Berikut Kelemahan Promosi Melalui Media Digital

Sebelum menggunakan sesuatu lebih baik jika Anda mencari tahu terlebih dahulu terkait baik buruknya, kelebihan ataupun kekurangannya, termasuk dalam menggunakan media digital sebagai media promosi bisnis Anda. Dengan mengetahui semua kelebihan maupun kelemahannya, Anda bisa lebih yakin memutuskan untuk menggunakannya ataupun tidak.

6 Kelemahan Promosi dengan Menggunakan Digital Marketing

Dalam sebuah media promosi yang bisa Anda gunakan tentu masing-masing memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Begitu juga dengan digital marketing, dimana media promosi yang satu ini memiliki kelemahan tersendiri yang mungkin tidak dimiliki oleh media promosi yang lain. Berikut beberapa kelemahan dari digital marketing.

1. Sangat Mudah untuk Ditiru

Karena tidak ada hukum pasti mengenai perilaku plagiat, membuat banyak masalah plagiarism atau peniruan yang terjadi di Indonesia. Padahal seperti yang Anda tahu, tindakan plagiat seperti ini sangat merugikan pihak pencipta.

Tidak perlu membicakan hal yang muluk, dalam sebuah konten promosi saja sudah banyak masalah plagiat yang muncul. Dimana banyak orang yang membuat konten tanpa harus berpikir dan hanya menjiplak karya dari orang lain saja.

Dan inilah salah satu kelemahan dari media digital. Terlepas dari banyaknya kelebihan dari promosi digital marketing, namun tidak menutup kemungkinan juga banyak kelemahan dari media promosi yang satu ini.

2. Jumlah Pesaing yang Semakin Banyak

Semakin banyak orang yang mulai menyadari kegunaan internet untuk sebuah bisnis, maka kini semakin banyak pula perusahaan yang mulai menggunakan internet sebagai media promosinya dengan memanfaatkan digital marketing. Hal inilah yang membuat jumlah pesaing menjadi semakin banyak dari hari ke hari.

Dengan kata lain, semakin banyak jumlah pesaing maka akan semakin mudah pula bisnis Anda tergeser atau bahkan terkalahkan dengan bisnis lain yang mungkin memiliki kualitas yang lebih baik dari produk Anda. Itulah mengapa penting untuk membuat promosi dengan strategi yang berbeda dari pesaing lain. Di sinilah kreatifitas Anda akan diuji.

3. Membutuhkan Kreatifitas yang Tinggi

Seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya dimana jumlah pesaing yang semakin hari semakin banyak, maka untuk bertahan kreatifitas Anda harus semakin tinggi melampaui yang lain. Dengan kreatifitas inilah yang nantinya membedakan antara promosi Anda dan promosi orang lain.

Akan jauh lebih baik jika Anda memiliki ciri khas tersendiri dalam membuat promosi. Ciri khas dimana semua orang akan langung mengetahui bahwa itu adalah Anda hanya dengan melihat konten yang Anda buat. Dan ciri khas ini pula yang tidak akan bisa ditiru oleh para pebisnis lain.

4. Pengetahuan dan Pengalaman Menjadi Hal yang Utama

Salah satu hal yang mungkin bisa dikatakan sebagai kelemahan dari promosi melalui media digital adalah karena dibutuhkannya pengetahuan dan juga pengalaman yang luas sehingga tidak semua orang akan mampu bertahan di tengah maraknya pesaing yang muncul.

Hal ini karena akan sangat percuma jika Anda memiliki modal yang banyak namun minim ilmu pengetahuan dan juga pengalaman. Oleh karena itu, sebelum memutuskan memilih promosi dengan digital marketing akan lebih baik jika Anda mempelajarinya terlebih dahulu dan perbanyak pengetahuan serta pengalaman agar promosi Anda bisa sukses.

5. Passion juga Diperlukan

Setiap orang tentu memiliki passion atau bakat yang berbeda-beda di setiap bidang. Dan memulai promosi dengan media digital juga akan jauh lebih mudah jika Anda memiliki passion di bidang tersebut. Pasalnya orang yang tidak memiliki passion di suatu bidang namun dipaksa untuk mempelajarinya tentu akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama.

Itupun tidak akan menjamin jika apa yang sudah ia pelajari bisa ia terapkan dengan mudah. Jadi, pastikan dulu jika passion Anda memang benar-benar di bidang ini.

6. Sering Terjadi Ketidakcocokan

Kelemahan dari media digital yang terakhir adalah seringnya muncul masalah ketidakcocokan antara pembuat iklan dengan pemiliki bisnis serta konsumen. Apabila seorang pemiliki bisnis memberikan sebuah ide iklan yang dianggap cocok namun ternyata sangat tidak cocok dengan konsumen, maka promosi yang dilakukan tidak akan bisa mendatangkan konsumen baru.

Hal ini karena setiap konsumen mempunyai selera yang berbeda-beda dan tidak akan sama dengan konsumen yang lain. Sehingga sebuah perusahaan bisa saja merugi karena promosi yang mereka lakukan tidak terlalu diminati oleh konsumen.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan dari digital marketing sebelum memulai menggunakan promosi dengan digital marketing. Tidak hanya itu, jika diperlukan Anda juga bisa mencari tahu juga mengenai jenis dan tipe mana yang kira-kira cocok dengan bisnis yang Anda jalankan.

Lantas, Bagaimana Solusinya?

Dari beberapa kelemahan di atas, Anda tidak perlu terlalu takut dan bingung. Di setiap kekurangan maupun kelemahan tentu ada sebuah solusi untuk mengatasinya. Di bawah ini dua solusi yang bisa Anda lakukan.

1. Luangkan Waktu untuk Terus Belajar

Apabila Anda memiliki semangat yang tinggi, tentu tidak ada yang tidak mungkin. Luangkan waktu Anda dan mulailah tekun mempelajari terkait promosi dengan media digital. Atau jika diperlukan Anda juga bisa mengikuti kursus atau kelas mengenai cara kerja atau teknik digital marketing serta penerapannya dalam bisnis yang Anda miliki.

2. Gunakan Staff Ahli

Jika dirasa benar-benar membutuhkan Anda juga bisa menggunakan staff yang ahli terkait digital marketing. Tidak hanya itu, saat ini juga sudah banyak layanan jasa digital maketing yang bisa Anda manfaatkan untuk kemajuan bisnis Anda.

Itulah beberapa kelemahan dari media digital untuk promosi bisnis Anda. Pelajari terlebih dahulu setiap kelebihan maupun kelemahannya sebelum memutuskan untuk memilih promosi dengan cara ini.

Bagikan Artikel