5 Cara Membentuk Brand Identity Kuat bagi Bisnis Anda

Dalam pemasaran digital, kita kerap mendengar sebutan brand awareness. Salah sebuah langkah untuk meningkatkan brand awareness ini ialah dengan memperkuat brand identity dari bisnis Anda. Ya, dapat dikatakan brand identity ini amat perlu untuk membuat pemahaman masyarakat terhadap bisnis yang Anda miliki. Lantas bagaimana cara membentuk brand identity?

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang panduan membentuk brand identity dari bisnis Anda, Anda pun mesti memahami terlebih dahulu apa itu brand identity. Brand identity atau identitas merk ini ialah kumpulan dari semua komponen yang dibuat perusahaan untuk memvisualisasikan citra yang tepat dari merk mereka buat para konsumennya.

Saat bisnis atau perusahaan mempunyai brand identity yang kuat, maka merk itu akan dengan gampang dikenal oleh masyarakat. Malah masyarakat pun bisa saja jadi amat setia terhadap merk Anda, karena merasa mempunyai pemahaman yang bagus terhadap merk atau bisnis Anda. Brand identity ini pun bisa jadi pembanding dari pesaing bisnis Anda.

Tips Membentuk Brand Identity Kuat pada Bisnis

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk membentuk kekuatan dari brand identity bisnis Anda, yakni:

  1. Riset pasar

Riset pasar merupakan hal yang mesti dilakukan oleh brand, sebelum mulai perencanaan strategi dalam membentuk identitas merk bisnis Anda. Anda mesti memahami siapa target pasar brand Anda.

Anda bisa mencari tahu bagaimana konsumen melihat produk atau jasa yang Anda jual. Lantas, analisa pesaing bisnis Anda, guna mengenali bagaimana strategi mereka dalam menarik konsumen dan mengembangkan bisnisnya. Dengan ini, Anda juga mengetahui mengenai strategi apa yang tepat untuk dapat membentuk identitas merk bisnis Anda.

  1. Ciptakan karakter dan nilai dari brand Anda

Karakter dan nilai yang ditampilkan oleh brand Anda akan berpengaruh terhadap komunikasi yang digunakan pada materi pemasaran atau jenis komunikasi yang lain. Ini pun akan mempengaruhi bagaimana pemahaman masyarakat melihat brand Anda.

Anda mesti dapat memilih karakter dan nilai yang hendak disampaikan pada konsumen setia. Ini akan jadi dasar utama dalam membentuk brand identity.

  1. Citra yang unik

Manusia barangkali akan lebih mudah mengingat suatu hal yang ‘berbeda’ atau unik. Nah, Anda bisa membuat citra yang unik dari brand Anda, seperti lewat gambar yang ikonik, slogan yang memikat dan yang lain.

Ingat juga bila citra pertama merupakan hal utama. Maka Anda mesti bisa menjadikan calon konsumen Anda terpikat di waktu-waktu pertama itu.

  1. Bentuk brand yang memikat

Dapat dikatakan ini masih berhubungan dengan citra unik yang Anda mesti tampilkan. Sebab, berbicara masalah identitas, tentunya terdapat hubungannya dengan semua desain terkait brand, seperti logo, situs, media sosial, packaging dan yang lain.

Anda mesti memastikan kalau semua desain brand ini bisa membentuk identitas yang serasi, baik pada sisi warna, tipografi, bentuk, dan lain-lain.

  1. Konsistensi

Sesudah semua komponen dari identitas merek Anda telah dibuat sebegitu rupa, maka pastikan bila semuanya tak berubah-ubah atau konsisten. Karena, konsistensi ini adalah hal yang akan menunjang konsumen untuk tetap mengingat brand Anda.

Jika Anda membuat desain, menyajikan citra atau cara promosi yang selalu berubah-ubah, maka akan susah buat banyak orang, tak terkecuali konsumen setia Anda buat ingat merk Anda.

Keutamaan Brand Identity yang Kuat

Sebagaimana yang telah diulas di atas, kalau brand identity ini amat perlu untuk bisnis alias merk Anda. Berikut keterangannya:

  • Membentuk kesetiaan konsumen; brand identity ini akan membentuk kesetiaan dari konsumen Anda dan kepercayaan mereka terhadap merk Ini karena konsumen merasa ‘terhubung’ dan mempunyai pemahaman baik dengan buatan atau merk Anda tersebut.
  • Gampang dikenal; saat Anda mempunyai identitas yang lain dari lainnya dan menarik, tentu saja merk atau bisnis Anda akan jadi gampang dikenal oleh konsumen setia. Adakalanya pula konsumen setia lebih milih membeli buatan yang mereka telah akrab, sehingga ini juga akan berhubungan dengan taraf penjualan.
  • Lebih gampang berkompetisi dengan pesaing; saat brand identity Anda kuat, mempunyai kekhasan tertentu yang memikat untuk konsumen setia, maka Anda dapat semakin gampang berkompetisi dengan pesaing, malah bisa lebih baik.
  • Tingkatkan keuntungan; lagi-lagi, berhubungan dengan bersama brand identity ini tentunya akan berhubungan dengan kenaikan penjualan dan pula keuntungan bisnis Anda. Bila kredibilitas brand Anda baik, pelanggan juga setia, maka pelanggan baru juga akan banyak yang datang. Hal ini tentu saja akan tingkatkan keuntungan bisnis Anda.

Itu tadi berbagai hal berhubungan dengan pentingnya brand identity dan pula panduan untuk membentuk brand identity yang kuat bagi bisnis yang Anda jalankan.

Bagikan Artikel