Dalam lingkungan digital saat ini, pemasaran media sosial telah menjadi alat penting. Tidak mengherankan bahwa sebagian besar bisnis sekarang memiliki setidaknya satu akun media sosial di setiap platform utama. Namun, banyak perusahaan mengabaikan instrumen media penting yang dikenal sebagai Pemasaran YouTube.
Sebelum Facebook dan Twitter, ini adalah media pemasaran video pertama, namun hanya sedikit orang yang menggunakannya untuk mendirikan atau memperkuat perusahaan. Sejak didirikan pada tahun 2006, YouTube telah berkembang menjadi perusahaan bernilai miliaran dolar yang telah memengaruhi kehidupan ribuan komedian, aktris, artis, dan orang biasa yang menjadi terkenal karena video mereka.
Pilihan untuk mengembangkan dan memublikasikan materi YouTube yang menghibur tidak terbatas. Pelanggan dapat mengetahui apakah produk Anda tepat untuk mereka dengan menonton tutorial dan demonstrasi, misalnya. Selain itu, video YouTube yang dibuat dengan baik dapat mengumpulkan ribuan, jika bukan jutaan, penayangan dalam waktu singkat.
Situs ini dapat menjadi platform yang merangsang pertumbuhan perusahaan dengan pembuatan video yang bagus dan taktik pemasaran YouTube. Namun, saat membuat materi YouTube untuk bisnis, ada panduan khusus yang harus diikuti.
Konten yang konsisten, penggunaan berbagai format video, dan CTA (Call-to-Action) yang efektif semuanya dapat membantu Anda membuat konten terbaik. Di sisi lain, terlalu menekankan pada video yang sedang viral dapat merusak strategi pemasaran YouTube Anda. Yuk, simak lima petunjuk penting ini.
Pilih Kata Kunci Pemasaran YouTube Terbaik
Youtube adalah situs berbagi video paling populer di dunia, dan banyak orang menggunakannya sebagai mesin pencari video. Memang, sekarang Google memiliki Youtube, itu dapat meningkatkan kekuatan pencariannya, oleh karena itu Anda harus terus-menerus memasukkan kata kunci dalam deskripsi dan tag video Anda.
Saat Anda memposting video, Anda akan memiliki kemampuan untuk menandainya dengan kata kunci umum untuk membantu orang lain menemukannya saat mereka menelusuri YouTube. Ajakan bertindak yang kuat harus disertakan di akhir video dan di deskripsi, selain kata kunci.
Sertakan kata kerja yang dapat ditindaklanjuti dalam CTA, seperti “suka”, “berlangganan”, “ikuti”, “kunjungan”, atau “beli”. Sertakan tautan ke situs web dan profil media sosial dalam deskripsi video sehingga pemirsa dapat segera mengikuti dan mengunjunginya dari Youtube.
Jangan Mencoba Menjadi Viral
Sementara film viral dapat menghasilkan banyak perhatian untuk sebuah merek, mereka tidak boleh menjadi tujuan untuk setiap video. Video luar biasa karena unik, tetapi jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membuat video dengan topik populer yang sama, kualitasnya akan menurun.
Berkonsentrasilah untuk membuat video yang penting bagi bisnis dan pelanggan Anda, dengan fokus pada kualitas dan relevansi. Meskipun jumlah penayangan sangat penting, lebih penting lagi untuk menumbuhkan pemirsa setia dari waktu ke waktu melalui konten yang unik.
Jika Anda memiliki ide yang menjadi viral di media sosial, itu fantastis, tetapi jika tidak, jangan khawatir. Biasanya lebih baik memiliki tingkat pengembangan yang stabil daripada hanya menyajikan satu video populer.
Tentukan Tampilan saluran Youtube Anda
Sebaiknya Anda turun dengan tim Anda dan menetapkan desain saluran YouTube yang dapat membantu alat pemasaran Anda sebelum Anda mulai membuat konten video YouTube. Karena pemasaran YouTube benar, sangat penting untuk memiliki nada dan gaya yang konsisten di seluruh materi untuk menciptakan suasana profesional dan membuat pengalaman menonton video lebih menarik.
Cari tahu siapa yang ingin Anda targetkan, cara membuka dan menutup video YouTube, cara menawarkan CTA yang efektif, dan nada apa yang ingin Anda ekspresikan dalam video. Tentukan juga jenis video yang ingin Anda buat, seperti tutorial, vlog, atau animasi.
Ingatlah untuk memikirkan siapa yang akan mengembangkan konten video atau mengundang influencer atau Youtuber untuk berkolaborasi, karena pemasaran YouTube sangat efisien dalam menarik pemirsa.
Mencampur dengan konten bisnis bukan ide yang baik
Saat mengembangkan materi YouTube, Anda mungkin tergoda untuk menargetkan beberapa video pada calon pelanggan sambil menargetkan yang lain pada pemirsa yang lebih luas. Ini, di sisi lain, dapat membuat saluran video terasa tidak teratur dan tidak menyenangkan.
Saat pemirsa mengeklik salah satu video Anda hanya untuk mengetahui bahwa itu tidak dirancang untuk mereka, mereka mungkin menjadi frustrasi. Pertimbangkan untuk meluncurkan dua saluran YouTube terpisah jika Anda ingin menyediakan konten yang beragam untuk konsumen dan mitra perusahaan.
Meskipun ini dapat membatasi potensi tampilan Anda, ini akan membantu kedua saluran mengkomunikasikan pesan perusahaan Anda secara lebih efektif. Karena konsumen akan menggunakan YouTube untuk mencari video tertentu, memisahkan kedua bentuk konten ini akan memudahkan mereka menemukan apa yang mereka inginkan.
Masukkan Berbagai Jenis Video
YouTube memberi Anda kebebasan untuk membuat semua jenis video yang Anda inginkan. Untuk setiap tindakan kreasi dan inovasi, kemungkinannya tidak terbatas. Untuk memulai pemasaran Youtube, coba gunakan berbagai format dan seri video. Ada berbagai jenis video yang dapat dibuat, mulai dari video instruksional hingga video yang menunjukkan kepada pelanggan cara menggunakan item atau menjalankan tugas yang terkait dengan layanan yang mereka terima.
Mengundang YouTuber atau influencer media sosial untuk berpartisipasi juga dapat digunakan sebagai semacam pemasaran YouTube untuk meningkatkan promosi dan penjualan di masa mendatang. Terakhir, buat video YouTube yang lebih mendidik dan menghibur dari konten blog.
Pemasaran YouTube menjadi semakin populer dan akan terus melakukannya untuk waktu yang lama. Bergabunglah dengan jutaan bisnis lain yang telah memulai akun YouTube untuk tujuan bisnis agar menjadi yang terdepan.