Dengan ledakan media sosial dalam beberapa tahun terakhir, semakin tidak mungkin untuk menemukan profesional pemasaran yang tidak mendukungnya sebagai bagian dari strategi pemasaran yang komprehensif. Namun, di dunia saat ini, apakah waktu dan upaya yang dihabiskan untuk membangun kehadiran media sosial benar-benar sepadan? Apa manfaat lengkap media sosial bagi UKM (usaha kecil dan menengah)? Ada beberapa cara langsung agar strategi pemasaran media sosial yang kuat dapat membantu perusahaan Anda:
Pemasaran Media Sosial Menghemat Uang Anda
Pertama-tama, kemampuan untuk membuat tweet atau posting Facebook yang sangat menarik akan lebih murah daripada beriklan atau mengirim ribuan surat. Namun, ada solusi periklanan yang kuat yang memungkinkan Anda menjalankan kampanye pemasaran menggunakan kata kunci dan demografi tertentu, memungkinkan Anda untuk menutup investasi Anda dan bahkan lebih banyak lagi.
Hasil Mesin Pencari Dapat Dipengaruhi oleh Media Sosial
Apa yang harus Anda lakukan adalah mengembangkan konten yang optimal dan menarik jika Anda ingin media sosial memengaruhi posisi situs web bisnis di mesin pencari. Selain itu, situs web lain mungkin tertarik dengan materi Anda dan menautkan ke situs web Anda, yang menghasilkan peningkatan lalu lintas. Jejaring sosial adalah alat yang sangat baik untuk menarik orang yang tepat, yang akan kembali dan bahkan membagikan situs web Anda secara gratis.
Media Sosial Dapat Digunakan Memberikan Layanan Yang Sangat Baik
Jika Anda mencari cara untuk membalas komentar, pertanyaan, rekomendasi, dan kritik klien, media sosial adalah tempat yang tepat untuk memulai. Pelanggan yang menggunakan situs jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter dapat dengan cepat menghubungi Anda, dan Anda dapat menanggapi komentar mereka sementara orang lain juga dapat melihatnya.
Menyesuaikan Kepribadian Online Sesuai Keinginan
Pemasaran media sosial lebih mirip dengan mengadakan pesta daripada pertemuan bisnis. Karena naluri manusia untuk bertransaksi bisnis dalam situasi sosial, Anda akan melakukan transaksi komersial yang jauh lebih baik. Media sosial adalah cara yang hebat untuk menampilkan individualitas UKM Anda, dan pada akhirnya akan mencakup informasi, karyawan, ruang kerja, dan banyak lagi. Pelanggan akan dapat terhubung dan tetap setia pada merek Anda jika Anda memperlakukannya seperti manusia.
Anda Dapat Berjejaring Dengan Bisnis Lain Menggunakan Media Sosial
Jika media sosial dapat menghubungkan Anda dengan pelanggan, itu juga dapat menghubungkan Anda dengan pengusaha dan usaha kecil dan menengah lainnya. Anda juga dapat menemukan mitra distributor baru melalui media sosial, yang memungkinkan Anda untuk melakukan dialog nyata dengan individu nyata yang dapat diakses secara sosial dan geografis.
Pelanggan Anda Menjadi Jaminan Perusahaan Anda
Dengan menghubungkan konsumen Anda secara langsung dengan Anda, Anda dapat memastikan bahwa mereka menerima layanan pelanggan terbaik. Ini akan berlangsung di forum publik yang terbuka untuk umum. Akibatnya, ketika klien mengagumi layanan Anda dan membagikannya dengan teman-teman mereka, teman-teman mereka kemungkinan besar akan menjadi pelanggan masa depan Anda.
Memberikan Nilai Berharga Melalui Media Sosial
Anda sudah menjadi ahli dalam industri usaha kecil dan menengah Anda jika Anda yakin dapat memberikan layanan yang berharga kepada klien target Anda. Apa pun itu, jika Anda dapat memenuhi kebutuhan klien, apakah itu melalui posting, tweet, atau blog tentang hiburan atau pendidikan, Anda menawarkan nilai luar biasa yang akan dihargai pelanggan.
Media Sosial Keunggulan Kompetitif
Ketika digunakan dengan benar, media sosial dapat membantu bisnis kecil Anda meningkatkan peringkat mesin pencari, memberikan layanan pelanggan yang luar biasa, menciptakan kepribadian online yang kuat, terhubung dengan mitra bisnis baru, membangun koneksi, dan memvalidasi keahlian Anda dengan memberikan nilai nyata kepada pelanggan. Apakah Anda tahu apa artinya itu? Itu berarti Anda memperoleh keunggulan kompetitif atas pesaing Anda, dan itu semua karena media sosial.
Apa yang Anda pikirkan? Masih takut menggunakan media sosial? Percayalah ketika saya mengatakan bahwa ini sangat bermanfaat bagi usaha kecil dan menengah. Karena itu lebih bijaksana untuk menghemat uang saat memulai bisnis kecil-kecilan, termasuk dalam hal pemasaran.