Kampanye email marketing untuk bisnis kini banyak digalakkan oleh para pengusaha muda. Apalagi dengan berkembangnya teknologi digital yang kini makin merajai sistem penjualan yang ada di Indonesia.
Banyak pihak yang memanfaatkan segala hal yang berkaitan dengan digital menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Oleh karena itu, tak heran bila kini banyak pebisnis muda yang menggeluti bidang satu ini, kemudian memajukan online shop mereka dengan cara memasarkannya secara maya pula.
Manfaat Kampanye Email Marketing dalam Upaya Menjual Produk
Tak hanya akan menaikkan angka penjualan. Email marketing juga bisa menaikkan branding produk Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat menggunakan email marketing sebagai sarana memasarkan produk.
Email yang dapat disesuaikan/kostumisasi
Email merketing akan lebih mudah disesuaikan dalam sebuah daftar tertentu. Anda dapat mengelompokkan audiens untuk pemasaran email dalam sebuah elemen tertentu seperti salam, CTA (call to action), hingga data detail untuk email. Jika data personlisasi ini diolah dengan baik, maka pelanggan Anda akan merasa lebih diperhatikan.
Menggunakan kampanye email marketing untuk bisnis juga akan membuat Anda dapat berkomunikasi secara lansung dengan menerima email. Hal ini akan membuat hubungan Anda dan konsumen bisa terbangun secara lebih personal.
Menciptakan Bonding dengan Pelanggan
Dengan menggunakan email marketing, tak hanya bisa memanfaatkan informasi personal sebagai bahan untuk mengetahui minat mereka, Anda juga bisa menciptakan bonding agar lebih dekat. Anda bisa melakukan interaksi yang intens dan terjadi hubungan timbal-balik antara kedua belah pihak.
Praktis dan Bisa Diakses Siapa Saja
Kelebihan lainnya dari memaksimalkan kampanye email marketing untuk bisnis Anda karena pemasaran digital dengan email terasa lebih praktis. Cenderung fleksibel karena bisa dilakukan dari mana saja tanpa terhalang ruang dan waktu. Kemudahan ini dapat dirasakan bila Anda memiliki jaringan yang stabil dan mendukung.
Marketing Email Mudah Dibagikan
Melakukan email marketing, artinya Anda memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk bisa mendapatkan penawaran dan bisa membagikannya pada orang lain, Pelanggan yang membagikan email marketing Anda, secara tidak langsung adalah pendukung merek yang sedang ditawarkan.
Maka, kesempatan Anda mendapatkan pelanggan baru juga semakin besar. Hal ini jadi salah satu indikasi keberhasilan kampanye email marketing untuk bisnis Anda, dilihat dari feedback yang diterima setelah promosi diluncurkan.
Bisa Menyiasati Anggaran Dana yang Dibutuhkan
Jika koneksi internet Anda lancar, maka sebenarnya email marketing tidak menggunakan biasaya sama sekali. Anda bisa melakukan ratusan pengiriman email setiap hari tanpa ruang dan waktu yang khusus selayaknya rapat bulanan di perusahaan besar yang butuh waktu dan tempat tertentu.
Secara jangka panjang, Anda bisa menyiasati dana untuk kebutuhan online ini agar bisa dialihkan pada sesuatu yang lebih urgen lainnya. Di lain sisi, biaya kampanye tidak membutuhkan pekerjaan outsourcing, sehingga tentu akan memberikan dampak baik untuk perusahaan.
Lebih Efektif Digunakan Dibandingkan Medsos
Keunggulan lain dari kampanye email marketing untuk bisnis yakni lebih mudah digunakan dan cepat memberikan efek dalam usaha Anda. Meskipun keberadaan Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, atau Tiktok memang semakin merebak, tetapi pengguna email masih berada dalam urutan pertama.
Pasalnya, untuk bisa menggunakan platform yang disebutkan di atas, Anda tetap harus memiliki akun email aktif untuk mendaftarkan diri. Tak mengherankan bila akun email dinilai sangat efektif dalam upayanya untuk memasarkan produk.
Strategi Email Marketing yang Efektif Anda Gunakan Mulai Hari ini
Dalam mengupayakan manfaat yang optimal ketika menggunakan email marketing, di bawah ini akan dijelaskan beberapa strategis jitu yang bisa Anda lakukan mulai hari ini. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
Membuat Segmen Pasar yang Sesuai
Segmen pasar ini berkaitan dengan pelanggan yang loyal, baru, dan tidak lagu menggunakan layanan Anda. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan perilaku pembelian dan pola minat yang sesuai. Dengan langkah ini Anda bahkan bisa memantau perkembangan produk yang sedang booming dibicarakan saat ini.
Membuat Perjalanan Pelanggan (Customer Journey)
Perjalanan Pelanggan umumnya melibatkan pemecahan seluruh pengalaman pembeliannya yang nanti akan mengarah pada konversi saat melakukan transaksi. Hal ini akan jadi satu cerminan pengalaman kehidupan nyata mereka dan jadi insight baru dalam kampanye email marketing untuk bisnis Anda.
Misalkan seorang pelanggan membeli produk skincare yang sama selama dua tahun, maka hal ini akan membantu Anda dalam melakukan pemasaran yang menyesuaikan dengan perjalanan pelanggan dalam transaksi jual-beli yang ia lakukan. Lebih jauh, hal ini bisa jadi patokan untuk seluruh pemasaran saluran email marketing Anda.
Personalisasikan Pesan Kampanye Produk Anda
Personalisasi menjadi bagian dari email marketing yang sangat penting. Di dalamnya akan menghasilkan feedback sebesar 6x lebih besar jika benar-benar dikerjakan dengan baik. Pelanggan juga akan merasa lebih nyaman karena mereka dihargai dan diingat.
Hal-hal yang berkaitan dengan personalisasi email dalam upaya kampanye email marketing untuk bisnis Anda ini antara lain sebagai berikut.
- Mencantumkan alamat email balasan pada pesan yang Anda kirimkan
- Menggunakan tanda tangan asli pada email yang dikirimkan
- Mencantumkan kontak yang bisa dihubungi
Dengan melakukan personalisasi email, Anda tak akan kerepotan menemukan jenis kebutuhan konsumen, perasaan ketakutan mereka, bahkan pada sesuatu yang ingin dicapai atau dihindari. Tentu saja hal ini harus dilakukan terus menerus dan berkesinambungan.
Kemudahan informasi dan upaya untuk menggaungkan kampanye email marketing untuk bisnis kini bisa dilakukan oleh siapa saja. Pebisnis online bisa menjadikan hal ini sebagai bagian dari pemasaran yang akan menaikkan minat konsumen. Jika dilakukan dengan langkah yang tepat, bukan mustahil kesuksesan akan menghampiri Anda.