Apa Saja Sih Kategori Digital Marketing Bagi Perusahaan?

Pemasaran digital memiliki peran penting bagi lajunya perusahaan. Hal ini berkaitan dengan keberadaan perusahaan di era digital. Sebagai individu yang mengisi era digital, perusahaan perlu ikut mengimbangi strategi yang digunakan di era tersebut.

Kategori digital marketing bagi perusahaan termasuk bervariasi. Mengingat setiap perusahaan dapat menyasar banyak pengguna platform. Tetapi ada juga yang memiliki kategori tertentu dalam penggunaannya. Selain karena brand, hal ini karena persaingan yang masif dan tidak bisa ditebak. Berikut ini beberapa kategorinya.

Memaksimalkan Pengguna Internet

Penggunaan internet yang dimaksud ialah penggunaan pada platform digital yang digunakan. Internet sendiri berarti jejaring dunia maya yang menghubungkan antara individu dan kelompok dalam berbagai aktivitas. Aktivitas inilah yang kemudian menjadi kategori  digital marketing.

 Alasannya ialah sejak tahun 2019, pengguna internet menunjukkan peningkatan kurang lebih 13 persen di Indonesia. Sedangkan pengguna media sosial di tahun 2021 menunjukkan lebih dari separuh jumlah penduduk Indonesia, yakni kurang lebih 170 juta dari 274,9 juta dari lansiran laporan media sosial Hootsuite.

Tidak Hanya Terpaku pada Satu Jenis Campaign

Karena penggunaan internet mencapai lebih dari jumlah penduduk Indonesia, bukan berarti kategori digital marketing yang dipakai cukup satu saja. Anda bisa menggunakan lebih dari satu jenis campaign saja. Anda bisa menggunakan lebih dari satu dan menautkannya.

Beberapa jenis digital campaign yang dapat Anda gunakan ialah menggunakan SEO, SEM, PPC, E-mail, viral marketing, dan platform media sosial. Beberapa jenis ini dapat dimaksimalkan dengan sistem kerja crawling, indexing, dan retrieval.

Jenis Search Engine Lebih Diminati

Kategori digital marketing selanjutnya adalah penggunaan search engine. Search engine ini bekerja dengan mengoptimalkan apa kata kunci yang sedang dicari oleh pengguna. Apa yang dicari pengguna biasanya akan tampak di halaman awal pencarian.

Dengan mengoptimalkan kata kerja, marketing lebih mudah dilakukan. Namun ini bukan berarti tidak banyak pesaingnya. Karena ada pemaksimalan search engine dengan menggunakan iklan google ads. Sehingga halaman lebih unggul di atas meskipun membahas bahasan yang sama.

Mampu Melakukan Crawling, Indexing, dan Retrieval

Ketika marketing digital menggunakan sistem search engine, kategori yang diminta ialah mampu melakukan crawling, indexing, dan retrieval. Ketiganya saling berkaitan satu sama lain. Cara kerja ini sebenarnya merupakan fungsi dari search engine-nya.

Crawling merupakan fungsi search engine yang pertama. Yakni mengakuisisi/ pengambilalihan data dari web. Cara kerjanya melakukan scanning dengan detail data yang berbeda dalam bentuk gambar, judul, internal link, pada beberapa jumlah web. Tujuan akhirnya untuk menghindari duplikasi konten serupa.

Kategori digital marketing selanjutnya pada fungsi indexing. Setelah proses crawling selesai, maka indexing bekerja sebagaimana search engine. Maksudnya ialah seperti Anda mengumpulkan sejumlah kata kunci serupa dalam berbagai judul. Maka tidak heran jika ada banyak referensi saat Anda mencari kata tertentu.

Pada tahap tersebut sangat menguntungkan jika marketing diupayakan dari segi kata kunci serupa. Apalagi pada fungsi selanjutnya search engine melakukan retrieval dan ranking. Permintaan pencarian akan ditampilkan sesuai alogaritma perusahaan engine.

Viral Marketing sebagai Bagian Kategori Digital Marketing

Perusahaan search engine tidak hanya google saja, tetapi juga Yahoo, dan search engine lainnya. Anda dapat menjadikan viral marketing sebagai digital marketing. Kesempatan menggunakan berbagai search engine menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan.

Keuntungan yang dimaksud ialah karena setiap search engine memiliki sistem alogaritma yang berbeda. Makanya tidak heran jika kata kunci yang ditampilkan dapat berbeda-beda letak muncul saat Anda mencari informasi.

Anda dapat mempelajari masing-masing karakteristik search engine untuk memaksimalkan marketing. Contohnya Google memberikan informasi dengan satu kata kunci klik. Dengan satu kata kunci ini google langsung menampilkan berbagai macam hasil, baik berupa gambar, video, website, dan media sosial.

Sebagai pembanding search engine, Yahoo memiliki perbedaan dari segi keyword yang diberikan. Keyword Yahoo lebih bersifat khusus. Artinya Yahoo memperhatikan keyword yang digunakan saat pencarian. Sedangkan Google tidak. Google peduli dengan popularitas sedangkan Yahoo tidak memperhatikan popularitas domain.

Lalu Bagaimana Viral Marketing Bekerja pada Search Engine

Karena kategori digital marketing cukup luas, maka viral marketingnya dapat bekerja sesuai dengan search engine yang digunakan. Anda dapat memaksimalkan berbagai macam search engine. Atau dapat memaksimalkan dari segi penggunaan konten marketing.

Konten marketing dapat dikemas dengan memanfaatkan website, pemasangan iklan secara persuasif atau pay per click. Dapat juga menggunakan bahasa persuasif pada konten yang Anda buat. Uraian yang Anda berikan dapat menarik perhatian pembaca dan penggunaan internet.

Kategori Media Sosial sebagai Digital Marketing

Selain itu, dapat juga menggunakan media sosial. Mem-viralkan secara organik dapat dilakukan dengan bantuan tagar yang dibuat banyak orang bahkan telah memiliki banyak pengguna. Anda dapat memanfaatkan hal ini.

Dapat juga dengan mengikuti trend. Trend dan fenomena yang dibagikan dapat memudahkan orang untuk tertarik dengan perusahaan Anda. Salah satunya yang menunjukkan hal ini ialah platform TikTok. TikTok bukanlah media sosial, melainkan termasuk dalam distributor platform. Sehingga dapat membagikan yang sedang viral.

Distributor Platform dapat Jadi Andalan Digital Marketing

Platform juga mampu membantu viral marketing. Contohnya TikTok punya sistem alogaritma tersendiri, akan membagikan dan menginformasikan sesuatu yang sedang berkembang. Tetapi bukan hanya TikTok saja, platform lainnya juga bisa, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Media sosial lebih dari sekedar bersosial, termasuk yang disebut sebelumnya memiliki kategori digital marketing. Sebab memiliki vitur dan layanan mengiklankan. Dengan mengaktifkan layanan ini, maka Anda dapat memunculkan iklan di beranda orang lain secara otomatis.

Itulah beberapa kategori digital marketing yang bisa Anda pelajari dan maksimalkan untuk keperluan marketing Anda. Pelajari satu-satu dan ikut panduan pengguna akan memberikan hasil maksimal. Jangan sampai hanya sekedar share lalu tidak memperhatikan kualitas brand perusahaan Anda.

 

Bagikan Artikel