Apa Itu Kampanye Pemasaran? Uraian Berbagai Jenisnya

Bagi orang awam Anda mungkin bertanya-tanya apa itu kampanye pemasaran? Untuk pelaku bisnis kampanye tersebut bukanlah hal asing karena hal ini merupakan bagian penting dari tumbuh kembang dan peningkatan pendapatan perusahaan yang Anda kelola. Kampanye yang dipilihpun sebaiknya selaras dengan bisnis yang digeluti.

Bila ingin perusahaan yang Anda baru rintis maupun sudah lama dibangun ingin berkembang dan tetap bertahan maka hal ini ialah cara terbaik untuk diaplikasikan. Menjalankan pemasaran kampanye produk seharusnya dikerjakan secara efisien serta menawarkan lebih spesifik dan professional sehingga langsung menuju target pasar.

Lantas Apa itu Kampanye Pemasaran?

Marketing campaign merupakan sebuah metode untuk menjajakan barang atau layanan ke ragam media seperti dunia digital, radio, televisi, media cetak, dan internet. Untuk mempublikasikan ke khalayak umum perihal jasa ataupun barang, kebanyakan perusahaan menggunakan cara ini karena lebih efektif terutama kampanye via online.

Tujuan utama menjalankan kampanye tentunya menaikkan brand perusahaan serta menghimpun banyak consumer baru. Adapun faktor umum kampanye promosi terdiri dari pemasaran, pengiklanan, harga barang atau jasa, merchandising, dan pendistribusian. Jika semua kampanye ini mencapai golnya maka akan berdampak positif bagi peusahaan.

Mengelola Kampanye Promosi

Ketika melakukan kampanye ini Anda perlu memiliki manajemen yang tepat untuk menjalankan strategi promo yang sistematis dalam pendekatan ke sumber target pasar. Bila Anda mengelola pemasaran ini dari awal meski sumber daya maupun penelitiannya belum memadai akan tetapi Anda masih bisa bergerak maju dan tau langkah apa yang mesti dilakukan.

Dengan manejemen yang dibuat, menurut Anda apa itu kampanye pemasaran? Sesuaikah dengan ekspektasi yang diharapkan. Sebenarnya semua tergantung bagaimana strategi kampanye dan eksekusi di lapangan tersebut tepat sasaran atau tidak. Berikut ini sejumlah langkah yang perlu dilakukan dalam manajemen kampanye promosi:

– Menganalisis Kebutuhan Konsumen

Pada tahap awal ini sebaiknya Anda mulai melakukan riset untuk memahami konsumen dan bagaimana kecenderungan pembeli dari kompetitor. Analisis ini bertujuan agar Anda menemukan siapa saja atau kalangan mana saja yang mungkin dapat dijadikan target pembeli yang tertarik memakai layanan atau membeli produk Anda.

– Memutuskan Tujuan Pemasaran Campaign

Jika hasil ansalisis bisnis tentang konsumen tertarget sudah dimiliki kemudian tentukan tujuan kanpanye Anda. Langkah ini mempunyai dua karakteristik yakni tujuan kampanye dengan batas waktu tertentu serta tujuannya terukur. Agar tidak mengalami pengubahan kampanye pada tahap ini maka Anda mesti fokus sedari awal dengan tujuan yang lebih spesifik.

–  Membuat Rencana Pemasaran

Apa itu kampanye pemasaran? Apakah langkah pemasaran kampanye di atas berhasil dijalankan? Apabila aspek sebelumnya sudah diadaptasikan, selanjutnya jangan lupa untuk membuat perencanaan pemasaran. Di sini Anda dapat memilih media mana untuk melakukan promo dan melihat data matriks seperti jumlah konsumen baru, penjualan, dan lain-lain.

– Alokasi Dana kampanye

Supaya anggaran kampanye pemasaran tidak bengkak dan tepat sasaran buatlah rangka media mana saja yang digunakan untuk campaign dan berapa besar nominal yang dipakai setiap bagiannya. Jika telah jadi Anda dapat memilah media mana saja dana yang bisa dipotong ataupun mengeliminasi bagian yang dianggap tidak fungsional.

– Melaksanakan Kampanye

Selama menjalankan seluruh rencana kempanye secara intens dengan tim Anda dari permulaan hingga akhir strategi memungkinkan campaign ini bisa berjalan mulus dengan hasil sesuai rencana. Apabila terdapat ditengah jalan karenanya Anda mesti memiliki rencana cadangan serta solusi saat pengubahan rencana.

5 jenis Pemasaran Kampanye

Agar dapat meraih konsumen potensional perlu strategi kampanye yang tepat sasaran, di bawah ini ada beberapa jenis campaign yang umumnya digunakan untuk mencapai tujuan promosi perusahaan Anda:

– Meluncurkan New Product

Sebuh perusahaan pastinya akan menciptakan produk baru sudah pasti memiliki satrategi agar barang diterima masyarakat, oleh karenanya perlu memasarkannya langsung menyentuh secara menyeluruh melalui beragam media. Dengan koordinasi yang baik antara pemasaran dan pendistribusi memungkinkan barang ini laku dipasaran meski baru.

– Mengembangakan Branding

Perusahaan yang baru berdiri tentunya  ingin brandnya sampai keseluruh pelosok negeri atau produk yang dimiliki dipasarkan butuh kampanye promosi. Sebaikanya dalam hal ini gunakan kampanye pusat supaya masyarakat melirik brand tersebut sehingga membuat kehadirannya solid ditengah masyarakat.

– Melakukan Rebranding

Ingin menjalankan rebranding? Apa itu kampanye pemasaran? Pertanyaan tersebut sangat singkron bila ingin rebranding bisnis Anda diterima semua kalangan tentunya butuh kampanye pemasaran terbaik. Mengubah point view perusahaan butuh media yang mumpuni agar orang-orang tahu moto baru perusahaan dan ketentuan yang lainnya.

– Campaign Jalur Tradisional

Umunya kampanye satu ini menggunakan perangkat tradisional dengan berpromosi lewat iklan cetak, televise, radio, dan lain sebagainya. Contoh sederhana kampanye ini Anda membuat iklan pada koran di kota Anda, di sana beritahukan lokasi toko dan produk atau layanan apa saja yang dijual agar para pembaca tahu dan tertarik membelinya.

– Kampanye Periode Musiman

Biasanya kampanye jenis ini dijalankan pada musim tertentu dan tak semua perusahaan melakukan hal tersebut. Sebagian besar bisnis yang memasarkannya ialah toko ritel, pakaian serta restoran. Ada saat-saat tertentu perusahaan Anda mengeluarkan barang obral untuk memikat pelanggan.

Jika musim panas atau dingin tiba disana kesempatan besar untuk Anda membuat obral. Supaya hal ini langsung tersampaikan pada target kampanye ini sangat dibutuhkan, menggunakan sejumlah media online selama berpromosi maka Anda dapat menyentuh berbagai kalangan agar datang ke toko Anda.

Itulah sedikit uaraian bagaimana kampanye dapat berjalan dengan baik bila memiliki langkah yang tepat mengimplementasikannya. Mudah-mudahan penjelasan singkat perihal apa itu kampanye pemasaran? Pada artikel ini dapat memenuhi segala informasi yang dibutuhkan.

Bagikan Artikel