Perbedaan Menggunakan Paid Promote dan Instagram Ads

Lebih efektif mana antara facebook ads dengan paid promote ? Sekarang lagi booming banget dan sudah menjadi trend tersendiri untuk jualan di Instagram. Pasti Anda mencari cara untuk promosi yang paling efektif apakah menggunakan iklan di Instagram dengan atau dengan paid promote.

Pengertian Instagram Ads dan Paid Promote

Penjelasan secara singkat apa itu Instagram Ads dan apa itu paid promote. Untuk Instagram ads sendiri adalah promosi iklan berbayar dari Instagram untuk meningkatkan penjualan kita. Tujuannya untuk memperluas jangkauan olshop supaya bisa menjangkau banyak orang. Instagram ads dan untuk paid promote sendiri itu pengertiannya seperti mempromosikan produk kita di akun-akun yang sudah punya banyak followers misalkan selebgram atau artis atau juga bisa akun publik.

Persamaan Instagram Ads dan Paid Promote

Kesamaan dari Instagram Ads dan paid promote kalau mereka sama-sama untuk promosi, dan yang kedua sama sama berbayar. Ketiga, besar kecilnya biaya yang kita keluarkan tergantung kita yang pilih. Sebagai contoh, misalnya nih untuk Instagram Ads, Anda iklan di hari pertama ditentukan uang Rp.100.000 sehari untuk iklan nah jangkauannya akan lebih besar, dibanding Anda menentukan satu hari iklan Rp.50.000 itu pasti jangkauannya lebih kecil.

Jadi besar kecilnya biaya itu tergantung Anda yang menentukan. Kedua, untuk paid promote menggunakan artis biayanya bisa menghabiskan jutaan. Tapi kalau paid promote menggunakan selebgram yang belum memiliki banyak followers-nya, misalnya 10k biasanya akan jauh lebih murah. Biasanya biayanya tidak sampai Rp.300.000 atau Rp.200.000 untuk satu kali paid promote. Jadi, besar kecilnya biaya yang Anda keluarkan untuk iklan tergantung dari Anda sendiri. Nah tentunya kedua jenis promosi punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Keunggulan Instagram Ads

Sekarang kita bahas dulu kelebihan dari ads di Instagram atau beriklan di Instagram. Kelebihan yang pertama kita bisa menentukan target, misalkan target iklan yang muncul cowok semua, jadi bisa langsung tertarget. Bahkan umur dan wilayah juga bisa ditargetkan.

Itu kelebihan Instagram Ads. Kedua, besar kecilnya biaya juga tergantung dari Anda sendiri yang menentukan. Misalnya Anda mau menentukan satu hari Rp.20.000 untuk iklan perharinya. Kalau 30 hari sekitar Rp.600.000 an untuk iklan. Itu kelebihan dari ads. Jadi kita punya tolok ukur sendiri untuk mengukur pengeluaran kita. Ketiga, jangka waktunya tergantung Anda yang pilih. Misalkan, seperti contoh sebelumnya mau iklan untuk satu hari itu bisa diatur.

Kekurangan Instagram Ads

Begitu juga dengan Instagram ads memiliki kekurangan. Di sini ada tiga kekurangan dari Instagram Ads. Pertama, untuk jangkauannya besar kecilnya jangkauan itu tidak pasti, tergantung dengan besarnya biaya iklan. Juga tergantung dari bagus atau tidaknya brosur iklan yang Anda buat. Itu sangat mempengaruhi. Kedua, untuk pemula beriklan di Instagram Ads cukup sulit.

Karena pemula itu bingung bagaimana caranya orang beriklan di Instagram ads. Ada juga yang masih bertanya soal cara pembayarannya, apakah harus pakai kartu kredit atau kartu debit. Ktiga, tidak semua produk itu bisa diiklankan di Instagram ads. Karena itu sudah ada ketentuannya sendiri untuk produk-produk yang bisa diiklankan di Instagram ads.

Contohnya untuk produk fashion, produk kosmetik itu bisa diiklankan di instagram ads. Tapi untuk produk-produk dari MLM tidak bisa diiklankan. Jadi untuk produk-produk tertentu saja yang bisa diiklankan di Instagram ads.

Kelebihan Paid Promote

Begitu juga dengan paid promote, tentunya paid promote juga memiliki kelebihan. Nah di sini akan dibahas tiga kelebihan dari paid promote. Pertama, misalnya Anda sudah menemukan talent yang tepat. Anda merasa dia artis atau selebriti yang tepat untuk mengiklankan produk Anda, itu pasti nanti hasilnya akan memuaskan. Anda pasti ingin melakukan paid promote lagi disana.

Kedua, kalau pakai paid promote itu akan lebih mudah untuk kita lakukan sendiri. Karena kita tinggal menghubungi selebgramnya, lalu kita transfer uang kalau dia udah setuju. Setelah Anda transfer kemudian paid promote Anda bakal diproses oleh selebgram tersebut. Ketiga, produk yang bisa Anda promosikan itu lebih bervariasi kalau untuk paid promote.

Tidak semua selebgram itu membatasi produknya. Ada juga artis atau selebriti yang membatasi produknya, misalnya kosmetik tidak mau mempromosikan skin care. Kadang ada selebgram yang tidak membatasi sama sekali produk-produk yang mereka bisa promosikan.

Kekurangan Paid Promote

Nah, tentunya untuk sifat paid promote seperti ini juga punya kekurangan. Pertama, kekurangannya soal biaya. Kalau di paid promote, biaya ditentukan oleh talent dan bukan Anda yang menentukan berapa biayanya. Tetapi si talent, si artis atau selebgram yang menentukan berapa besarnya biaya untuk paid promote produk Anda. Kedua, targetnya kurang akurat.

Di instagram ads, Anda kita bisa menargetkan audiens, sedangkan di paid promote tidak bisa. Misalnya mau menargetkan umur berapa, gender cewek atau cowok semua. Tapi, ini kembali ke kepintaran Anda untuk memilih talent. Kalau paid promote di akun yang sudah besar, biasanya akan diberitahu jangkauannya sampai berapa juta dan dikasih lihat berapa banyak follower cewek atau cowoknya.

Bagikan Artikel