Tahukah Anda bahwa literasi media sosial turut membuka peluang bisnis online? Di era sekarang, tampaknya bisnis online mengalami perkembangan pesat. Hal ini terbukti dari banyaknya media digital yang digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan produk. Tentunya cara ini terbilang efektif karena masyarakatnya menggunakan media online.
Adanya bisnis online tentu bisa membuka peluang bisnis bagi berbagai kalangan. Salah satunya ibu-ibu rumah tangga yang mungkin bisa menjadikan bisnis online sebagai sumber penghasilan tambahan. Sayangnya, masih banyak ibu-ibu yang kurang bisa memanfaatkan media online untuk membuka bisnis.
Mengenal Apa Itu Literasi Media Sosial
Beberapa orang mungkin masih merasa asing dengannya. Literasi media merupakan salah satu bentuk kemampuan dalam melakukan akses, analisis, evaluasi, sampai menginformasikan dari berbagai media. Secara umum, bisa dibilang literasi media adalah seperangkat perspektif yang digunakan saat melakukan akses terhadap media massa.
Dengan kata lain, literasi media mempunyai peran penting dalam memberikan kesadaran secara kritis bagi publik saat berhadapan dengan media. Ditambah lagi kesadaran inilah menjadi kata kunci dalam gerakan media sosial. Hal ini karena literasi media akan memberikan kesadaran secara lebih kritis kepada masyarakat.
Hadirnya literasi media tentu akan mengundang sejumlah manfaat di dalamnya. Mulai dari memperluas wawasan, mampu melakukan analisis berita secara objektif, lebih kritis dalam berpendapat, sampai mampu mengambil sikap terhadap isu dengan bijaksana. Selain itu, literasi media bisa membantu untuk lebih berhati-hati dalam menyebarkan opini.
Hubungan Literasi Media Sosial dengan Peluang Bisnis Online
Setelah mengetahui sekilas tentang literasi media sosial, bisakah Anda membayangkan hubungan dengan peluang bisnis online? Seperti yang diketahui, sudah banyak media online yang digunakan dalam berbisnis. Mulai dari Facebook, website, Google Bisnis, Instagram, Tiktok, Twitter, dan lain sebagainya.
Pengguna sosial media setidaknya akan menggunakan salah satu media tersebut sebagai media yang aktif dibuka setiap harinya. Meski begitu, tidak semua pengguna sosial media akan menggunakan media yang sama dalam mencari informasi terkait bisnis online. Itulah kenapa sebelum memilih membuka bisnis, penting untuk tahu media yang akan digunakan.
Karena banyaknya media sosial yang hadir di kalangan masyarakat, membuat bisnis online berkembang pesat. Hal ini karena bisnis mampu menggaet pasar atau targetnya secara lebih spesifik. Alhasil, penjualan pun bisa meningkat lebih cepat. Dengan kata lain hubungan literasi sosial media dengan peluang bisnis sangat terbuka lebar.
Manfaat Literasi Sosial Media untuk Bisnis
Melihat hubungan antara literasi sosial media dengan bisnis online, tentunya memberikan sejumlah manfaat. Nah, jika Anda ingin membuka bisnis online, ketahui lebih dulu manfaat media sosial dalam peluang bisnis online. Dengan begitu, saat membuka bisnis pun semakin yakin dan bisa mengikuti perkembangan zaman agar laku keras.
Mengenal Calon Konsumen Lebih Dekat
Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dengan menggunakan media sosial untuk membuka bisnis adalah bisa mengenal calon konsumen lebih dekat. Hal ini sangat penting dilakukan untuk memudahkan menjalin interaksi antara penjual dengan pembeli. Melalui media sosial inilah proses pengenalan menjadi lebih mudah dari biasanya.
Apalagi sudah banyak media sosial yang membantu untuk melakukan proses bisnis online agar lebih mudah. Ditambah lagi dengan sejumlah tools dari sosial media sehingga mampu memaksimalkan interaksi antara kedua pihak tersebut. Selain itu, adanya informasi ini bisa membantu agar proses branding tersampaikan dengan tepat.
Dengan mengenal calon konsumen lebih dekat, tentunya akan memberikan sejumlah keuntungan lainnya. Salah satunya adalah mendengar keinginan calon pelanggan terhadap bisnis yang dibangun. Dengan kata lain, penjual bisa mendapatkan review terhadap bisnis yang dibukanya. Apakah memang sesuai dengan tren masyarakat atau tidaknya.
Cara yang bisa dilakukan untuk mengenal calon konsumen lebih dekat adalah dengan melihat tren usia dari masing-masing pengguna sosial media. Setelah itu, barulah Anda bisa mempromosikan bisnis dengan cara yang tepat.
Membantu Membangun Reputasi Bisnis
Manfaat lainnya dengan menggunakan media sosial dalam bisnis adalah membantu membangun reputasi bisnis. Tentunya reputasi dalam bisnis sangat penting diperhatikan karena menjadi salah satu tolak ukur dari calon konsumen. Semakin meningkat reputasi bisnis, itu artinya mulai semakin banyak calon konsumen yang akan mengenal bisnis itu.
Secara tidak langsung cara ini mampu membangun kepercayaan terhadap bisnis di mata calon konsumen. Itulah penting untuk membangun reputasi agar dinilai baik oleh masyarakat. Caranya bisa dilakukan dengan membuat konten yang menarik, menyediakan fasilitas yang nyaman, sampai kualitas dari produk yang dijual.
Membangun Networking Melalui Media Sosial
Literasi media sosial memberikan manfaat berupa pembangunan networking. Tentu saja hal ini bisa membuat bisnis terus mengalami perkembangan. Caranya dengan melakukan kerja sama dengan influencer atau pun investor. Dengan begitu, bisnis bisa terus berkembang dan targetnya pun akan semakin luas karenanya.
Melihat Persaingan Pasar
Media sosial apabila diterapkan dalam bisnis bisa membantu Anda untuk melihat persaingan pasar. Dengan kata lain, penjual bisa melihat bagaimana cara kerja kompetitor lain dalam menggaet target pasarnya. Dari sinilah bisa tahu kelebihan dan kekurangan dari brand kompetitor sehingga bisa dilakukan analisis.
Tujuannya tentu saja agar brand yang Anda bangun bisa selangkah lebih maju dibandingkan brand kompetitor. Namun, jangan sampai meniru brand milik kompetitor, ya. Cobalah untuk melakukan modifikasi dengan melihat kekurangan dari milik kompetitor. Dengan begitu, ada satu kelebihan yang bisa ditemukan pada bisnis tapi tidak ada di kompetitor lain.
Setelah mengenal literasi media sosial, apakah Anda merasa bahwa hal itu memberikan peluang besar dalam bisnis online? Tentunya para ibu-ibu bisa memanfaatkan media tersebut untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan melalui bisnis.