Mengapa Media Promosi Online Lebih Banyak Diminati?

Kemajuan zaman dengan seiringnya perkembangan teknologi membuat orang-orang semakin memanfaatkan teknologi dalam kesehariannya. Internet menjadi salah satu teknologi yang selalu dipakai orang-orang setiap hari bahkan setiap menit. Dan inilah yang membuat media promosi online lebih banyak diminati.

Pekerjaan, pendidikan, hobi atau sekedar membuang-buang waktu saat ini dilakukan dengan internet. Banyaknya pengguna internet ini membuat peluang bagi para pebisnis untuk mempromosikan produk mereka yang ternyata memberikan hasil yang efektif.

Alasan Media Promosi Online Lebih Banyak Diminati

Media promosi online memberikan berbagai kemudahan kepada para pebisnis. Berbagai kelebihan yang dimilikinya menjadi alasan mengapa media online lebih banyak diminati oleh para pebisnis. Berikut ini alasan media online lebih diminati sebagai sarana promosi.

  1. Dapat Menjangkau Target Konsumen yang Diinginkan

Setiap bisnis pasti memiliki target konsumen untuk produknya. Mulai dari umur, jenis kelamin, tingkat ekonomi, bahkan jenjang pendidikan. Media online dapat menjangkau pasar dengan lebih mudah, bahkan untuk target yang spesifik. Baik membuat konten sendiri maupun advertisement, keduanya bisa menjangkau pasar dengan tepat.

Jika membuat konten sendiri, Anda dapat membuat isi atau konsep konten yang disukai dan dapat menarik minat target pasar, sehingga audiens utama yang meramaikan konten Anda adalah target pasar.

Sementara, Google Ads, Instagram Ads dan semacamnya sudah memiliki fitur pilihan demografi sesuai dengan keinginan Anda. Dengan fitur ini, iklan hanya akan ditampilkan pada pengguna yang sesuai dengan demografi yang Anda pilih.

  1. Hasil Promosi Dapat Diukur

Hasil promosi di media online dapat diukur dan dianalisa dengan cepat. Berapa banyak audiens yang melihat, memberikan komentar dan like, jenis kelaminnya, dari daerah mana, jam berapa konten paling banyak ditonton dan seberapa banyak yang sampai membeli produk yang ditawarkan.

Setiap strategi yang digunakan dapat dilihat hasilnya dan sangat berguna untuk dijadikan analisis pemasaran. Strategi mana yang paling efektif untuk menarik perhatian audiens, khususnya target pasar. Dengan banyak percobaan bisa membuat Anda tahu strategi media online yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk.

  1. Promosi Bisa untuk Jangka Panjang

Alasan selanjutnya mengapa media promosi online lebih diminati karena bisa digunakan untuk jangka panjang. Keberadaan internet terus ada dan pengguna internet semakin banyak. Orang-orang pun semakin bergantung kepada internet dalam kesehariannya. Hal ini akan membuat pebisnis semakin lancar menjalankan strategi.

Promosi melalui media online bisa terus dilakukan tanpa takut gaya hidup online akan ditinggalkan. Promosi yang dilakukan di media online pun akan memiliki umur yang panjang. Bahkan jika konten atau iklan promosi itu viral atau memberikan pengaruh positif akan terus ada dan tersimpan di memori audiens.

Bagi promosi yang diunggah di akun pribadi bisa dilihat bahkan setelah bertahun-tahun dari tanggal diunggahnya. Audiens yang penasaran dengan bisnis Anda bisa melihat-lihat semua konten yang ada di akun bisnis Anda. Konten promosi tidak hanya berguna hanya untuk hari atau minggu itu saja, tetapi sampai selama akun bisnis tersebut ada.

  1. Membantu Proses Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan momok yang membingungkan sebelum digital marketing ada. Cukup sulit mengetahui kecenderungan pasar dengan metode manual untuk mendapatkan data yang valid tanpa biaya operasional yang besar. Dengan digital marketing permasalahan ini dapat diatasi.

Melalui media promosi online, pemetaan konsumen dapat dilakukan tanpa harus bepergian ke mana-mana. Proses jual beli yang terjadi di internet membuat pemetaan konsumen dapat dilakukan secara internet pula.

Anda dapat membuat klasifikasi konsumen sendiri sesuai dengan kebutuhan pasar bisnis Anda. Dan yang paling penting yaitu data yang dihasilkan valid karena diambil dari data statistik yang terus diperbaharui.

  1. Terhubung 24 Jam

Media online dapat menghubungkan Anda dan konsumen selama 24 jam. Media online sudah mempunyai fitur otomatis membalas pesan konsumen saat Anda sedang sibuk atau sudah larut malam. Namun, meskipun sudah larut malam jika Anda ingin membalasnya, Anda bisa langsung membalasnya.

Pelayanan selama 24 jam ini sangat menguntungkan untuk para konsumen ketika sedang kesulitan atau ingin bertanya tentang produk Anda bisa langsung menghubungi, lalu Anda dapat langsung meresponnya. Kecepatan merespon ini sangat bagus untuk menjaga integritas pelayanan.

  1. Biaya Lebih Murah

Salah satu hal yang menjadi alasan utama media promosi online lebih diminati selain peluang pasarnya bagus, biayanya pun murah. Biaya Instagram Ads dan Google Ads lebih murah dibandingkan biaya iklan di televisi atau billboard. Bahkan gratis jika Anda hanya melakukan promosi melalui konten di akun bisnis pribadi.

Tanpa modal pun, jika konten promosi Anda kreatif dan berhasil mendapatkan perhatian dari audiens, Anda akan mendapatkan feedback yang bagus bahkan penjualan bisa meningkat. Biaya bekerja sama dengan influencer pun bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

  1. Tingkat Pengguna Internet yang Tinggi

Pengguna internet yang tinggi di Indonesia menjadi alasan selanjutnya mengapa media promosi online lebih diminati. Menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 jiwa. Hampir setiap tahun angka tersebut terus meningkat.

Dengan banyaknya pengguna internet, maka calon konsumen pun semakin banyak. Melakukan promosi di media online pun sekaligus untuk memenuhi permintaan pasar karena sekarang orang-orang menjadikan media online bukan hanya untuk hiburan, tetapi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan hariannya.

Dari alasan-alasan di atas bisa diketahui mengapa media promosi online lebih diminati dibandingkan media promosi offline. Meskipun memiliki persaingan yang ketat, tetapi media online sangat efektif untuk promosi jika menggunakan strategi yang tepat.

Bagikan Artikel