Digital Marketing: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya Bagi Sebuah Bisnis

Digital marketing kini cukup familiar dikalangan pebisnis zaman sekarang. Pada era yang serba digital mungkin tidak jarang Anda menemukan produk dari beberapa perusahaan yang melakukan digital campaign. Baik itu melalui blog, website ataupun media sosial.

Melihat banyaknya pengguna media sosial ini banyak dimanfaatkan perusahaan sebagai salah satu strategi pemasaran secara onlin. Pemasaran ini sangat menguntungkan bagi pengelola karena lebih mudah, cepat, dan pastinya bisa mencapai lebih banyak calon pembeli.

Buat Anda yang penasaran dengan digital marketing mari pahami terlebih dahulu pengertian, jenis, dan manfaatnya bagi sebuah bisnis.

Apa Sih Digital Marketing Itu?

Digital marketing adalah sebuah cara pemasaran produk melalui perantara media komunikasi digital. Media komunikasi ini meliputi email, website, media sosial, iklan internet, gambar, dan bentuk konten digital lainnya. Perusahaan melakukan pemasaran produk dengan memanfaatkan perkembangan dunia digital.

Secara sederhana digital marketing ini bisa Anda artikan sebagai bentuk pemasaran dengan menggunakan media digital. Mengapa banyak yang melakukan pemasaran dengan strategi ini? Karena sekarang ini peminat di dunia komunikasi digital terutama media sosial lagi banyak digemari dan dikunjungi oleh orang.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Banyak sekali jenis digital marketing yang bisa Anda jalankan untuk meningkatkan penjualan. Berikut ini beberapa jenis digital marketing dan penjelasan singkatnya.

1.     SEM (Seach Engine Marketing)

Search Engine Marketing menjadi salah satu cara meningkatkan visibilitas suatu website pada mesin pencarian. SEM ini lebih melihat hasil yang bisa diperoleh oleh pengunjung organik maupun yang berasal dari iklan.

Jadi, dalam mesin pencarian terdapat dua hasil yakni oranik dan berbayar. Nah, adanya SEM ini supaya website bisa menduduki posisi teratas atau one page atas keyword tertentu, baik secara organik ataupun berbayar.

2.     SEO (Search Engine Optimation)

Penggunaan website untuk media penjualan ini menjadi sangat ramai belakanga ini. Anda bisa melakukan optimasi website dengan menggunakan teknik SEO, agar bisa mendapat peringat dalam mesin pencarian.

SEO sendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan visibilitas dan traffic organik dari sebuah website, sehingga perusahaan bisa berkembang. Optimasi SEO sendiri dibagi menjadi dua, yakni On-Page (optimasi pada konten) dan Off-Page (optimasi aspek di luar konten).

3.     SMM (Sosial Media Markeing)

SMM ini salah satu media pemasaran melalui media sosial yang mulai banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan. Digital marketing ini menggunakan media sosial sebagai media pemasaran.

Melihat dari fakta yang ada, hampir kebanyakan orang mulai menjangkau dan menggunakan media sosial. Makanya banyak perusahaan yang mulai tertarik untuk memakai metode SMM ini.

4.     E-mail Marketing

Biasanya perusahaan besar menggunakan media email marketing sebagai pemasaran. Pemasaran melalui email marketing ini bisa menggunakan metode email outreach, email newsletter, dan cold email.

Pada umumnya email marketing ini digunakan oleh perusahaan yang menjalankan B2B (business to business). Namun, sekarang ini perusahaan dengan bentuk B2C (business to customer) juga mulai menggunakan pemasaran menggunakan email, guna meningkatkan engagement lebih banyak dari customer.

5.     Video Marketing

Seperti yang kita tahu, banyak orang menyukai konten video. Pastinya Anda pun juga sering menemukannya di YouTube. Sekarang ini video marketing sudah merambah ke media sosial seperti TikTok, Facebook, hingga Instagram yang bisa meningkatkan efektivitas video dalam digital marketing.

Jenis konten yang ada pada video marketing sangatlah bervariasi. Anda bisa mengikuti trend-trend yang ada untuk mendapatkan engagement yang tinggi. Video marketing ini memiliki tujuan untuk meningkatkan brand awareness, menambah atensi penjualan, melakukan promosi produk, hingga konten menyenangkan dan edukasi bagi pelanggan.

Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis

Melihat perkembangan teknologi sekarang, banyak sekali peluang bagi Anda untuk memanfaatkan kecanggihan digital untuk keperluan bisnis. Berikut ini beberapa manfaatnya untuk bisnis Anda.

1.     Memperluas Jangkauan Audience

Adaya ini bisa membuat produk Anda mencapai jangkauan yang lebih luas. Apabila beberapa strategi pemasaran digital marketing ini Anda lakukan, maka Anda bisa mengincar lebih banyak pelanggan. Pemasaran online melalui SMM menjadi salah satu saran bagi Anda jika ingin menjalankan strategi pemasaran digital marketing.

2.     Mengembangkan Bisnis

Bisnis yang berkembang ialah yang memiliki nama dan mudah dikenal oleh banyak orang. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus bisa mengamati kemana arah calon pelanggan Anda berada. Misalnya produk kecantikan,  yang mana kebanyakan menggunakan media sosial.

Nah, Anda bisa membuat bisnis Anda berkembang dengan memanfaatkan media sosial sebagai pemasaran bisnis Anda. Pastinya akan semakin banyak yang mengetahui produk Anda dan mulai tertarik membelinya, apabila Anda mengunakan strategi pemasaran yang menarik dan sesuai dengan mereka.

3.     Memudahkan Evaluasi Strategi Penjualan

Digital marketing ini bisa memudahkan Anda melakukan evaluasi strategi penjualan. Dari sini Anda bisa melakukan evaluasi hasil pemasaran dengan menggunakan tools tertentu.  Sehingga bisa mempermudah pengelolaan analisa dan bisa mengevaluasi strategi dengan lebih mudah.

Misalnya dengan melihan menu insgiht yang terdapat pada platform tertentu untuk melihat traffic dan engagement dari konten yang dibagikan. Secara otomatis, akan diberikan hasilnya untuk Anda sehingga lebih mudah menganalisanya.

4.     Dapat Mengurangi Biaya

Penggunaan media sosial dalam proses pemasaran ini bisa dibilang sangat efektif sekali dalam hal pengurangan biaya. Bayangkan saja Anda mencetak baliho dan menyewa papan reklame. Sudah bisa habis berapa saja? Hal itupun sangat terbatas oleh waktu.

Sedangkan jika menggunakan digital marketing, Anda bisa menghemat biaya pencetakan dan penyewaan baliho. Jangkauan lebih luas dan bisa berfungsi selama Anda mau atau dalam artian tidak terbatas oleh waktu.

Demikian informasi singkat mengenai digital marketing mulai dari pengertian hingga manfaatnya. Sebelum terjun dalam dunia digital marketing, Anda perlu mempelajari hal-hal dasar supaya bisa mendapatkan feedback yang bagus dari melakukan campaign pada dunia digital marketing.

Bagikan Artikel