Strategi Menjaring Pelanggan Baru Lewat Media Sosial

Mempromosikan produk di media sosial adalah pendekatan yang kuat untuk memasarkan barang-barang Anda untuk menarik serta meningkatkan perhatian konsumen. Promosi yang kuat dan efektif adalah promosi yang dilakukan secara online, salah satunya melalui media sosial yang memiliki jangkauan global. Promosi media sosial telah terbukti penting dalam memasarkan produk atau layanan Anda sehingga konsumen terlibat dan bersedia membelinya. Tentu saja, ada berbagai cara unik untuk mempromosikan diri anda di media sosial demi menjaring pelanggan baru.

Strategi Penyebaran Informasi Lewat Media Sosial

Penyebaran Konten adalah Gagasan Dasar

Gunakan media sosial untuk berbagi konten tentang produk anda. Di media sosial, promosi dilakukan melalui penyebaran konten. Jenis konten apakah yang dapat mendidik target pasar Anda dalam bentuk informasi, pemasaran, atau pengetahuan? Ini adalah contoh praktis. Target pasar untuk toko yang menyediakan perlengkapan bayi, jelas adalah wanita dan keluarga yang belanja perlengkapan bayi. Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah A menjangkau pelanggan mereka? Tidak ada cara lain untuk melakukannya selain melalui substansi informasi. Toko A mungkin mengirim pesan informasi tentang produk bayi mereka.

Ya, biasa dengan menggunakan iklan untuk mempromosikan produk mereka langsung melalui iklan media sosial. Menyebarkan informasi tentang produk mereka. Misalnya, mereka memberikan informasi tentang cara memilih peralatan bayi yang aman dan sanitasi atau menyelenggarakan kompetisi dengan produk hadiah bayi. Semua metode ini digunakan oleh toko A untuk tujuan menyebarkan konten yang dapat mencapai telinga atau mata target pasar mereka. Lalu ada kemungkinan bahwa target pasar sebelumnya adalah toko konsumen A.

Menyelenggarakan Kontes/Kuis

Strategi efektif menggunakan media sosial untuk beriklan secara online diantaranya adalah menggunakan media sosial untuk menyelenggarakan kontes dan kuis. Kontes ini adalah salah satu cara yang paling efektif dalam hal mempromosikan sesuatu di media sosial, baik itu produk atau layanan. Kontes ini menarik untuk diikuti karena memiliki potensi untuk mengangkat citra positif dari target pasar Anda. Karena kontes hampir selalu mencakup hadiah, dan orang-orang menikmati memenangkan hadiah. Tentu saja, Anda  perlu menjalankan kontes yang terhubung dengan hal-hal yang Anda tawarkan.

Misalnya, jika Anda ingin menjual produk seperti tas di Facebook:

  • Anda harus membuat kuis untuk memamerkan produk tas Anda. Hasil kuis memiliki pengaruh yang cukup dalam upaya untuk meningkatkan penjualan.
  • Menggunakan media sosial untuk berbagi pengetahuan atau informasi produk

Berbagi Pengetahuan / Informasi

Selain menyelenggarakan kontes atau kuis, maka berbagi pengetahuan / informasi tentang produk anda di media sosial adalah strategi inovatif lain untuk mengiklankannya. Ada berbagi konten di sana sekali lagi, tetapi kali ini adalah konten yang dapat mengundang interaksi dari konsumen target mereka.

Kami dapat menggunakan media sosial dalam berbagai metode kreatif untuk mengkomunikasikan pengetahuan, seperti :

  • Membagikan saran tentang cara menggunakan produk anda melalui buklet khusus yang diterbitkan di Facebook/Twitter.
  • Mendistribusikan instruksi video tentang cara menggunakan produk Anda.

Banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda dengan informasi media dan berbagi pengetahuan di media sosial. Selain itu, kemampuan beriklan di berbagai platform media sosial sudah tersedia untuk membantu Anda, orang-orang bisnis, melalui internet. Untuk saat ini, intip Facebook, di mana Anda dapat menemukan berbagai jenis iklan.

Membayar Influencer

Anda dapat mensponsori akun media sosial yang memiliki banyak pengikut selain menggunakan alat iklan yang sudah tersedia di jejaring sosial. Anda dapat menggunakan akun media sosial dengan sejumlah besar pengikut sebagai sarana untuk menyebarkan informasi promosi tentang produk yang Anda jual dengan menjadi sponsor di akun yang memiliki banyak pengikut.

Bergabung Dengan Komunitas

Media sosial adalah lokasi di mana orang berkumpul, dan sering digunakan untuk menyatukan orang-orang yang memiliki minat dan kegiatan yang sama, membentuk komunitas atau kelompok. Sebagai pebisnis, kehadiran kelompok dan komunitas ini mungkin menjadi sasaran empuk bagi Anda untuk menjual produk anda. Bisnis lain memanfaatkan kehadiran grup ini untuk menjual produk mereka, baik itu layanan hosting, layanan desain, layanan penulisan artikel, atau produk lain yang terkait dengan tuntutan blogger.

Pasti ada komunitas seperti ini di berbagai platform media sosial, dan tugas Anda sebagai pebisnis adalah bergabung dengan grup/komunitas dan memasarkan produk anda di sana. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa promosi komunitas harus dilakukan melalui soft selling daripada promosi terbuka.

 

Bagikan Artikel