Dunia podcast Indonesia tengah populer saat ini. Karena kehebatan tehnologi, orang sekarang dapat memperoleh beragam info unik terkini segampang mendengarkan podcast online saja.
Tentunya kita pun dapat menggunakan teknologi itu untuk memasarkan bisnis online. Tetapi permasalahannya ialah “bagaimana cara membuat podcast bisnis yang disukai banyak orang”?
ingin supaya podcast bisnis Anda didengarkan sebanyak mungkin pirsawan online? Gampang saja! Langsung lakukan 8 panduan podcast sukses berikut ini:
1. Cari dan Kenali Target Pendengar
Podcast Indonesia merupakan komunitas yang luas. Terdapat bermacam jenis, tema dan ulasan yang ada di dunia podcast Indonesia. Maka dari itu, perlu untuk Anda guna meriset terlebih dulu siapa sajakah sasaran pendengar podcast bisnis Anda.
Tahapan ini mesti dilaksanakan pertama kalinya sesaat akan membuat podcast. dengan mengenali siapa sasaran pendengar, dengan sendirinya Anda dapat semakin gampang dalam membuat isi konten lantas memasarkannya.
Ada sejumlah platform terkenal distribusi podcast Indonesia yang dapat Anda jajal seperti Spotify, iTunes, dan Joox.
2. Masukan Kata kunci ke Podcast
Podcast Anda tak mungkin dapat diketemukan demikian saja oleh pendengar. Balik kembali, terdapat beberapa ribu malah juta-an rekaman yang beredar dalam kanal podcast Indonesia.
Karena itulah Anda harus masukkan beberapa keyword yang berkaitan dengan penelusuran konsumen ke dalam judul atau deskripsi podcast bisnis.
Pemakaian kata kunci dalam judul podcast lebih kurang sama dengan penggunaan kata kunci pada judul artikel, website, atau video YouTube. Kata kunci akan menunjang search engine menyamakan kemauan audience dengan konten Anda.
3. Masukan Transkrip Podcast
Transkrip rekaman terbukti efektif menunjang sistem Google mengerti isi podcast secara terperinci. Anda pun dapat menyisipkan beberapa keyword pilihan ke transkrip agar file podcast dapat semakin terdongkrak secara SEO Google.
Sebenarnya Google menyediakan fitur pembuat transkrip audio otomatis. Namun sayang kualitas transkrip otomatis tak sebaik dan sealami transkrip bikinan sendiri (dibuat oleh manusia).
Menyediakan transkrip memang akan terasa menyulitkan, tetapi pendengar Anda akan lebih enak dan senang memerhatikan podcast yang diperlengkapi transkrip. Mereka tak usah takut tertinggal ulasan atau kesusahan mengerti percakapan dengan dukungan transkrip.
4. Tetapkan Topik dan Susunan Alur Pembicaraan
Tidak sedikit masyarakat pemula menduga podcast hanya rekaman pembicaraan umum yang mengalir demikian saja. Sebenarnya tak begitu. Suatu podcast sukses mesti memiliki topik dan tema pembicaraan yang diatur secara runut (terancang).
Tentunya Anda sendiri pun akan kebingungan bila mendengar pembicaraan yang tidak terang alurnya, kan? Buat meminimalkan ketidaktahuan pendengar, akan lebih bagus bila podcast diatur secara detil dari sejak awalnya sampai akhir.
5. Sisipkan Promosi Halus atau Tersembunyi (Soft Selling Strategy)
Anda bisa mempromokan bisnis, produk maupun jasa dalam babak podcast. Namun ingat-ingatlah untuk membuat promo itu halus dan tersembunyi. Bila tidak, maka pendengar akan menganggap jika mereka sedang mengikuti iklan.
Promo dapat disembunyikan pada bagian akhir podcast supaya tak mengganggu. ada pula yang memadukan promo produk dan jasa dengan narasi. Seumpama Anda menerangkan keunggulan bisnis melalui kisah testimoni pembicara dalam podcast. konsumen umumnya lebih yakin dan terpikat dengan produk sesudah mendengar testimoninya.
6. Promokan Podcast ke Medsos dan Melacak
Salah sebuah tanda podcast berhasil tampak dari jumlahnya orang yang membagikan ke media sosial. Makin banyak engagement (like, komentar dan sharing) di media sosial, berarti makin baik.
Tidak boleh ragu untuk mempromokan podcast melalui akun-akun medsos olshop agar populer lebih cepat dan luas. Anda dapat meriset lagi kondisi dan situasi sasaran pendengar dari tiap-tiap media sosial. Seumpama jumlah penggemar podcast datang lebih banyak dari Facebook, jadi mengencangkan promo pada medsos itu.
7. Masukan Metadata ke Podcast
Janganlah lupa masukan metadata ke podcast Anda agar podcast dapat menempati peringkat 1 dalam hasil pencarian Google.
Metadata merupakan ruangan tertentu yang berisi info detail tambahan berhubungan dengan podcast. Menyematkan metadata amat mudah! Anda cuma butuh masukkan tag-tag tema atau jenis yang selaras dengan isi podcast. Umpamanya tag tema olehraga, kesehatan, bisnis dan lain sebagainya.
8. Terus Meminta Ulasan atau Masukan
Tidak sedikit platform podcast menyediakan halaman ulasan yang dapat diisi pendengar. Mereka leluasa menilai dari 1 sampai 5 berhubungan dengan kualitas podcast. kini sistem Google amat menghargai ulasan pemakai. Ulasan akan jadi ‘bukti sosial’ yang menunjukkan kualitas asli dari suatu konten, baik ataupun jelek. Akhirnya calon pendengar baru bisa menimbang apa podcast pilihan mereka cocok dengan keperluan ataukah tak.
Maka dari itu, Anda harus berikan motivasi pendengar untuk terus meninggalkan ulasan dan masukan pada tiap-tiap episode podcast. Anda dapat membubuhkan ajakan yang menstimulus diakhir rekaman seperti “Janganlah lupa meninggalkan komentar anda, ya!” atau “Senang dengan pembicaraan ini? Silakan tinggalkan like anda ya!”
Makin banyak ulasan baik yang dapat podcast Anda capai dengan sendirinya akan makin bagus juga kualitas kanal podcast Anda di mata pemirsa.
Itu tadi 8 cara membuat podcast sukses buat mempromosikan bisnis. Tak susah ‘kan tips-tipsnya? Saat ini Anda langsung bisa mulai mengerjakan podcast promo dan kesempatan omzet besar dari pemasaran online!