Manfaat Marketing Campaign untuk Sebuah Usaha

Pada dasarnya campaign merupakan sebuah upaya untuk mengenalkan suatu produk atau layanan jasa kepada masyarakat melalui berbagai media. Diantaranya bisa melalui koran, radio, iklan televise, atau bahkan media sosial. Manfaat marketing campaign pun sudah terbukti dapat meningkatkan sebuah usaha.

Ini Dia 3 Manfaat Marketing Campaign untuk Usaha Anda

Dengan perencanaan dan proses eksekusi yang matang, marketing campaign bisa memberikan banyak manfaat untuk kemajuan usaha Anda. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari marketing campaign.

1. Membantu Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat marketing campaign yang pertama adakah untuk menciptakan brand awareness. Sebuah brand akan lebih mudah berkembang dan maju jika brand tersebut bisa diterima dan selalu diingat oleh masyarakat dan konsumen lain.

Ketika Anda memilih menggunakan marketing campaign dalam bisnis Anda, maka brand produk Anda akan semakin dikenal dan populer di kalangan masyarakat. Hal ini karena memang sudah menjadi tujuan dari marketing campaign, dimana berfungsi untuk meningkatkan citra dari brand yang Anda buat.

Semakin brand Anda dikenal maka nama brand Anda akan semakin melekat dan selalu diingat oleh konsumen. Dengan begitu, usaha Anda akan semakin maju dari hari ke hari.

2. Membantu Meningkatkan Penjualan

Manfaat berikutnya yaitu dapat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan. Pasalnya, ketika Anda berhasil dalam brand awareness, maka peluang penjualan pun akan semakin besar. Itulah mengapa penting untuk merencanakan materi campaign secara matang dan maksimal sebelum melakukan sebuah campaign.

Anda bisa melakukan campaign melalui website atau platform-platform media sosial lainnya. Dengan perencanaan yang matang dan teknik yang tepat maka peluang Anda untuk meningkatkan penjualan juga akan semakin lebih besar.

Tidak hanya itu, campaign juga bisa membuat konsumen lebih tertarik untuk mengunjungi website bisnis Anda. Hal ini karena jika brand awareness Anda berhasil maka citra dan kepopulerannya pun akan meningkat. Oleh karena itu, Anda juga harus memastikan mencantumkan informasi produk secara lengkap dan jelas di dalam website bisnis tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan video atau foto testimoni, kontak atau nomor yang bisa dihubungi, dan informasi pendukung lainnya. Hal ini bertujuan untuk membantu konsumen memilih dan meyakinkan sampai akhirnya melakukan pembelian.

Manfaat marketing campaign lainnya juga bisa meningkatkan leads atau orang yang tertarik dengan bisnis Anda dan berminat untuk membeli produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan. Dan ini sangat berhubungan dengan sales atau penjualan.

Ketika leads Anda meningkat dan banyak orang yang mulai percaya dengan produk Anda maka selanjutnya Anda harus bisa memanfaatkan marketing campaign ini dengan maksimal. Jangan sampai konsumen Anda kecewa dan pada akhirnya tidak jadi melakukan pembelian.

Tahap ini hanya bisa Anda raih jika Anda berhasil membuka peluang yang mengarah pada transaksi penjualan. Pada tahap ini, minimalisir kesalahan terkait produk yang akan Anda tawarkan. Pastikan produk atau layanan Anda benar-benar sudah siap dibeli dan digunakan oleh konsumen di dalam campaign.

Agar manfaat marketing campaign ini bisa Anda dapatkan, penting untuk mempersiapkan sistem penjualan yang matang dan jika perlu berilah dukungan teknologi yang modern. Hal ini agar setiap transaksi yang terjadi dan pembukuan bisa berjalan dengan baik dan jelas terekam ke dalam sistem.

3. Menciptakan Konsumen yang Loyal

Manfaat berikutnya adalah menciptakan konsumen yang loyal. Manfaat ini bisa Anda rasakan jika Anda bisa mempertahankan konsumen yang ada dan membuat mereka tetap loyal dalam menggunakan produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan.

Pada kenyataannya, mempertahankan jauh lebih sulit daripada ketika mendapatkannya. Anda bisa saja berhasil mendapatkan banyak konsumen baru, namun Anda juga harus memikirkan cara untuk mempertahankan mereka.

Anda bisa terus mengadakan campaign yang bisa terus menarik perhatian para konsumen. Mislanya dengan sesekali mengadakan promo, games, event buy one get one, diskon, dan campaign-campaign lainnya. Dengan begitu, maka konsumen bisa tetap terikat pada bisnis Anda dan sulit untuk berpaling ke kompetitor lain.

Lantas, Bagaimana Cara Menjalankan Campaign?

Setelah mengetahui banyaknya manfaat campaign untuk usaha Anda, kini Anda juga harus mengetahui bagaimana cara untuk menjalankan campaign tersebut. Yuk simak beberapa cara berikut!

1. Atur Tujuan dan Beri Batasan

Cara yang pertama agar bisa mendapatkan manfaat marketing campaign adalah dengan mengatur tujuan dan memberi batasan dari marketing campaign. Pastikan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target pasar Anda.

2. Tentukan Batasan Kesuksesan

Batas kesuksesan di sini maksudnya ketika Anda sudah berhasil mencapai tujuan yang sudah Anda tentukan maka sebaiknya campaign Anda dihentikan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mengevaluasi campaign yang selama ini sudah Anda lakukan.

Dengan adanya evaluasi maka Anda bisa menentukan target baru yang tertarik dengan produk Anda. Di situlah Anda bisa memulai campaign marketing baru dengan brand yang baru pula.

3. Atur Dana Campaign dengan Tepat

Dana merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam sebuah campaign marketing. Anda harus benar-benar mengatur dana untuk setiap pengeluaran dengan teliti agar Anda tidak mengalami kerugian. Agar lebih aman lagi, Anda juga bisa menjalankan campaign di platform-platform gratis yang ada di beberapa media sosial.

Itulah pembahasan lengkap terkait manfaat marketing campaign sekaligus cara untuk menjalankan marketing campaign. Agar campaign Anda bisa lebih maksimal, Anda juga bisa memanfaatkan layanan email marketing yang sudah cukup terbukti bisa membantu meningkatkan penjualan.

 

Bagikan Artikel