Bisa Jadi Pertimbangan Pebisnis! Inilah Keuntungan dan Kerugian Promosi melalui Media Internet

Ketika memutuskan untuk membuat sebuah usaha atau bisnis, Anda perlu memahami beberapa hal terkait dengan keuntungan dan kerugian promosi melalui media internet. Hal ini perlu dikenali lebih dini agar Anda bisa mempersiapkan segala hal untuk menjadi solusi pada permasalahan yang mungkin terjadi setelahnya.

Keuntungan dan Kerugian Promosi Online menggunakan Internet

Dalam memasarkan sebuah produk, Anda perlu mempertimbangkan langkah agar potensi berkembangnya sebuah produk bisa terlihat lebih baik. Berikut ini akan dijelaskan beberapa keuntungan dan kerugian saat Anda memutuskan untuk mempromosikan produk melalui online dengan media internet.

Keuntungan Promosi Online untuk Pebisnis

Di bawah ini terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika membuat promosi online untuk bisnis yang sedang dijalankan. Apa saja ya?

1. Pemasaran Produk Terjadi Satu Arah

Dalam dunia digital, pemasaran dan promosi produk akan berjalan satu arah. Anda bisa memberikan pancingan dan penawaran agar terjadi interaksi. Jika interaksi terjadi dalam sebuah promosi online, maka kesempatan produk Anda lebih banyak peminatnya juga akan semakin besar.

Ini bisa menjadi senjata dan salah satu keuntungan promosi melalui media internet. Anda bisa memantau engagement dengan berkaca pada algoritma yang sesuai dengan media yang digunakan. Anda bisa memakai Facebook, Instagram, Tiktok, atau Youtube sebagai bahan untuk melakukan pengenalan produk.

2. Praktis, Mudah, Tidak Ribet

Segala hal yang behubungan dengan digital akan cenderung terasa lebih praktis. Anda hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil, maka segala urusan akan berjalan dengan lancar. Menggunakan pemasaran melalui jalur online ini sangat mudah, praktis, dan hampir tidak banyak menimbulkan masalah yang berarti.

3. Menekan Biaya Promosi Konvensional

Salah satu keunggulan lain melakukan promosi melalui media internet yakni Anda bisa menekan biaya promosi konvensional. Anda tak perlu lagi mencetak pamflet atau selebaran yang dibagikan di jalan. Dengan menggunakan media digital, segala bentuk pemasaran akan lebih hemat karena tak mengeluarkan budget yang tak diperlukan.

4. Cepat Mendapatkan Respons Konsumen

Pilihan Anda untuk menggunakan media internet dan sosial media akan memudahkan para pelanggan dalam memberikan respons pada konten atau produk yang ditawarkan. Perkembangan dunia teknologi yang semakin maju membuat segala hal yang berkaitan dengan marketing online semakin mudah dijangkau oleh siapa saja.

5. Branding Produk Bisa Dipasarkan Lebih Baik

Branding produk yang lebih baik adalah bentuk positif promosi melalui media internet dan sosial media. Branding berkaitan dengan ciri khas dan sesuatu yang melekat pada produk atau layanan yang diberikan.

Branding yang baik akan berlangsung terus menerus. Oleh karena itu, Anda wajib memberikan pembaruan dan inovasi agar konsumen semakin merasakan manfaat pada layanan dan produk yang ditawarkan.

6. Menciptakan Trust Konsumen

Jika branding sudah berjalan kuat, maka kepercayaan konsumen akan terbangun dengan sendirinya. Anda hanya perlu fokus memberikan segala hal terbaik untuk menyenangkan hati pelanggan, sehingga mereka merasa patut untuk bertindak loyal pada produk Anda.

Kepercayaan konsumen merupakan salah satu hal yang sangat penting. Maka, mempertahankan kepercayaan konsumen juga menjadi bagian dari strategi marketing online yang tak boleh diabaikan.

Kerugian Promosi melalui Internet Marketing

Terdapat kelebihan, terdapat kekurangan pula dalam pemasaran digital. Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang mungkin akan menjadi kerugian Anda ketika melakukan promosi melalui media internet yang tidak maksimal.

1. Tidak Bersentuhan Langsung dengan Pelanggan

Dalam proses jual beli, bertemu langsung dengan pelanggan akan menciptakan sebuah hubungan yang terasa lebih akrab. Hal ini tak akan terjadi ketika Anda menggunakan sistem online, karena tidak bisa bersentuhan dan berhubungan langsung dengan konsumen.

Fakta ini juga menjadi sebuah awal terjadinya ketidaksinkronan informasi. Karena tidak berhadapan dan berkomunikasi langsung, maka pemasaran online lebih rawan pada kesalahpahaman yang sebenarnya tidak diperlukan.

2. Rawan pada Penipuan

Selain rawan salah paham, promosi dan marketing online juga cenderung lebih rawan pada penipuan. Hal ini pun bisa menimpa pembeli atau penjual. Pembeli ditipu penjual abal-abal, sedangkan pebisnis online ditipu oleh konsumen yang tidak bertanggung jawab pada barang yang dibelinya.

Umumnya, pengalaman ini akan terjadi pada sistem pembayaran COD (cash on dilivery) atau pembayaran di tempat. Maka, dalam perjalanan bisnis, Anda perlu mempelajari segala hal yang terkait dengan promosi melalui media internet agar bisa menghindari kemungkinan kerugian untuk perusahaan Anda.

3. Tidak Bisa Berjalan tanpa Koneksi Internet\

Kelemahan lainnya ketika Anda menggunakan media internet sebagai sarana promosi yakni penjualan dan pemasaran tidak dapat berjalan jika tidak ada koneksi internet. Maka, memperhatikan jaringan dan sistem IT yang stabil menjadi salah satu kunci keberhasilan bisnis online Anda.

4. Dibanding-bandingkan dengan Kompetitor

Hal lain yang mungkin akan terjadi ketika Anda fokus pada sistem online saja yakni dibanding-bandingkan dengan kompetitor bisnis sejenis. Hal ini seharusnya menjadi salah satu indikasi bahwa bisnis Anda harus berbenah menjadi lebih baik.

Evaluasi adalah hal penting yang harus ada dalam bisnis plan Anda. Evaluasi akan mendorong perbaikan bisnis, sehingga Anda bisa memaksimalkan potensi dan bersiap menghadapi peluang baik yang akan datang di masa mendatang. Evaluasi yang progresif akan membuat Anda dan tim lebih bijak dalam menghadapi masalah yang menghadang.

Betapa pentingnya bagi pebisnis untuk mengetahui berbagai keuntungan dan kerugian dalam promosi melalui media internet. Hal ini bisa membuat Anda lebih mawas diri pada setiap kemungkinan yang terjadi di ranah digital. Kesuksesan akan mendatangi Anda yang gigih dan pantang menyerah pada keadaan yang datang.

Bagikan Artikel