Kenali Strategi Iklan Kekinian, Digital Marketing

Menerapkan strategi iklan kekinian di era sekarang terbukti efektif. Hal ini karena pesatnya pertumbuhan teknologi sehingga ikut memberikan pengaruh terhadap periklanan Indonesia. Tidak heran jika kegiatan pemasaran sudah mulai beralih menggunakan media internet. Apalagi ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh pelaku industri.

Salah satunya adalah target jangkauan pasar menjadi lebih luas. Selain itu, brand yang dikembangkan bisa saja populer sampai ke seluruh dunia. Tentunya hal ini membuka peluang ekspor produk ke ranah internasional. Apalagi efektivitas dan efisiensi dalam penggunaannya sehingga strategi yang dilakukan terasa lebih efektif.

Strategi Iklan Kekinian untuk Promosikan Bisnis

Bagi Anda yang baru saja memulai bisnis, melakukan promosi menjadi satu hal wajib. Pasalnya, calon konsumen tidak datang dengan sendirinya tanpa adanya ajakan. Nah, salah satu cara mudah untuk menarik perhatian calon konsumen adalah menggunakan iklan secara kekinian. Apa saja strategi iklan yang bisa membantu mempromosikan bisnis agar laku?

Memilih Media yang Tepat untuk Beriklan

Strategi pertama yang bisa Anda coba untuk mempromosikan bisnis melalui iklan adalah memilih media dengan tepat. Pasalnya, ada banyak sekali media untuk beriklan. Mulai dari televisi, radio, majalah, sampai media online. Masih banyak yang menggunakan media offline untuk mempromosikan bisnisnya.

Namun, biaya promosi yang harus disiapkan untuk media offline lebih banyak jika dibandingkan dengan media online. Karena era sekarang mengandalkan sistem online jadi tidak ada salahnya jika Anda menggunakan media online untuk menerapkan strategi iklan.

Menggunakan media online dirasa mampu menekan biaya tapi keuntungan yang didapat terbilang besar. Hal ini karena media online mampu menyasar target pasar secara lebih luas. Apalagi sudah banyak media online yang membantu, salah satunya adalah sosial media.

Mulai dari Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube, dan masih banyak lagi. Masing-masing sosial media tersebut mempunyai fitur Ads yang bisa digunakan sebagai tempat untuk beriklan. Biaya yang dikeluarkan pun tidak sebanyak media offline.

Sebelum memilih media beriklan yang tepat, ada baiknya untuk melakukan riset terkait sosial media yang paling banyak digunakan. Dengan begitu, memasang iklan tidak akan menjadi sia-sia karena target yang dicapai bisa terasa lebih maksimal. Selain media sosial, Anda juga bisa menggunakan website untuk menerapkan strategi iklan.

Melalui website, Anda bisa membuat konten terkait produk bisnis. Selain memanfaatkan iklan, cara ini tentunya akan memberikan banyak keuntungan. Mulai dari meningkatkan penjualan, meningkatkan traffic, sampai meningkatkan brand awareness. Tidak heran jika banyak pebisnis yang melakukan iklan melalui website.

Konsisten dalam Branding

Strategi iklan kekinian yang bisa dicoba adalah konsisten dalam branding. Seperti yang diketahui, branding menjadi poin penting dalam bisnis. Melalui branding itulah calon konsumen bisa tahu tentang brand atau bisnis yang dilakukan. Meski terbilang sepele, tapi branding yang dilakukan setengah-setengah bisa membuat bisnis naik turun.

Padahal dari branding inilah calon konsumen bisa tahu lebih lengkap tentang warna, logo, citra, keunggulan produk, dan lain sebagainya. Apalagi sebagai pebisnis branding yang dilakukan tidak konsisten tentunya akan membuat calon konsumen merasa malas.

Calon konsumen akan merasa kesulitan saat melakukan identifikasi produk melalui iklan. Tentunya hal ini akan berdampak pada penurunan penjualan. Oleh karena itu, cobalah untuk konsisten dalam branding melalui iklan. Membentuk kepercayaan dan loyalitas konsumen bisa membantu memberikan keuntungan dalam jangka panjang, lho.

Memanfaatkan Influencer atau Selebgram

Strategi iklan kekinian yang bisa jadi referensi adalah manfaatkan influencer atau selebgram. Cara ini terbilang strategi iklan secara tidak langsung. Pasalnya, banyak konsumen yang lebih percaya saat orang terdekat atau orang terpercaya mencoba produk tersebut. Jadi, tidak ada salahnya memanfaatkan orang terkenal untuk mengiklankan produk.

Apalagi di era sekarang, selebgram dan influencer banyak dicari karena popularitasnya bisa mempengaruhi suatu bisnis. Jadi, jika ingin produk bisnis Anda laku keras, pilihlah selebgram yang sedang naik daun. Namun, lebih baik memilih selebgram yang naik daun karena hal positif, bukan hal yang negatif.

Mencari Waktu yang Terbaik

Mencari waktu yang terbaik menjadi salah satu strategi iklan kekinian. Masih banyak orang yang belum tahu dan asal dalam melakukan iklan. Padahal, mencari waktu yang terbaik bisa membuat keuntungan terasa lebih maksimal. Selain itu, anggaran yang dikeluarkan untuk menggunakan iklan menjadi tidak terlalu sia-sia.

Mencari waktu terbaik saat memasang iklan bisa dilakukan dengan mengamati momentum yang relevan dengan bisnis. Misalnya bisnis yang dibuka adalah produk dengan sifat musiman, maka strategi iklan bisa dilakukan pada bulan yang performanya lebih tinggi. Dengan kata lain, pilihlah bulan di mana banyak yang mencari produk milik Anda.

Mengukur dan Melacak Keefektifan Iklan

Tidak sedikit pebisnis yang tidak tahu apakah iklan yang dipasang bekerja secara efektif atau tidaknya. Padahal hal ini sangat penting untuk dipantau agar bisa mendapatkan informasi penting. Oleh karena itu, pilihlah media yang akan memberikan data statistik terkait iklan. Karena dari data itulah, Anda bisa tahu faktor yang mempengaruhi keberhasilan iklan.

Anda juga bisa melakukan eksperimen dan pengujian terkait iklan yang sudah dipasang. Meski memang dibutuhkan waktu untuk membuat iklan agar bisa sesuai dengan target pasar. Namun, jika sudah terbiasa mengolah data informasi, maka keputusan akan cepat dibuat untuk menerapkan strategi beriklan lainnya.

Meski menggunakan iklan bukan menjadi kewajiban dari seorang pebisnis, tapi menerapkan strategi iklan kekinian bisa membuat bisnis laku di pasaran. Apalagi saat ini media online menjadi solusi efektif dalam beriklan dan mempromosikan bisnis dengan mudah.

Bagikan Artikel