Media sosial sekarang ini bisa membantu untuk mengembangkan bisnis Anda. Pernahkah Anda melihat iklan saat bermain Facebook, Instagraam, ataupun TikTok? Fitur Ads yang dimiliki oleh media sosial mampu membuat Anda menjangkau lebih banyak orang. Konten promosi Anda akan disebarkan seluas-luasnya oleh sosial media terkait.
Apakah hanya dengan menggunakan Ads saja bisnis online melaui sosial media bisa maksimal? Tentu saja tidak, masih banyak hal lain yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan media sosial untuk bisnis online tanpa berbayar. Beberapa cara di bawah ini bisa akan membantu Anda memaksimalkan jualan online. Tetapi perlu Anda ketahui dulu mengapa sih perlu berjualan di media sosial? Simak informasi selengkapnya hanya di sini.
Mengapa Media Sosial Untuk Bisnis Online?
Buat pemula pastinya bertanya-tanya, kenapa harus media sosial untuk mengembangkan bisnis online. Bukankah ada marketplace seperti Shoppee, Lazada, atau Tokopedia yang bisa digunakan untuk promosi produk jualan online?
Media sosial ini menjadi salah satu sarana bersosialisasi yang dilakukan secara online. Dari sini semua orang bisa berinteraksi tanpa adanya batasan ruang ataupun waktu. Seperti yang Anda ketahui ada banyak sekali media sosial, seperti Facebook, Instagram, Youtube, TikTok, LINE, Twitter, dan lain sebagainya.
Media sosial ini bisa menjadi kanal marketing yang sederhananya bisa menjadi jembatan bagi calon pembeli Anda. Beberapa media sosial pun juga memiliki fitur marketplace atau shop yang bisa memudahkan Anda mempromosikan produk lebih luas lagi. Seperti Facebook saat ini punya marketplace, Instagram punya Igshop, dan TikTok punya TikTok-Shop.
Memasarkan produk Anda melalui sosial media ini merupakan peluang yang besar. Menurut data yang dirilis oleh We Are Social, hampir 130 juta pengguna Indonesia menghabiskan waktu selama 3 jam 23 menit untuk bermain sosial media. Makanya kesempatan ini tidak boleh Anda lewatkan untuk mulai mengenalkan kepada khalayak mengenai produk Anda.
Cara Memaksimalkan Media Sosial
Bagaimana sih cara untuk memaksimalkan media sosial? Tidak jarang banyak pebisnis online yang mempertanyakan hal ini. Nah, Anda bisa coba nih beberapa tips yang sudah kami rangkum khusus buat Anda yang ingin memaksimalkan penggunaan sosial media untuk bisnis online.
1. Kenali Siapa Audiens Anda
Sebelum membahas lebih jauh, ada hal dasar yang harus Anda ketahui. Mengenali siapa target bisnis atau produk ini sangat penting sekali. Saat Anda sudah mengetahui maka akan lebih melakukan pemasarannya. Namun, jika masalah ini belum terselesaikan maka akan sulit untuk maksimal dilangkah berikutnya.
Jadi pastikan dulu siapa target Anda secara spesifik, mulai dari usia, demografi, hingga permasalahan yang sering dihadapi. Sehingga Anda bisa memberikan produk Anda sebagai solusi. Dengan begini Anda bisa mendapatkan target yang pas, pastinya target yang pas dan spesifik tidak akan meleset.
2. Tentukan Platform Sesuai Target
Selanjutnya, Anda perlu menentukan platform yang sesuai dengan target tadi. Supaya penggunaan media sosial maksimal dalam penjualan, pastinya Anda juga harus tepat dimana harus mempromosikan produk. Misalnya promosi produk mobil tetapi Anda menggunakan platform TikTok untuk pemasarannya.
Memang tidak ada larangan, hanya saja kurang maksimal. Sebab pengguna TikTok rata-rata usia muda, pastinya usia muda belum banyak yang menggunakan mobil. Kalaupun ada hanya sedikit, oleh karena itu jangkauan Anda kurang luas. Misalnya Anda menggunakan Facebook ini akan lebih relate karena pengguna facebook banyak dari kalangan usia dewasa.
Jadi, dalam pemilihan platform yang ingin difokuskan ini pun perlu diperhatikan. Supaya perkembangan dan bisnis Anda banyak yang melirik. Namun, tidak ada salahnya juga mencoba platform baru untuk pemasaran, hanya saja Anda pun harus paham konsekuensi jangkauan yang akan Anda dapatkan.
3. Buat Konten Menarik
Pembuatan konten menarik ini sangat berhubungan erat dengan dua poin di atas. Anda bisa membuat konten yang menarik jika itu sesuai dengan audiens dan platform yang Anda gunakan. Ikuti semua trend yang sedang ada di platform dan sesuaikan dengan audiens Anda. Supaya Anda bisa mengejar konten yang lagi trend dan juga menghibur atau memberikan informasi bagi audiens.
Selama pembuatan konten menarik pun Anda perlu yang namanya perencanaan. Anda bisa melakukan perencanaan dengan mulai dengan menyusun kalender konten. Di mana ini bisa menjadi acuan pembuatan konten supaya tidak kehabisan ide dan kembangkan kembali sesuai dengan trend yang sedang berlangsung. Maka konten yang Anda buat pastinya akan lebih menarik.
4. Tingkatkan Kepercayaan dan Kenyamanan
Terakhir, meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan customer pastinya menjadi prioritas bagi pebisnis. Caranya mudah sekali, Anda bisa membangun kedekatan dengan followers Anda dengan aktif like atau berinteraksi dengan akun-akun customer yang sudah mengikuti akun bisnis Anda. Sehingga hubungan baik akan terjalin, misalnya saling like atau saling comment postingan.
Bersikap ramah denga customer pun bisa membuatnya nyaman dengan pelayanan yang Anda berikan. Lalu, apabila ada masukan dan saran Anda dengan senang hati menerimanya. Selalu kasih feedback kepada apa yang sudah customer Anda berikan. Apabila pembeli sudah loyal, ia bisa mempromosikan bisnis Anda lebih banyak.
Nah, itulah cara memaksimalkan media sosial untuk bisnis online yang bisa Anda coba. Pengenalan siapa audiens Anda dan bagaimana tipe konten yang disukai oleh audiesn Anda menjadi salah satu faktor penting. Sebab, dengan hal ini mereka akan menimbang akan mengikuti semua konten Anda atau tidak mengikuti sama sekali karena tidak merasa tertarik. Jadi konten yang sesuai dengan audiens ini penting sekali untuk diperhatikan.