Apa yang akan Anda lakukan jika Anda ingin menerbitkan video resep yang bisa memikat banyak pemirsa? Bagaimana jika Anda dapat menemukan rahasia yang bisa membuat video Anda viral dibanding video lainnya? Banyak sekali pembuat konten dan pemilik bisnis skala kecil yang ingin menemukan formula ajaib yang akan mengubah strategi mereka dalam memasarkan konten.
Apa itu Video Viral
Kemungkinan Anda telah melihat beberapa video saat menjelajah di feed Facebook Anda. Video yang khusus dibuat untuk media sosial. Video yang singkat, informatif dan misalnya berisi resep lezat yang cenderung segera viral. Keberhasilan sebuah video ditentukan oleh bagaimana strategi Anda. Video yang viral mendapatkan daya tarik dengan cepat dan dapat dibagikan berkali-kali di media sosial, menjangkau mereka yang biasanya tidak melihat konten Anda. Kadang-kadang mereka dibagikan oleh media besar sehingga terus berkembang seperti bola salju.
Bagaimana Cara Membuat Video yang Viral?
Anda sekarang berada di bagian yang tersulit. Dengan pengecualian beberapa keberuntungan, sebagian besar video viral merupakan hasil kerja keras dan sedikit keberuntungan di waktu yang tepat. Membuat klip viral sangat mirip dengan memasak. Resep yang tepat dan bahan-bahan penting membantu Anda mencapai hasil yang sempurna, namun Anda akan berjuang untuk pada awalnya mencobanya.
Ketika Anda terbiasa dengan peralatan Anda dan menyadari keterbatasannya, maka makanan Anda akan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi sampai anda dapat membuat makanan yang luar biasa setiap hari. Metode dan tips yang akan Anda pelajari di sini bukan jaminan apapun. Mencampur bahan dan mengaduknya beberapa kali bukanlah jaminan bahwa anda akan berhasil. Sebaliknya, saran ini akan memberi Anda dasar yang dapat Anda buat resep Anda sendiri.
Singkat tapi Menggelitik
Video hiburan selalu mendapatkan perhatian lebih besar. Mirip dengan platform media sosial lain yang mereka posting, konten video viral tidak mengganggu. Ini tidak seperti Anda pergi ke Youtube atau Google untuk mencari video ini. Mereka ditampilkan di feed Anda di media sosial. Itu sebabnya video yang pendek sangat efektif. Sangat mudah untuk membenarkan bahwa video dengan durasi 60 detik berisi kisah inspiratif lebih menyenangkan untuk ditonton, atau tentang bahkan resep paling lezat yang dibagikan teman Anda. Namun semakin panjang videonya, semakin sedikit orang yang punya waktu untuk menonton. Jadi, buatlah video yang singkat tapi menggelitik.
Pastikan Fokus pada Satu Pesan
Konten yang sederhana, ringkas dan jelas, dapat melakukan keajaiban. Sebelum Anda mulai membuat video, Tentukan pasa pesan dalam video Anda, kemudian fokus untuk mengeluarkan pesan sejelas mungkin. Ini sama halnya dengan kasus ketika Anda membuat posting blog berisi tutorial, dan ini sangat relevan ketika Anda ingin membuat video yang bisa menjadi viral.
Gunakan Format yang Tepat
Tingkatkan kemungkinan Membuat video online yang viral dengan mengoptimalkannya untuk dibagikan di media sosial. Pastikan video Anda sesuai dengan platform yang dipostingnya dengan mempertimbangkan cara orang melihat video Anda. Sekitar 85% konten video Facebook terlihat tanpa suara, dan pada akhir 2016, mereka memiliki 1,09 miliar pengguna ponsel setiap hari dan jumlah ini terus bertambah setiap kuartal. Oleh karena itu, buat video ramah seluler dapat menarik perhatian lebih banyak penonton.
Gunakan Judul yang Menarik
Setiap video membutuhkan judul yang menarik. Tidak perlu menggunakan judul clickbait jika itu bukan bagian dari tujuan Anda. Namun, Anda memerlukan judul yang efektif yang membuat orang merasa ingin tahu dan penasaran. Judul harus mewakili harapan konten. Orang-orang tertentu bergantung pada rasa ingin tahu , sementara yang lain mencoba mencari tahu apa yang ada di dalam video Anda. Caranya adalah dengan mencari tahu cara terbaik untuk melibatkan audiens Anda dan menciptakan respons emosional.
Kesimpulan
Meskipun konsep yang telah kita bahas di atas adalah bagian penting dari pembuatan video viral, beberapa di antaranya akan tampak seperti saran yang masuk bagi pembuat video. Pada akhirnya, tujuan akhirnya adalah untuk mendapatkan uang. Anda akan menyadari betapa pentingnya melibatkan pemirsa, serta melakukan pengeditan untuk menghasilkan video yang bagus. Ini bukan bagian yang paling sulit. Anda harus menyatukan semua elemen untuk membuat video viral yang efektif.