Apa itu Digital Marketing? Berikut Ini Termasuk dalam Kelebihan, Jenis, dan Contohnya

Mungkin Anda yang masih pemula di dunia bisnis akan bertanya tentang apa itu digital marketing? Secara umum, teknik digital marketing yakni melakukan pemasaran produk dengan mengunakan kekuatan teknologi informasi dan internet sebagai tumpuan utamanya.

Bagi pihak yang telah paham pentingnya kemajuan digital dalam proses sebuah pemasaran produk, tentu akan memaksimalkan semua hal yang berkaitan dengan digital marketing sebagai senjata. Tak hanya para ahli saja, Anda pun bisa melakukannya mulai hari ini.

Serba-serbi Digital Marketing untuk Kebaikan Perusahaan

Ada beberapa hal dasar yang perlu Anda pahami terkait dengan kebijakan digital marketing untuk kebaikan perusahann Anda. Apa saja ya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kelebihan Digital Marketing Secara Garis Besar

Terdapat keunggulan dan kelebihan yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan teknik digital marketing sebagai jalan untuk meluaskan pemasaran. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Bisa Lebih Menekan Biaya

Anda tak hanya harus tahu apa itu digital marketing, tetapi juga wajib paham kelebihannya. Salah satu keunggulannya yakni tak banyak mengeluarkan biaya operasional seperti pemasaran secara konvensional. Mungkin akan terasa menyita dana pada awal pembentukannya, tetapi hal ini akan berbanding lurus setelah Anda dapatkan branding dan followers yang banyak di media sosial.

Tidak Memerlukan SDM Penjualan

Jika menggunakan pemasaran offline, umumnya pihak perusahaan memerlukan SPG atau SPB untuk melancarkankan penjualan. Hal ini tentu membutuhkan dana tambahan untuk membayarkan fee mereka. Dengan menggunakan pemasaran digital, Anda tak perlu membayar orang untuk menjajakan produk, cukup menggunakan kekuatan promosi di media sosial saja.

Memudahkan Branding

Keunggulan lainnya menggunakan sistem digital marketin yakni memudahkan dalam proses branding. Anda bisa dengan cepat menampilkan ciri khas sehingga membuat orang lain lebih peka pada produk yang ditawarkan. Hal ini akan membuat produk Anda semakin mudah dikenali orang lain ketika dipromosikan.

Jenis Digital Marketing yang Berkembang dalam Masyarakat

Untuk memahami apa itu digital marketing secara lebih dekat, Anda juga perlu paham dengan beebrapa jenis digital marketing yang banyak berkembang di dalam masyarakat.

Marketing Content

Hal pertama yang paling penting dalam sebuah digital marketing adalah konten. Tujuan utama dari pembuatan konten yakni untuk menarik minat calon pembeli, sehingga bisa menaikkan penjualan secara signifikan. Salah satu contohnya yakni postingan blog, e-book, podcast, dan lainnya.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau Search Engine Optimization merupakan langkah dalam memenuhi konten marketing yang bertujuan untuk mendapatkan traffic secara digital. Hal ini akan berkaitan dengan ramai atau tidaknya sebuah konten yang disajikan berdasarkan algoritma dalam SEO itu sendiri. Contohnya dengan menentukan kata kunci, judul yang relevan, isi website, hingga membangun backlink berkualitas.

Affiliate Marketing

Dalam upaya untuk lebih memahami apa itu digital marketing, Anda juga bisa membenahi sistem dengan menggunakan strategi Affiliate Marketing. Cara ini banyak digunakan untuk semakin melebarkan produk dengan membuka program afiliasi. Biasanya, para afiliator akan mempromosikan produk Anda dengan sistem bagi hasil atau fee sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Email Marketing

Teknik email marketing merupakan jenis pemasaran digital yang cukup efektif dilakukan untuk jangka panjang. Dalam mempromosikan produk, teknik email marketing cenderung lebih aman untuk memberikan informasi pada promo produk baru atau launching barang yang dibutuhkan masyarakat pada jauh hari.

Television Advertising

Menggunakan iklan di televisi juga termasuk bagian dari pemasaran digital. Umumnya, seseorang menghabiskan waktu rata-rata di depan televisi selama 5-6 jam sehari. Maka, memaksimalkan penggunaan iklan di TV akan jadi marketing jitu untuk semakin mengenalkan produk kepada khalayak.

Tak hanya itu saja, television marketing lebih dahulu jadi senjata para pebisnis untuk tetap menjaga eksistensi produk mereka. Bahkan untuk mie instan paling terkenal pun masih menggunakan strategi ini untuk tetap menarik minat masyarakat pada produk yang ditawarkan.

Contoh Penerapan Digital Marketing bagi Pebisnis

Memahami apa itu digital marketing dan contoh penerapannya bisa jadi salah satu hal yang akan menaikkan branding produk Anda dengan lebih baik. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Memaksimalkan Konten di Media Sosial

Aktivasi konten untuk sosial jadi salah satu senjata jitu dalam membuat digital marketing perusahaan Anda menjadi lebih baik. Ada pilihan platform yang bisa dioptimasi seperti Facebook, Instagra, Youtube, Twitter, hingga Tiktok. Upaya yang dilakukan yakni dengan mengunggah konten, membangun engagement, menggunakan endorsement, dan sejenisnya.

Teknik Jualan : Hard-selling, Soft-selling, dan Hypno-selling

Jika berbicara tentang dunia digital marketing, maka Anda sedang mengupayakan teknik jualan yang tepat. Terdapat tipe soft selling yang cenderung lebih halus penyampaiannya, ada metode hard selling yang langsung menembak konsumen, atau hipnoselling yang merupakan kombinasi dari dua teknis sebelumnya.

Menggunakan Iklan Google Ads dan Medsos Ads

Teknik selanjutnya yang bisa digunakan yakni menggunakan iklan Ads di dalam Google maupun medsos. Bisa dengan Youtube Ads, Facebook Ads, hingga Instagram Ads. Semua tindakan yang menggunakan iklan Ads akan langsung menyasar pada pasar yang sesuai dengan produk Anda.

Ads juga akan lebih mengerucut dalam menentukan calon konsumen yang akan tertarik pada produk yang ditawarkan. Jika umpan sudah sesuai, maka Anda bisa lebih mudah mendapatkan pembeli yang akan membuat penjualan semakin meningkat.

Dengan memahami dan mengerti apa itu digital marketing, jenis, dan kelebihannya, kini Anda bisa lebih fokus untuk menjalan usaha Anda menggunakan teknik terbaik. Dalam prosesnya, tak ada sesuatu yang benar-benar mulus saat dijaani. Anda hanya harus terus berusaha untuk memaksimalkan pemasaran dengan beragam teknik marketing yang tepat sesuai dengan produk yang dijual.

 

Bagikan Artikel