Memasarkan produk usaha di era digital dapat dilakukan dengan dua cara yakni bermedia online dan bermedia offline. Keuntungan bagi pelaku usaha yang memahami betul cara mengaplikasikan kedua media. Karena selain memperluas pangsa, juga menambahkan penghasilan.
Promosi dengan beragam variasi mulai dikembangkan. Tidak hanya media online, media offline yang bersumber pada media online pun ada. Sehingga keduanya saling berkaitan. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak contoh promosi online dan offline berikut.
5. Contoh Promosi Online
Promosi online saat ini sangat bervariasi. Variasi yang dimaksud bukan sekedar dari media sosialnya. Melainkan pada platform yang didesain dapat dibagikan melalui media sosial online dapat memperbanyak sebaran promosi. Berikut 5 contoh promosi secara online.
- Membuat Status di WhatsApp
WhatsApp adalah media sosial yang memberikan layanan bertukar pesan dan informasi pribadi melalui fitur unggahan status 24 jamnya. Namun seiring berjalannya waktu, WhatsApp bertambah fungsi menjadi tempat promosi. Baik melalui grup WhatsApp, atau status berantai 24 jam.
WhatsApp menjadi tempat efektif untuk berbagi informasi. Sebagai contoh promosi online, WhatApps memang termasuk media sosial yang memiliki pengguna sebanyak 84,8 juta di Indonesia per Juni 2021. Informasi ini berdasarkan Statista yang dikutip oleh databoks.katadata.
- Promosi di Beranda Facebook
Promosi menggunakan facebook juga tidak kalah banyaknya. Sebab per Juli 2021 menurut Statista, pengguna facebook di Indonesia mencapai 140 juga pengguna. Menduduki peringkat ketiga dunia setelah India.
Hal tersebut menunjukkan bahwa facebook dapat menjadi ladang promosi online yang menjanjikan. Cara promosinya ialah dengan membuka halaman facebook dan Anda perlu memastikan peran halaman untuk izin beriklan. Setelah itu, cari postingan, pilih promosikan, isi kotak dialog promosi, dan ketuk promosikan.
Selain itu, fakta yang dapat Anda jumpai saat ini bahwa facebook dapat menampilkan beranda promosi. Tampilannya kini disebut dengan marketplace. Jika sebelumnya berisikan postingan status dan informasi, sekarang facebook mulai dilengkapi banyak fitur baru.
- Promosi dan Berbagi di TikTok Bisa Jadi Satu
Anda tidak asing lagi dengan TikTok. Platform ini tidak ubahnya seperti media sosial. Namun pada dasarnya TikTok merupakan distributor platform, atau media untuk membagikan video dan kreativitas. Namun seiring berjalannya waktu, TikTok mulai memberikan keuntungan di bidang ekonomi publik.
Pasalnya TikTok memiliki fitur imbalan bagi pengguna yang menyelesaikan target menonton video dalam waktu beberapa menit. Tentu ini dapat dicairkan. Selain itu, saat ini promosi online melalui TikTok bisa diiringi dengan berbagi video menarik. Sehingga penonton tidak bosan.
Video yang viral berkat fyp dapat mendongkrak penjualan. Terlebih jika produk disponsori dan dikolaborasi oleh artis atau influencer TikTok yang telah centang biru. Peningkatan promosi dapat lebih ditingkatkan, mengingat pengguna yang telah centang biru memiliki banyak pengikut.
- Promosi Online melalui Instagram
Promosi melalui instagram memiliki tampilan lebih elegan. Maksudnya bukan media sosial yang lain tidak bagus. Melainkan tampilan instagram lebih konsisten menayangkan dengan paduan gambar dan tulisan sesuai wall. Berbeda dengan facebook.
Baik iklan ataupun reel, tetap ditayangkan sesuai dengan ukuran wall. Inilah membuat instagram tetap menarik sebagai promosi online. Titik-titik pada wall posting tidak menunjuk atau berubah pada halaman lain.
Promosi yang terlihat dapat muncul ketika Anda menggeser tampilan posting. Terlebih jika Anda suka dengan desain, wall profil Anda dapat Anda atur sedemikian rupa bahkan simetris. Sehingga menarik pelanggan untuk lebih melihat produk yang Anda tawarkan.
- Promosi melalui Website
Selain keempat yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat mempromosikan produk dengan keterangan tidak terbatas di web. Anda dapat memaksimalkan banyak iklan di web dengan bantuan google ads.
Selain itu, untuk memaksimalkan pencarian yang mengarah ke website Anda, Anda dapat menggunakan jasa SEO. SEO adalah search engine optimisation, yang bekerja untuk memaksimalkan kata kunci pencarian agar dapat muncul di beranda paling atas.
Ketika Anda menggunakan jasa SEO, sebaiknya Anda menggunakan kata kunci yang sering dipakai. Atau dengan survei di Google Trends. Google Trends menampilkan topik yang sedang hangat diperbincangkan. Anda dapat menulis ulang topik, sekaligus menambah promo di web.
Itulah kelima promosi online yang dapat Anda maksimalkan. Namun bukan hanya kelima media itu, tapi juga media online lainnya. Bahkan Anda bisa menautkan satu sama lain. Sebagai perbandingan, berikut 5 contoh promosi di media offline.
- Promosi melalui Baliho
Baliho dinilai mampu menjangkau publik di luar yang tidak bisa atau tidak sempat membuka media sosial online dan menemukan promosi online. Adanya Baliho membantu memberikan informasi secara tetap. Sehingga publik hafal dengan lokasi dan isi baliho jika melewati tempat yang sama.
- Spanduk yang Dibentangkan
Anda dapat menjumpai promosi menggunakan spanduk ini di jalan. Bukan seperti baliho yang memiliki kerangka tempat. Spanduk merupakan kain yang diberi tulisan dan gambar kemudian dibentangkan.
- Promosi melalui Poster
Promosi online juga dapat menggunakan selebaran file desai grafis dengan promosi. Hal ini pada dasarnya berupa adalah poster di media sosial offline. Karena bisa digunakan bersama, poster dapat berbentuk softfile dan hardfile.
- Promosi melalui Radio
Media sosial radio termasuk dalam media elektronik yang digunakan untuk hiburan dengar dan promosi. Oleh karena itu, tidak jarang promosi ini terdengar setelah acara bincang dan musik.
- Promosi melalui Media Cetak
Sama seperti halnya poster, media cetak yang dimaksud berupa majalah, koran, dan sejenisnya. Rubrik ini termasuk kolom halaman yang sengaja disediakan untuk iklan dan promosi. Sehingga pembaca bisa fokus saat membolak-balik halaman.
Itulah contoh promosi online dan offline. Keduanya sama-sama menarik. Anda dapat memanfaatkan keduanya sekaligus menghemat biaya untuk promosi dan jangkauan konsumen lebih luas.