Penting, Begini Cara Membalas Ulasan Negatif Google Maps

Cara membalas ulasan negatif Google Maps menjadi langkah yang cukup penting untuk diperhatikan terutama bagi pemilik bisnis. Meskipun sulit untuk melihat dan membaca betapa mengecewakannya tempat yang dimiliki seorang pebisnis, tetapi di balik ulasan negatif tersebut terdapat manusia yang ingin didengarkan. 

Saat menangani ulasan negatif di Google Maps, seseorang mungkin akan kebingungan tentang bagaimana cara meresponnya. Namun jika ulasan tersebut ditanggapi, maka bisa meningkatkan keyakinan pembaca bahwa pemilik tempat adalah orang yang peduli dengan pengalaman tamu atau pelanggan. 

Pentingnya Menanggapi Komentar atau Saran Negatif Google Maps

Bagi para pemilik akun GMaps yang mengklik dan membaca ulasan di sebuah tempat tentu akan memengaruhi persepsi mereka terhadap bisnis di tempat tersebut. Jadi penting untuk menyesuaikan respons pemilik akun terhadap kekhawatiran si pengulas. 

Sebagai pemilik bisnis, tujuan seseorang menanggapi komentar buruk di GMaps adalah untuk membantu, memberikan konteks, dan menyampaikan balasan dengan bijaksana. 

Balasan yang bijak ini akan membuat pengunjung di masa depan merasa bahwa tempat di Google Maps tersebut peduli terhadap pelanggan dan akan mempertimbangkan kehadirannya di lain waktu. 

Tentu saja pemilik bisnis tidak akan pernah suka dengan komentar dan saran negatif. Namun jika pemilik tempat mampu menanggapi dengan bijaksana, positif, sopan dan hormat terhadap ulasan negatif, maka orang-orang akan yakin dengan sikap peduli sang pemilik tempat. 

Itulah mengapa, membalas ulasan negatif di GMaps menjadi cukup penting. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan sikap profesional dan kepedulian terhadap keresahan pelanggan. 

Manfaat Menanggapi Ulasan di Google Maps 

Reputasi online sangat penting bagi orang-orang yang memiliki bisnis dan dapat dilacak di Google Maps. Dengan secara aktif meminta masukan dari pelanggan maka, pebisnis dapat memberikan kesan kepada calon pelanggan bahwa tempat tersebut akan selalu memberikan pengalaman terbaik. 

Baik itu pemilik restoran, hotel, vila, wahana, dan lain sebagainya, maka penting untuk mengetahui cara membalas ulasan negatif Google Maps. 

Membalas ulasan negatif bermanfaat untuk mencegah pelanggan yang tidak senang di masa depan kembali memberikan ulasan pedas kepada tempat tersebut. 

Selain itu manfaat dari respon pemilik tempat terhadap ulasan negatif, dapat meningkatkan kesadaran bisnis untuk berkembang lebih baik lagi dan menerima masukan serta saran positif. 

Cara Membalas Ulasan Negatif GMaps

Cara yang baik untuk menanggapi komentar pedas di GMaps yakni dengan mengakui rasa frustasi pelanggan atau tamu terhadap pelayanan dan kondisi di suatu tempat. 

Artinya, pemilik tempat akan memvalidasi rasa amarah dan kekecewaan pelanggan dan kedepannya, owner akan memperbaiki pelayanan yang ada. 

Kemudian, pemilik akun GMaps hendaknya mengucapkan permintaan maaf dan berfokus pada solusi untuk masalah mereka yang memberikan ulasan buruk. 

Selain permintaan maaf, pemilik bisnis melalui tim-nya bisa mengucapkan terima kasih atas ulasan negatif tersebut. 

Contoh Template Balasan GMaps Terhadap Ulasan Negatif 

“Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berbagi ulasan. Kami ingin mencoba memperbaikinya. Jika Anda ingin terhubung lebih jauh melalui email, kami akan bekerja sama dengan Anda untuk mencoba menemukan solusi. Terima kasih telah menyampaikan masalah ini kepada kami.”

“Terima kasih telah meluangkan waktu memberikan ulasan kepada kami. Masukan Anda sangat penting dan kami mengandalkan masukan dari para pelanggan untuk memastikan pelayanan terbaik kami.”

“Terima kasih dengan apa yang Anda sampaikan dan mohon maaf apabila hal ini terjadi pada Anda. Pelanggan adalah jantung bisnis kami, sehingga kami memahami Anda dan merasa kecewa dengan masalah Anda. Kami akan mencoba menemukan penyelesaian atas apa yang Anda temui dalam pelayanan kami.” 

Itulah cara membalas ulasan negatif Google Maps yang bisa dilakukan untuk menunjukkan kepedulian dan empati terhadap konsumen. Pentingnya membalas ulasan negatif yakni untuk tetap mempertahankan kualitas bisnis terhadap pelanggan. 

Temukan konten terkait pemasaran, sosial media, dan penjualaan lainnya hanya di marketingdigital.id.

Bagikan Artikel