Teknik Dasar Pemasaran Menggunakan Iklan Facebook

Ada banyak media sosial yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis yang anda jalankan. Tetapi di antara berbagai platform media sosial yang tersedia, Facebook adalah salah satu opsi terbaik dan paling efisien. Facebook juga menawarkan layanan iklan, yang kami disebut dengan facebook ads. Jika Anda adalah pemilik bisnis, apa hal pertama yang terlintas dalam pikiran Anda ketika Anda memikirkan jumlah orang Indonesia yang menggunakan Facebook? Ya, benar.

Teknik Dasar Pemasaran Menggunakan Iklan Facebook

Facebook adalah platform yang bagus untuk mengiklankan bisnis anda. Anda dapat menjangkau hampir semua penduduk Indonesia dengan hanya menggunakan satu platform. Iklan menggunakan Facebook ads memang memberikan manfaat besar bagi bisnis anda. Banyak perusahaan telah berhasil melakukannya dengan cara ini, namun mereka juga gagal mempromosikan melalui Facebook ads. Anda tidak ingin ini terjadi pada bisnis Anda, bukan?

Faktor Penentu Keberhasilan Iklan

Tentukan Tujuan Iklan

Hal pertama yang harus Anda selesaikan sebelum membuat iklan adalah memutuskan tujuan yang ingin Anda capai dengan membuat iklan anda. Jika Anda mendaftar untuk menggunakan Iklan Facebook, Anda juga akan diminta untuk memasukkan tujuan iklan. Iklan Facebook menyediakan tujuan iklan dalam tiga kategori yaitu kesadaran, pertimbangan, dan konversi. Pilih tujuan yang ingin Anda capai. Misalnya, jika tujuan iklan Anda adalah meningkatkan jumlah kunjungan situs web maka Anda dapat memilih kategori yang ingin Anda fokuskan.

Mementukan Target

Salah satu manfaat iklan Facebook adalah bahwa ia menawarkan produk atau layanan kepada khalayak yang lebih luas. Misalnya, jika Anda menjual obat jerawat untuk wanita dari segala usia dan toko Anda berlokasi di Bandung, maka :
Umur: 25 – 45 tahun
Jenis Kelamin: Perempuan
Lokasi: Bandung
Minat: kesehatan
Jenis: kecantikan
Perilaku: pengguna ponsel android.

Anda dapat membuat kriteria pembeli yang lebih bertarget. Semakin spesifik Anda tahu tentang setiap aspek target pasar anda, semakin efektif target Anda.

Buat Konten Iklan yang Menarik

Konten memainkan peran pada keberhasilan atau kurangnya keberhasilan iklan. Konten juga dapat menjadi faktor kesediaan pemirsa untuk mengambil tindakan seperti komentar, berbagi, atau membeli. Jadi, Anda perlu mengembangkan konten yang menarik perhatian orang-orang untuk membeli produk atau layanan yang Anda berikan. Bagaimana Anda bisa membuat konten yang menarik untuk dapat membuat konten yang menarik untuk Iklan Facebook? Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buat Konten Visual

Mayoritas orang lebih cenderung melihat foto dan video daripada teks karena konten visual lebih mudah dibagikan, lebih mudah diingat dan tentu saja lebih menghibur daripada tulisan. Setelah melihat iklan, apakah menurut Anda orang yang melihatnya akan mengingat merek Anda? Terutama penggunaan gambar dan warna.

Perhatikan Relevansi Konten

Relevansi sangat penting dalam keberhasilan iklan Anda penting untuk menjalin hubungan dengan audiens target. Jika konten yang Anda kembangkan sesuai dengan tujuan iklan yang ingin Anda capai, ini akan membantu menciptakan kepercayaan pada iklan Anda dan membuat mereka tertarik dengan produk atau layanan yang Anda berikan.

Buat Judul yang Menarik

Judul adalah hal pertama yang akan dilihat audiens target Anda ketika mereka menemukan iklan anda. Anda harus dapat membuat judul iklan yang menarik untuk memastikan bahwa mereka tertarik dengan produk tersebut. Tips untuk membuat Headline menarik:

Facebook ads merupakan gabungan dari berbagai faktor termasuk copywriting. Keberhasilan iklan Anda akan ditentukan oleh banyak faktor tersebut. Untuk menghemat biaya, Anda bisa melakukan split test, yaitu iklan dengan biaya rendah untuk menguji efektivitas metode Anda. Jika sudha berhasil, Anda bisa meningkatkan skalanya.

Bagikan Artikel