Di era sekarang ini, media sosial tidak hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi. Namun, peran media sosial telah berubah dalam beberapa tahun terakhir menjadi alat promosi atau pemasaran perusahaan. Ini terkait erat dengan berbagai layanan yang disediakan.
Dapat dikatakan bahwa sejumlah besar uang dan energi tidak diperlukan untuk membangun komunikasi dan mencari pengetahuan. Anda dapat mengakses semua konten di akun media sosial dengan menggunakan jaringan internet untuk bebas mengedit, menambah, atau memodifikasinya.
Tentunya setiap platform media sosial memiliki dampak menguntungkan atau negatif bagi orang yang menggunakannya. Akan tetapi, terlepas dari hal-hal tersebut di atas, tampaknya media sosial memiliki fungsi yang cukup luas. Kategori media sosial dapat membantu Anda memahami fungsi media sosial secara luas. Menurut peran media sosial, itu dapat diklasifikasikan ke dalam banyak jenis.
Fungsi Media Sosial
Jaringan Hubungan
Jaringan Hubungan adalah jenis media sosial pertama. Masyarakat umum menganggap media sosial sebagai situs web tempat orang dapat berkomunikasi dan bersosialisasi. Facebook, LinkedIn, Google Plus, Instagram, Twitter, dan platform media sosial lainnya termasuk dalam kategori Jaringan Hubungan.
Relationship Networks adalah platform media sosial pertama yang tersedia untuk masyarakat umum, dengan mayoritas dari mereka bebas untuk digunakan. Biasanya, platform media sosial ini memiliki fitur halaman profil yang memuat gambar, biodata, dan informasi spesifik pengguna lainnya.
Pengguna harus mendaftar menggunakan nama asli mereka di platform media sosial ini. Tujuan utama dari media sosial semacam ini adalah untuk membuat komunikasi lebih mudah bagi pengguna. Dinding (Walls), Garis Waktu atau Pesan Pribadi (PM), dan berbagi adalah beberapa elemen yang digunakan untuk kenyamanan ini.
Bentuk lain dari jaringan koneksi menggunakan media sosial untuk mencari pekerjaan, berinteraksi dengan profesional lain, berbagi rekomendasi perusahaan, bertindak sebagai agen perjodohan, mempromosikan merek, menghubungkan pebisnis dengan pelanggan, dan sebagainya.
Jaringan untuk Berbagi Media
Media sosial semacam ini ditentukan oleh karakteristik media yang dibagikan penggunanya. Karena fitur berbagi video dan gambar yang kuat, Facebook dan Twitter juga termasuk dalam kategori jaringan berbagi media ini. Namun, mayoritas materi (postingan) yang diterbitkan oleh pengguna di platform media sosial ini berbasis teks.
Berbeda dengan platform jejaring sosial lain yang mengunggulkan materi visual, seperti Flickr atau Instagram. Unggah dan ubah foto sebelum menambahkan keterangan atau merujuk pengguna lain di platform media sosial ini. Selain itu, video adalah bahan utama platform media sosial seperti YouTube, Vimeo, Vine, dan Snapchat.
Media sosial semacam ini digunakan untuk mempublikasikan konten dengan tema hiburan dan sebagai alat pemasaran untuk mendongkrak jumlah kunjungan ke bisnis Anda.
Ulasan Media Sosial Online
Ulasan Online membuat fitur media sosial yang bergantung pada lokasi. OpenRice, TripAdvisor, dan Zomato hanyalah beberapa contoh. Geolokasi adalah metode penentuan lokasi suatu objek, seperti smartphone atau komputer yang terhubung ke internet, dengan mengidentifikasi lokasi geografis.
Teknologi ini saat ini membantu perkembangan media sosial secara tidak langsung. Saat ini, platform media sosial Ulasan Online menawarkan berbagai target, termasuk hotel, restoran, dan bisnis. Dibandingkan sebelumnya, Ulasan Online memainkan peran penting dalam keputusan pembelian pelanggan dalam pemasaran digital. Namun, tujuan utama platform media sosial ini adalah untuk membagikan lokasi situs pilihan.
