Anda mungkin berpikir bahwa memiliki kehadiran media sosial dapat meningkatkan visibilitas perusahaan Anda dengan cepat, dan itu sering terjadi. Tapi, kesuksesan instan merupakan pengecualian. Anda harus tetap sabar dan konsisten dengan cara Anda menampilkan diri secara online. Ketahuilah bahwa membuat profil online dan mendapatkan pengikut membutuhkan waktu dan Anda harus melakukan sesuatu untuk meningkatkan kehadiran online Anda dan mendapatkan pengikut.
Jumlah waktu yang dibutuhkan akan tergantung pada jumlah pelanggan yang anda miliki serta audiens yang anda tuju maupun jumlah waktu dan energi yang Anda investasikan secara online. Tetaplah konstan. Pastikan untuk memperbarui web Anda setiap hari. Juga, luangkan waktu setiap hari untuk menanggapi, atau berbagi posting blog. Bersabarlah.
Tahap Melakukan Pemasaran di Media Sosial
Kehadiran pemasaran online tidak dapat membahayakan bisnis anda. Itu hanya bisa menguntungkan Anda dan Anda hanya akan mendapat manfaat dari apa yang telah Anda jalankan di dalamnya.
Beritahu Orang orang Bahwa Anda Ada di Media Sosial
Ada kemungkinan bahwa anda akan mendapatkan perhatian ketika orang mencari informasi seperti bisnis Anda lalu menemukan akun media sosial Anda. Namun cara paling efektif untuk mempromosikan kehadiran bisnis Anda adalah dengan membiarkan orang menyadarinya secara sengaja.
Biarkan pelanggan Anda tahu bahwa Anda sekarang sudah online. Pastikan semua pelanggan Anda tahu bahwa Anda sudah menjalankan pemasaran di internet. Buat undangan teman dan ke pelanggan setia Anda yang sudah ada.
Ajak Teman dan Jaring Pengikut Baru di Media Sosial
Setelah Anda membuat akun di internet, Anda harus menarik pengikut dan kenalan yang akan membaca posting blog anda. Mulailah dengan pelanggan Anda saat ini dan kemudian bekerja untuk menjangkau pasar calon pelanggan yang semakin luas. Pastikan untuk terhubung dengan pelanggan yang sudah ada terlebih dahulu. Penting untuk membiarkan mereka merasa bahwa kesetiaan mereka kepada Anda dihargai.
Juga, Anda harus melakukan kontak dengan mereka termasuk distributor anda di daerah tersebut, serta semua bisnis yang menjual atau mempromosikan produk anda. Anda dapat meningkatkan jangkauan Anda secara online dengan menggunakan mesin pencari untuk menemukan kata kunci dan istilah yang sedang tren sebelum menyukai dan berbagi posting.
Cara Posting di Media Sosial
Posting media sosial Anda harus lebih dari sekadar kesempatan untuk mempromosikan bisnis Anda. Anda dapat berbagi rincian tentang perusahaan Anda dan informasi yang relevan tentang industri Anda. Anda juga bisa berbagi atau mengunggah gambar dari pelanggan yang sering mengunjungi perusahaan anda. Pasang foto untuk mempromosikan produk anda. Jika perusahaan anda menawarkan penyediaan layanan, Anda dapat mengambil foto staf Anda yang sedang bekerja atau foto pelanggan yang bahagia.
Anda dapat menawarkan berbagai kesepakatan kepada pelanggan Anda. Buat kupon potongan harga di mana pelanggan Anda perlu berbagi posting untuk mendapatkan kesempatan tersebut. Ingatlah target audiens Anda. Jika klien Anda cenderung lebih tua, mereka mungkin tidak menyadari apa arti hashtag atau apa istilah atau singkatan slang internet. Ingatlah bahwa Anda menggunakan media sosial sebagai situs yang mewakili perusahaan anda. Anda bebas untuk bermain-main namun, pastikan bahwa posting Anda profesional.
Cara Membuat Media Sosial Bekerja Untuk Bisnis Anda
Anda perlu mengetahui bagaimana agar media sosial bekerja untuk Anda. Anda perlu melakukan beberapa hal yang dapat membuat pelanggan Anda memiliki hubungan secara emosional dengan bisnis Anda.
Dengarkan Kata Pelanggan Anda
Salah satu metode paling efektif untuk membangun komunitas layanan pelanggan online adalah dengan memperhatikan apa yang dikatakan pelanggan. Tinjau umpan balik yang ditinggalkan pelanggan Anda dan anggap itu sebagai fakta. Ini bisa berarti bahwa kesenjangan antara pelanggan tetap dan orang yang akan memberitahu kerabat dan teman-teman mereka untuk tidak membantu bisnis anda.
Bereaksi positif terhadap komentar apa pun, terlepas dari apakah itu negatif atau positif. Ucapkan terima kasih kepada pelanggan Anda atas umpan balik mereka. Jika beberapa pelanggan mengatakan hal-hal yang berat, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk menerapkan perubahan jika memungkinkan. Pastikan Anda mengikuti dan menyukai posting apapun dari pelanggan anda ke halaman media sosial Anda.
Spesialisasi kehadiran media sosial Anda
Meskipun Anda mungkin ingin terlibat dengan semua orang yang mengunjungi halaman Facebook Anda, itu mungkin tidak mungkin. Jika ini situasinya, Anda harus memutuskan apakah anda ingin mempertahankan kehadiran media sosial secara keseluruhan atau yang menarik bagi audiens yang anda tuju. Jangan dengan sengaja mengasingkan siapa pun, terlepas dari apakah mereka pelanggan atau bukan.
Ketahuilah bahwa tidak semua orang di komunitas Anda akan menjadi penggemar perusahaan anda. Ketahuilah bahwa jika Anda mengoperasikan industri yang spesifik, ada kemungkinan Anda akan berada dalam posisi untuk tidak menjangkau pelanggan potensial. Jika Anda memiliki pelanggan tertentu, Anda harus memposting konten yang menarik bagi mereka.