Cara membuat iklan Instagram reels merupakan langkah yang mesti dilakukan jika ingin bisnis Anda kebanjiran untung. Nah, saat ini media sosial kerap digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan produk atau layanan kepada audiens. Instagram reels menjadi bagian dari sarana iklan tersebut.
Dengan menggunakan Instagram reels sebagai iklan, maka Anda bisa menunjukkan keistimewaan produk layanan yang dimiliki. Serta mengapa konsumen harus memilih merk Anda dibandingkan penawaran dari brand lain yang mempunyai produk atau layanan serupa.
Jadi, reels akan membantu Anda mengemukakan keunggulan produk dengan cara menarik dan membangun kepercayaan audiens. Jika Anda pebisnis yang ingin menciptakan iklan dengan menggunakan reel Instagram, maka simak artikel ini selengkapnya.
Pengenalan Iklan Reel Instagram dan Keuntungannya
Reel adalah video pendek yang diciptakan dari salah satu fitur di media sosial Instagram. Anda dapat menggunakannya sebagai iklan untuk menargetkan audiens yang dituju.
Keuntungan utama menggunakan reels dibandingkan jenis format iklan video lainnya adalah dapat menarik perhatian orang dan membuatnya lebih mudah diingat.
Durasinya yang singkat dan pendek, membuat reel Instagram mudah dicerna oleh pengguna. Selain itu reel akan lebih sering dilihat audiens meskipun mereka tidak mengklik iklan tersebut pada pandangan pertama.
Keuntungan lainnya, iklan di reels mudah untuk dibagikan sehingga mendorong distribusi pengenalan bisnis Anda. Iklan dengan reel membuat promosi dapat dilihat dengan mudah dan cepat tanpa terlalu memaksa atau menjual (hard selling).
6 Langkah Membuat Iklan Instagram Reels
Cara membuat iklan Instagram reels tentunya harus dengan terlebih dahulu memilih video yang menarik untuk di upload.
Sebab Instagram adalah media visual, maka buatlah video konten tentang brand Anda dengan menampilkan produk bersama influencer atau hal kreatif lainnya.
Pastikan pula spesifikasi video yang akan di iklankan memiliki resolusi yang baik. Selain itu Anda dapat menyertakan musik yang sesuai dengan konten ataupun musik viral yang sedang nge-hits di Instagram.
Nah, setelah memastikan konten video Anda sudah siap maka ikuti langkah meluncurkan kampanye iklan reel sebagai berikut:
1. Buka Manajer Iklan dan Pilih Tujuan
Pertama, buka profil Anda dan pilih pengaturan. Klik manajer iklan dan pilih tujuan. Anda harus memilih apa alasan memasang iklan di reel Instagram.
Maka pilih salah satu atau beberapa tujuan Anda untuk menggunakan reel. Lalu klik “create an Ad”.
2. Tentukan Detail Kampanye
Detail kampanye yang harus Anda buat yakni menetapkan target audiens ideal, memaksimalkan anggaran pemasaran, dan jadwal. Dengan iklan reel, Anda bisa menargetkan orang berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi dan minat.
3. Pilih Penempatan Iklan Instagram Reels
Terdapat dua opsi penempatan iklan yakni pertama, penempatan otomatis, dan kedua, penempatan manual.
Pilihlah salah satu dari kedua jenis penempatan tersebut. Jika Anda memilih penempatan otomatis maka memungkinkan iklan Anda bisa dilihat di semua penempatan media sosial seperti Facebook dan Meta Audience Network.
Jika Anda memilih penempatan manual berarti iklan hanya tampil di Instagram saja.
4. Tambahkan Teks Utama dengan Hashtag
Tuliskan ringkasan produk atau layanan yang Anda tawarkan dan mengapa itu sangat penting untuk pelanggan. Gunakan pula hashtag yang sesuai dengan isi konten.
5. Buat CTA dan URL Target
Call to action adalah frasa yang mengajak agar audiens bertindak. URL target adalah tautan yang dapat Anda sertakan dalam iklan untuk mengarahkan orang ke situs tertentu.
6. Analisis Reel
Anda dapat menganalisis kinerja reel Anda dengan membuka tab manajer iklan dan klik nama kampanye yang akan dianalisis. Klik iklan di sudut kanan atas layar yang akan membuka reel Anda. Klik “kinerja” dan pilih” lihat”.
Itu dia cara membuat iklan Instagram reels yang akan membantu brand atau merek Anda bisa dikenali dan menjangkau audiens secara luas.
Selain mudah dan fleksibel, iklan dengan Instagram mampu memberikan semua informasi tentang ketercapaian iklan Anda mulai dari berapa banyaknya penonton, like, share, komentar, dan jumlah pengunjung profil.
Untuk informasi lainnya terkait tips, trik, dan cara mengolah digital marketing maka segera kunjungi marketingdigital.id. sekarang juga!