Cara Memulai Mengoptimalkan Akun Instagram

Itu adalah pertanyaan yang bagus! Dalam artikel ini, kami akan membahas semua taktik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kesuksesan akun bisnis Instagram Anda. Pertimbangkan enam strategi yang berguna berikut ini:

Buat Profil Semenarik Mungkin

Saat membuat akun Instagram Business, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih nama panggilan yang sesuai yang menggambarkan perusahaan Anda. Mirip dengan nama pengguna, nama profil akun bisnis Instagram harus disesuaikan untuk mencerminkan nama perusahaan Anda.

Mungkin Anda bisa memasukkan komponen kata yang lebih akurat mencirikan perusahaan Anda. Gunakan foto atau visual yang mencerminkan produk perusahaan Anda sebagai foto profil. Foto produk, logo perusahaan, atau event, misalnya.

Jika Anda ingin memamerkan sebuah logo, Anda harus segera mulai memikirkan desain dan konsepnya. Tidak perlu berlebihan; cukup gunakan gagasan sederhana yang akan menarik audiens yang kemudian akan menjadi klien potensial.

Ketika calon pengikut mengunjungi profil akun bisnis Instagram, bio adalah salah satu hal pertama yang mereka lihat. Lihatlah saran-saran ini untuk menulis deskripsi bio yang layak dan akurat.

Ambil Foto untuk Membuat Kesan Pertama yang Baik

Saran terbukti kedua adalah menggunakan akun bisnis Instagram Anda untuk mempromosikan merek Anda. Buat setidaknya tiga jepretan atau gambar, lalu poskan ke umpan akun bisnis Instagram Anda. Ingat, Anda harus menyelesaikan tahap ini sebelum mendapatkan pengikut.

Idenya adalah untuk membuat kesan pertama yang baik pada pengikut baru yang datang ke profil bisnis Anda untuk pertama kalinya. Singkatnya, foto-foto yang Anda posting dimaksudkan untuk menarik perhatian calon pengikut atau pembeli Anda pada barang-barang yang Anda jual.

Buka Akun Bisnis Instagram Anda

Saran ketiga, tidak mengaktifkan fungsi Akun Pribadi atau mengunci akun, telah diterapkan oleh sebagian besar pelaku bisnis yang memiliki akun Instagram Business. Usahakan untuk tidak mengunci akun Instagram Business Anda saat menggunakannya untuk iklan dan penjualan.

Mengapa? Bahkan mereka ragu untuk melakukan pembelian tambahan karena dapat menyia-nyiakan kemungkinan untuk membangun pengikut Anda. Konten yang Anda publikasikan harus disetujui oleh Anda sebelum dapat dilihat oleh calon pengikut akun Anda.

Memang, Anda memiliki kendali penuh atas berapa lama persetujuan ini diterima. Namun bukan tidak mungkin mereka akan berpindah ke toko lain yang menjual barang sejenis dan memiliki akun yang mudah diakses dan tidak memerlukan persetujuan.

Buat Konten Berkualitas Tinggi

Siapkan konten berkualitas untuk dijadikan konten rutin sekaligus mendongkrak jumlah followers di akun Instagram Business Anda agar followers yang sudah mengikuti Anda tidak keluar. Bagi Anda yang masih ragu tentang apa yang dimaksud dengan konten berkualitas?

Sesuaikan desain agar foto produk yang diunggah terlihat profesional dan relevan. Kurangi jumlah konten hard-sell dan tingkatkan jumlah konten soft-sell, yang biasanya didasarkan pada wawasan dan perilaku audiens. Tentukan skema warna dan nada yang melengkapi kepribadian produk, sehingga lebih nyaman dan menarik dipandang mata.

Pertimbangkan deskripsi caption foto yang menarik dan ringkas dalam bahasa Inggris dan Indonesia yang mudah dipahami. Sajikan materi yang menarik emosi audiens sekaligus relevan dengan produk. Gunakan hashtag yang relevan dan cocok, tetapi jangan terlalu banyak.

Jika Anda ingin menggunakan lebih dari satu hashtag, ketikkan di bagian komentar. Tetapkan jadwal dan intensitas untuk mengunggah konten, jangan terlalu sering karena akan mengganggu audiens Anda. Penonton menganggapnya sebagai spam karena telah mengganggu kenyamanan mereka.

Perluas Lingkaran Sosial Anda

Satu hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengikut adalah meningkatkan upaya promosi Anda. Diskon, gratis ongkos kirim, dan gratis item yang sama dengan minimum pembelian hanyalah sebagian dari promo yang tersedia.

Anda bisa memanfaatkan momen spesial atau hari libur besar untuk melancarkan promosi besar-besaran, seperti Tahun Baru, Lebaran, Paskah, Valentine, dan sebagainya. Kampanye ini dapat berbentuk pidato, himbauan, atau perasaan empati terhadap suatu tujuan.

Anda juga dapat berkolaborasi atau bekerja sama dengan influencer untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Manfaatkan promosi berbayar, misalnya. Meskipun Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang, strategi ini sangat efektif untuk mendapatkan banyak pengikut dengan cepat.

 

Bagikan Artikel