platform media sosial yang paling sering digunakan adalah:
- Facebook, platform ini sangat ideal untuk mencoba menjangkau audiens yang lebih luas karena memiliki banyak grup.
- Twitter, platform media sosial yang sama populer dengan yang lainnya. Namun, ini adalah media sosial yang paling terkenal di kalangan anak muda dan milenium.
- Instagram: platform online berbasis foto buat jejaring sosial ini sangat populer pada kalangan remaja dan orang dewasa yg lebih muda berdasarkan usia 35 tahun.
- Pinterest, platform media sosial dengan tema visual ini paling baik digunakan jika Anda mempunyai foto yang relevan untuk diunggah. Ini sangat efektif untuk menarik target perempuan berusia antara 30 hingga 50 tahun.
Menyewa Pengelola Akun Media Sosial
Banyak orang percaya bahwa pekerjaan pengelola media sosial adalah mempekerjakan mereka untuk menangani akun online. Mereka dapat mengelola profil online bisnis Anda sehingga Anda tidak perlu merekrut staf tambahan untuk memegang kendali atas kegiatan pemasaran online bisnis anda. Pengelola media sosial berfungsi membantu mempromosikan informasi perusahaan anda sambil memantau jangkauan pemasaran online bisnis Anda. Anda juga bisa menggunakan tools untuk mengelola banyak akun media sosial, seperti HootSuite dan Ping.Fm. Ini memungkinkan Anda mengelola akun sosial pada semua platform melalui satu situs web. Anda akan bisa memprogram pesan dan posting, mengevaluasi efektivitas posting Anda dalam hal menjangkau audiens target Anda.