Cara Menemukan Ide Produk untuk Dijual di Media Sosial

Banyak orang tidak menyadari bahwa memulai bisnis online hampir identik dengan memulai perusahaan fisik. Tahapannya sama seperti saat memulai bisnis online, kecuali hampir semuanya dilakukan secara online. Yuk, kita lihat mereka satu per satu. Saatnya untuk mulai belajar tentang bisnis online.

Mencari Ide Produk

Bagi Anda yang baru mengenal penjualan dan tidak tahu apa yang harus dijual, saya telah membuat daftar cara untuk menemukan ide produk atau layanan yang akan dijual.

Jual Apa Yang Ingin Anda Beli

Saat memilih produk, sangat penting untuk memilih produk yang Anda kenal dan antusias. Memilih untuk mendirikan bisnis adalah keputusan yang sulit. Anda tidak ingin memperumit masalah dengan memilih produk yang sama sekali tidak Anda kenal. Untuk memulai, buatlah daftar semua barang yang Anda senang beli dan gunakan untuk hobi atau aktivitas sehari-hari. Jika Anda kesulitan memutuskan, ini adalah beberapa kategori pasar yang paling populer.
Untuk menjaga identitas merek Anda, Anda dapat memilih produk dari berbagai ceruk yang masih dalam kategori yang sama atau terkait dengan produk mereka.

Dengarkan Keluhan Teman

Jika Anda mengenal orang yang menggerutu tentang apa pun, Anda harus menyadari bahwa mereka mencari solusi yang dapat diubah menjadi produk atau layanan. Bahkan ketidakpuasan kecil dengan produk atau layanan menunjukkan bahwa sesuatu yang lebih baik diperlukan.

Perhatikan Media Sosial

Di grup Facebook, LinkedIn, Forum, dan tempat lainnya, baca postingan dan ajukan pertanyaan. Tujuan Anda di sini adalah untuk mencari tahu kesulitan apa yang sering dihadapi orang sehingga Anda dapat memberikan solusi.

Amati Apa yang Laris di Internet

Memeriksa barang-barang terlaris di pasar adalah salah satu cara paling nyaman untuk mempelajari lebih lanjut tentang spesialisasi Anda. Anda akan tahu persis apa yang dijual sebagai hasil dari ini, dan Anda tidak perlu menebak apakah ada permintaan untuk penawaran Anda atau tidak.

Ikuti Berita Terbaru

Salah satu teknik untuk mengetahui unmet requirements dan item yang sedang dicari adalah dengan membaca berita perkembangan bisnis internet di media cetak dan elektronik.

Lihat Review atau Testimoni Produk

Ulasan produk akan menunjukkan kepada Anda di mana dalam niche Anda, Anda dapat bersaing. Saat membaca ulasan, berikan perhatian khusus pada ulasan yang negatif namun sertakan saran yang bermanfaat. Pelanggan telah menyatakan keprihatinannya mengenai keabsahan barang, kualitas barang yang tidak sesuai dengan deskripsi dan harapan, dan barang yang datang terlambat, terbukti dari ulasan di atas. Anda dapat bersaing dengan penawaran ini dengan menyediakan produk berkualitas lebih tinggi yang dikirimkan tepat waktu.

Riset Pasar di Internet

Setelah Anda mengidentifikasi produk yang layak, Anda harus dapat menentukan apakah akan ada cukup permintaan dalam jangka panjang. Anda tidak ingin membangun bisnis internet hanya untuk mengetahui bahwa tidak cukup banyak orang yang mau membeli apa yang Anda tawarkan.

1. Perencana Kata Kunci Google

Volume pencarian Google yang besar untuk barang Anda menunjukkan minat yang tinggi dan pasar yang besar. Anda akan tahu bahwa Anda berada di jalur yang benar ketika rata-rata ada beberapa ribu pencarian setiap bulan. Teliti jumlah istilah yang digunakan individu saat mencari di Google menggunakan kata kunci kategori dan sub-kategori dari pasar.

2. Wawasan Facebook untuk Pemirsa

Anda dapat menggunakan Facebook untuk mengevaluasi ukuran pasar produk Anda dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dengan Google Keyword Planner. Facebook Audience Insight adalah alat yang dapat Anda gunakan.

3. Google Trends

Google Trends akan menampilkan pencarian kata kunci rata-rata selama periode waktu tertentu. Anda dapat menentukan apakah pasar Anda sedang menurun, stagnan, atau tumbuh dengan melihat data ini.

Analisis Industri

Anda dapat mempelajari produk mana yang banyak diminati dan bagaimana memposisikan bisnis Anda dari penelitian ini. Materi laporan ini terstruktur dengan baik, sehingga Anda dapat menghemat waktu dalam mengumpulkan semua informasi yang telah Anda kumpulkan. Namun, Anda mungkin diharuskan membayar untuk mendapatkan laporan ini.

Amati Pesaing Anda

Apakah ada saingan untuk produk yang ingin Anda jual? Ini adalah pertanyaan penting untuk ditanyakan. Jika tidak, Anda harus berpikir dua kali untuk memasuki pasar ini. Mungkin ini karena fakta bahwa memenuhi pesanan tidak menguntungkan atau sulit. Di satu sisi, jika sudah ada persaingan, maka uang bisa dihasilkan.

Jangan pernah takut untuk bersaing. Anda dapat selalu meningkatkan posisi Anda dengan menunjukkan keunggulan kompetitif produk Anda.

Bagikan Artikel