Alasan orang menggunakan media sosial, selain mendapatkan wawasan dan berita terbaru, tentu saja, digunakan untuk berbagi momen dalam hidup Anda. Banyak foto, seperti foto liburan, foto kelulusan atau pernikahan, kelahiran atau hanya selfie untuk mengekspresikan cinta diri dapat dibagikan di media sosial. Namun media sosial juga digunakan oleh pebisnis untuk mengiklankan produk mereka.
Banyak profesional bisnis yang menghasilkan pendapatan besar dari menjual produk melalui media sosial. Tapi, tahukah Anda ada waktu yang paling tepat untuk berbagi atau mengunggah konten ke media sosial? Waktu yang ideal untuk mengunggah konten adalah meningkatkan keterlibatan dan menarik perhatian pengikut Anda.
Waktu Ideal Untuk Posting
Jika Anda menggunakan Instagram sebagai alat untuk beriklan untuk bisnis Anda, penting untuk menentukan waktu yang tepat untuk memposting. Waktu yang paling ideal untuk memposting adalah saat makan siang, yang berlangsung dari jam 11 pagi sampai jam 1 siang, dan setelah jam kerja dari jam 7 sampai jam 9 malam setelah jam 9 malam. Pada jam makan siang tidak jarang orang meluangkan waktu sambil makan siang dan berselancar di akun media sosial mereka terutama Instagram.
Misalnya, untuk mencari informasi baru atau untuk bersantai. Di malam hari, setelah bekerja ada banyak orang yang melihat timeline ketika mereka tiba di rumah, terutama bagi mereka yang terjebak dalam lalu lintas atau yang kembali ke rumah menggunakan transportasi umum. Selain itu setelah Anda duduk di sofa atau di tempat tidur, seseorang biasanya akan menelusuri Instagram untuk menyegarkan pikiran mereka selama beberapa menit. Selain itu, hari-hari yang dianggap ideal untuk memposting konten di Instagram adalah hari Rabu, Senin, dan Kamis.
Hari Minggu dianggap sebagai hari yang paling tidak ideal untuk diunggah. Pada hari Sabtu jam 5 sore adalah waktu yang tepat untuk menulis. Coba posting mulailah hari ini sekitar pukul 5:45, karena hal pertama yang dilakukan orang adalah memeriksa ponsel mereka.
Waktu yang ideal untuk memposting apa pun di Facebook adalah antara jam 1 siang dan 4 sore. Ini karena sebagian besar pengguna ada di komputer mereka untuk memeriksa Facebook saat istirahat di tempat kerja. Kamis jumat, sabtu dan Minggu diyakini sebagai waktu yang paling cocok untuk memposting di Facebook. Untuk hari Minggu jam 3 sore adalah waktu yang ideal untuk memposting.
Namun, Selasa dianggap sebagai hari tersulit untuk memposting konten di Facebook. Hebatnya, seperti dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh Unmetric menemukan bahwa jumlah interaksi paling banyak per posting merek adalah pada hari Rabu, ketika setiap brand telah memposting lebih banyak posting rata-rata hari itu. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan keterlibatan Anda , Anda harus membuat posting Anda pada hari Rabu.
Berlawanan dengan Instagram Atau Facebook, Twitter dapat digambarkan sebagai akun atau buku harian. Beberapa pengguna tweet lebih dari tiga atau dua kali dalam 10 menit, terlepas dari apakah mereka membuat pembaruan status, membalas sebutan, mengutip tweet atau hanya untuk me-retweet. Dengan demikian, aktivitas Tweet Twitter umumnya lebih cepat daripada platform lain. Sangat penting untuk mengetahui kapan waktu yang ideal untuk berbagi informasi di Twitter.
Waktu terbaik untuk membuat posting di Twitter adalah antara waktu makan siang antara Senin dan Jumat yang berlangsung antara pukul 12 dan 1 siang. Hari-hari kerja dianggap memiliki kecenderungan untuk menerima Keterlibatan paling banyak . Selain itu, waktu antara jam 5 dan 6 sore dianggap sebagai waktu yang ideal untuk memposting karena sudah waktunya setelah bekerja ketika banyak orang mulai memeriksa jejaring sosial mereka.
LinkedIn adalah jaringan profesional online, yang biasanya digunakan oleh perekrut, karyawan, serta profesional bisnis. Jadi, waktu yang ideal untuk mempublikasikan ke LinkedIn adalah antara jam 10 pagi antara 11 dan 10 pagi karena LinkedIn sering digunakan oleh para profesional selama jam kantor. Selasa, Rabu dan Kamis dianggap sebagai hari paling produktif untuk memposting . Di sisi lain, akhir pekan dan setelah jam kerja adalah saat yang paling sulit untuk mencapai Keterlibatan paling banyak untuk konten yang diunggah.
Hal harus anda perhatikan adalah fakta bahwa waktu paling efektif untuk mengunggah konten bukanlah hal yang penting. Bukan hal yang aneh melihat postingan yang sudah lama datang meski hanya satu minggu atau sebulan, muncul di timeline LinkedIn. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa algoritmanya dirancang oleh LinkedIn untuk menawarkan prioritas utama pada konten yang berkualitas tinggi dan mampu memicu percakapan dan keterlibatan. Konten berkualitas tinggi dapat dilihat lebih lama ketika muncul di timeline Anda.
Youtube
Banyak orang, terutama milenial, ada di YouTube. Karena bagi sebagian orang menyenangkan berada di depan kamera untuk membahas topik tertentu dan kemudian mendapatkan uang. Dengan cara lain, itu melalui unboxing, ulasan video produk, vlog meriah dan sebagainya dan menarik anak-anak untuk menonton pada platform ini. Jadi, penting untuk mengetahui waktu terbaik untuk mempublikasikan di Youtube.
Dari jam 12 siang hingga jam 4 sore dianggap sebagai momen ideal untuk memposting video ke Youtube. Ini disebabkan oleh fakta bahwa sebagian besar pengguna menonton video di sore hari terlepas dari apakah mereka sedang bekerja atau melakukan kegiatan lain. Hari-hari Kamis, Jumat dan Sabtu dianggap sebagai hari yang paling ideal untuk mempublikasikan video di Youtube. Tapi, Sabtu dan Minggu dianggap sebagai waktu terbaik untuk menerima Jumlah penayangan yang baik, karena kebanyakan orang bersantai di akhir pekan melalui Youtube. Anda harus memposting dari jam 9-11 pagi.
Kesimpulan
Terlepas dari poin-poin yang disebutkan sebelumnya, Anda harus mempertimbangkan zona waktu setiap platform dan sebagian besar lokasi audiens Anda di setiap platform. Di samping menguji waktu paling efektif yang disebutkan dalam paragraf di atas, merupakan ide bagus untuk bereksperimen dan menguji posting pada waktu yang berbeda, dengan mengubah preferensi pengikut di setiap media sosial. Sambil memperhatikan waktu yang Anda posting, perhatikan konten yang Anda unggah. Karena konten yang berkualitas tinggi akan terus menarik perhatian pengguna dan akan memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi, tidak peduli waktu yang paling tepat untuk mengunggahnya.