Salah satu cara untuk bisa mengembangkan akun Instagram kita mengembangkan followers kita adalah dengan memahami insight Instagram. Tapi fitur ini sebetulnya hanya ada pada akun profesional instagram. Kita bisa belajar tentang pemasaran melalui media sosial dan sesuai dengan topik kita kali ini sebetulnya apa sih sebenarnya yang disebut dengan akun profesosional Instagram dan bagaimana cara membuatnya.
Saya yakin ini sesuatu sepele buat Anda dan mungkin anda juga sudah punya. Tapi mungkin sedikit kita sedikit kita akan bicarakan aspek ini. Akun profesional Instagram adalah sebuah fitur yang dibilang gratis dan tidak berbayar. Bedanya apa? Sebenarnya ada dua hal yang harus kita sadari terkait dengan akun Instagram yaitu ada akun personal dan ada akun profesional. Dimana akun profesional Instagram terbagi dua yaitu akun creator dan akun bisnis. Antara akun creator dan akun bisnis, apa bedanya lagi?
Perbedaan Akun Creator dan Akun Bisnis
Pada akun creator biasanya lebih pada aspek atau subjek tertentu yang sifatnya lebih pada perorangan biasanya, entah itu Anda sebagai konten kreator, selebgram, konsultan, atau yang sifatnya lebih profesional seperti agen insurance. Mungkin anda yang lebih ke artis atau make up artis,. Intinya lebih kepada yang nempel secara personal.
Sedangkan yang bisnis dimana feature bisnis biasanya lebih pada arahnya kepada brand atau entitas tertentu, yang sifatnya memang lebih kepada brand tertentu. Tetapi pada dasarnya itu adalah akun profesional. Dimana sekali itu terbagi menjadi dua ya.Mana yang paling bagus tentunya kembali kepada anda sendiri. Kalau misalnya Anda ingin membangun personal brand, tentu akun kreator. Tapi kalau misalnya Anda ingin membangun adalah bisnis, akunnya brand maka Anda harus menggunaan akun bisnis.
Perbedaan Akun Personal dan Akun Profesional
Jadi apa sih sebetulnya keuntungan dan perbedaan dari setiap fungsi, menurut saya sih tidak ada perbedaan signifikan. Karena di aspek kedua-duanya hampir semua feature terbuka semuanya kecuali ada beberapa misalnya Instagram DM automation yang hanya ada di akun bisnis, di akun kreator tidak ada.
Di akun kreator biasanya limitasi dari musik yang bisa dipakai untuk membuat konten seperti reels maupun Instagram stories itu jauh lebih banyak ketimbang akun bisnis. Jadi itu terkait dengan license tepatnya. Tapi pada dasarnya keduanya sama sebetulnya. Sedikit gambaran tentang apa sih perbedaan akun itu ya.
Fitur Pada Akun Profesional
Pada akun bisnis tepatnya, dimana akun bisnis ini Anda punya fitur ad tools yaitu tools buat iklan. Jadi iklan Anda mau di postingan yang mana, kemudian bisa Anda iklanin ke Instagram. Kemudian ada juga fitur namanya insights ini Anda bisa melihat berapa sih jangkauan dari postingan Anda, berapa orang yang berinteraksi, berapa total pertumbuhan followers dan lain-lain. Itu ada di fitur insights.
Kemudian juga ada call to action tambahan yang bisa Anda masukkan ke dalam profil Anda. Dimana kalau kita lihat di edit profile, Anda bisa perhatikan di sini ada public business information dimana Anda bisa masukin kayak pages, kategorinya, kemudian bisa dimasukkan call to action tambahan seperti email, WhatsApp, dll. Jadi ada tambahan fitur-fitur seperti itu termasuk action button yang kalau misalnya anda lebih pada kayak bisnis yang sifatnya jual makanan dan anda punya aplikasi seperti kayak grab atau go-food, Anda juga bisa pakai.
Kalau anda mungkin lebih pada kaya profesional atau arahnya bisnis tapi yang sifatnya jualnya jasa dengan sistem booking, Anda juga bisa pakai call to action “book now” dengan beberapa aplikasi-aplikasi yang mungkin Anda agak asing ya. Dari semua aspek scheduling ini saya rekomendasikan equity scheduling, karena itu jauh lebih mudah selain juga ada account free yang bisa anda pakai juga.
Jadi tidak harus berbayar tapi Anda bisa pakai fitur-fiturnya. Tapi itu contoh yang call to action book now. Kemudian juga ada reserve dimana kalau Anda ingin pakai untuk reservasi. Tapi di Indonesia saya lihat tidak terlalu banyak aplikasi yang bisa anda integrasi untuk pasar Indonesia, jadi jarang terpakai juga. Jadi lebih banyak dipakai untuk market US dan UK.
Menu Pada Akun Personal
Terlepas dari itu gimana cara anda pakai? Pada akun personal biasanya cuma ada satu menu yaitu edit profil aja. Saat Anda klik menu edit profil pilihannya cuma ada nama, username, kemudian ada juga website, bio. Di sini ada menu switch to professional account, jadi cara kita untuk bisa mengubah dari akun personal menjadi akun profesional adalah klik Instagram edit profile Anda lalu klik switch to profesionnal account.
Saat switch to profesional account, Anda bisa tinggal baca aja ya bahwa di sini Anda bisa dapat insights, reach more people dengan promotion instagram, Anda juga dapatkan call to action contact. Dari sini Anda bisa pilih kategori apa yang mau Anda buat.
Nah, demikianlah perbedaan antara akun personal dan akun profesional. Kalau Anda ingin memasang iklan maka Anda harus menggunakan akun profesional.