Forum Diskusi
Forum diskusi adalah salah satu bentuk media sosial pertama yang muncul di internet. Jauh sebelum Facebook, pengguna internet berkumpul di papan pesan untuk berdebat dan bertukar pikiran. Pengguna internet dapat bertukar pesan di forum diskusi untuk mendiskusikan segala hal mulai dari video game favorit hingga film terbaru.
Pada kenyataannya, beberapa orang dapat memposting pertanyaan di forum tentang kerusakan komputer. Anonimitas anggotanya membedakan forum diskusi dari bentuk media sosial lainnya. Pengguna tidak diharuskan mendaftar dengan nama dan identitas asli di sebagian besar forum diskusi, dan bisa siapa saja.
Bentuk lain dari media sosial, di sisi lain, sangat mendorong pengguna untuk memberikan nama, lokasi, dan bahkan gambar asli mereka. Awalnya, tujuan media sosial adalah untuk mengkomunikasikan pesan dan hiburan. Namun, kini kami telah mampu menyatukan sejumlah komunitas dengan karakteristik serupa, seperti hobi dan pekerjaan.
Platform untuk Penerbitan Sosial
Platform Penerbitan Sosial adalah jenis media sosial yang memungkinkan pengguna untuk menulis artikel dan membagikannya untuk dibaca orang lain. Blog, mikroblog, media, Tumblr, WordPress, dan platform serupa lainnya adalah contoh dari jenis media sosial ini.
Tujuan dari media sosial ini adalah untuk menulis artikel, meskipun isi artikelnya sangat beragam. Beberapa pengguna memanfaatkannya untuk melakukan perdagangan, baik dengan menjual barang maupun memberikan jasa.
Situs Bookmarking
Menemukan informasi atau konten sulit di masa-masa awal internet. Tidak seperti hari ini, di mana ada banyak situs web yang didedikasikan untuk setiap kategori yang lebih spesifik, sudah ada banyak situs web yang didedikasikan untuk setiap kategori yang lebih khusus. Saat mencari informasi di internet, kebanyakan orang membuka Google.
Namun jika yang dibutuhkan hanyalah sebuah ide atau gambaran, maka diperlukan media sosial berupa Bookmarking Sites. Situs seperti StumbleUpon, Pinterest, dan Flipboard adalah contoh situs bookmark. Tujuan dari media sosial ini adalah untuk memungkinkan pengguna mengumpulkan barang-barang di situs web dan kemudian menyimpannya di akun mereka.
Anda dapat menyimpan berbagai jenis konten, termasuk foto, video, teks, dan sebagainya. Selanjutnya, Konten yang Anda simpan dapat dijadikan pribadi atau dapat diakses oleh publik dan dibagikan dengan orang lain.
Jaringan Berbasis Minat
Salah satu manfaat media sosial adalah betapa mudahnya mengumpulkan sekelompok individu yang memiliki minat yang sama. Saat ini sudah banyak bermunculan komunitas-komunitas akibat penggunaan media sosial. Grup Facebook, Grup Linkedin, Komunitas Google+, dan platform media sosial lainnya adalah contoh dari jenis media sosial ini.
Ada platform media sosial tambahan yang didedikasikan untuk satu komunitas, seperti last.fm. Fitur media sosial ini hanya tersedia untuk artis dan penggemar musik. Ada juga Goodreads, yang ditujukan untuk penulis dan penggemar buku.
Sebagai komunitas pecinta film dan reviewer, ada IMDB dan Rotten Tomatoes. Tujuan dari media sosial berbasis minat adalah untuk menjadi tempat berkumpulnya komunitas-komunitas tertentu.
Kesimpulan bahwa peran media sosial sangat beragam seperti berbagai jenis media sosial yang disebutkan di atas. Dengan kemajuan teknologi yang semakin kompleks dari hari ke hari, bukan tidak mungkin media sosial baru akan dirilis di masa depan.
Kemajuan ini kemungkinan akan menghasilkan fitur media sosial baru juga. Para pebisnis yang menggunakan taktik pemasaran digital sadar akan peran media sosial, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan berbagai pendekatan yang beragam satu sama lain, peran media sosial dalam bisnis akan tampak lebih luas.