Facebook adalah platform jejaring sosial paling populer di dunia. Facebook berpotensi menjadi platform pemasaran karena basis penggunanya yang besar. Banyak perusahaan terkemuka telah menggunakan Facebook untuk memasarkan diri mereka sendiri. Tentunya Anda para pemilik UMKM percaya bahwa Facebook hanya untuk perusahaan besar.
Facebook masih dapat membantu kami mengembangkan usaha kecil atau UMKM kami. Selain mengembangkan blog, penggunaan Facebook untuk usaha kecil menjadi semakin populer sebagai saluran promosi. Media sosial berfungsi sebagai penghubung antara pelaku usaha dan konsumen, khususnya bagi perusahaan kecil.
Untuk usaha kecil, aspek yang paling menarik dari media sosial adalah sifatnya yang besar dan bebas.
Pemilik usaha kecil, di sisi lain, harus menyadari berbagai praktik terbaik media sosial.
Mendaftar untuk Akun Facebook
Buat akun Facebook jika Anda belum memilikinya untuk mengklaim kepemilikan halaman. Anda dapat menggunakannya untuk keperluan pribadi atau bisnis setelah Anda mendapatkannya. Buat akun Facebook untuk apa-apa. Namun, ada batasan satu akun per orang.
Membuat Halaman Perusahaan di Facebook
Ada dua langkah untuk membuat halaman bisnis Facebook. Untuk memulai, buka halaman akun pribadi Anda dan klik tautan “iklan” di sisi kiri halaman, yang akan membawa Anda ke halaman tempat Anda dapat membuat halaman baru. Kedua, tentukan halaman seperti apa yang ingin Anda buat, seperti halaman bisnis lokal, halaman bisnis, halaman merek, dan sebagainya. Kemudian pilih lebih banyak pilihan sehingga Facebook dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih besar dengan bisnis Anda.
Membuka Halaman Bisnis
Setelah Anda membuat halaman bisnis, Anda akan dapat mengaksesnya dari akun utama Anda di masa mendatang. Klik Akun Saya dari menu tarik-turun, lalu pilih “Gunakan Facebook sebagai Halaman. Itu dapat memiliki beberapa halaman perusahaan, bisnis, atau situs web lain, meskipun hanya memiliki satu akun dan profil Facebook.
Konfigurasi Awal
Untuk memulai, tambahkan gambar/logo perusahaan Anda ke pengaturan atau preferensi. Anda juga dapat menyertakan foto produk sebagai foto halaman selain logo. Kedua, undang pengguna Facebook lain untuk menyukai halaman perusahaan yang baru dibuat dengan membagikannya kepada mereka.
Jika Anda meminta 25 orang untuk “Suka” halaman perusahaan Anda, Facebook akan memberi Anda URL yang dipersonalisasi untuk halaman itu. Kemudian, perbarui status unduhan. Pastikan untuk memperbarui status unduhan di halaman bisnis saat sudah siap untuk didistribusikan. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung dapat membaca dan mengomentari sesuatu.
Lakukan Perubahan Pada Halaman Perusahaan
Anda dapat menggunakan menu ini untuk mengubah halaman perusahaan yang telah dibuat. Anda dapat menggunakan opsi ini untuk menjadwalkan unduhan serta tautan ke alamat email tempat pengunjung dapat menghubungi Anda. Menu ini juga dapat digunakan untuk mengelola izin situs, mencari informasi dasar, mengedit gambar dan unduhan profil situs, mengelola pemasaran dan administrasi, serta mengontrol hak akses lainnya.
Tata Letak Halaman
Kita juga harus membuat desain halaman semenarik mungkin agar pengunjung merasa nyaman dan membeli barang yang kita tawarkan.
Nah, demikian cara menggunakan Facebook untuk memulai mempromosikan perusahaan Anda. Masih ada banyak tips lainnya yang bisa Anda gunakan.