Dalam hitungan sekian hari ke depan kita akan menyongsong tibanya bulan Ramadhan dengan menjalani ibadah puasa. Ini waktunya anda mulai memikirkan kampanye apa yang perlu anda lakukan untuk mempromosikan bisnis anda di bulan Ramadhan. Meskipun bisnis anda tak berhubungan dengan keperluan selama menjalankan puasa dan merayakan Idul Fitri, anda masih dapat mengemasnya sesuai dengan tema Ramadhan.
Dengan menggunakan momen Ramadhan ini anda dapat menarik perhatian target audience dari bisnis anda. Berikut ini 8 strategi efektif yang dapat anda aplikasikan untuk menjalankan digital marketing di bulan Ramadhan.
- Pastikan Siapa Target Audience
Pelajari apa yang audience anda ingini di bulan Ramadan ini. Sajikan beberapa konten yang bisa memotivasi untuk mengerjakan kebaikan. Pelajari insight untuk memilih kata kunci apa yang kerap dicari oleh audience anda. Selaraskan konten yang anda buat dengan apa yang diperlukan oleh audience anda. Amati apa yang jadi tren sekarang lewat Google Trend atau periksa secara periodik di pencarian Google untuk menyesuaikan kata kunci yang diperlukan.
- Adakan Promo Diskon Spesial Ramadhan
Bila bisnis anda berkecimpung di bagian penjualan produk atau pelayanan jasa, anda dapat menggunakan momen ini dengan menyelenggarakan promo diskon khusus Ramadhan. Tentukanlah jenis produk ataupun layanan yang memungkinkan anda memberikan diskon.
Dengan beragam diskon yang berlaku, audience tentu akan memilih diskon yang paling baik dan sesuai bagi mereka. Anda mesti mempunyai strategi yang tepat dalam menawarkan diskon pada produk atau layanan dari bisnis anda.
- Mengemas Konten Bertema Ramadhan
Bila anda sudah mempunyai media sosial bisnis yang biasa anda gunakan untuk menjalankan promosi produk ataupun layanan, di momen Ramadhan ini sebaiknya anda menata konten itu dengan tema dan nuansa Ramadhan.
Walau produk atau jasa yang anda tawarkan tak berkaitan dengan Ramadhan, anda dapat membuat desain konten anda bernuansa Ramadhan. Anda dapat memakai ketupat, lentera Maroko, kaligrafi, animasi bulan sabit, atau nuansa warna hijau pada konten media sosial anda supaya terlihat menarik.
- Membuat Kontes Spesial Ramadhan
Anda dapat menyelenggarakan kontes dengan tema Ramadhan guna bisa menjangkau lebih banyak audience. Anda pun dapat menggunakan tagar yang dibuat spesial untuk dipakai oleh audience yang mengikuti kontes yang anda adakan. Siapkan reward atau hadiah untuk foto kontes terbaik dari audience anda.
- Membuat Video Bercerita mengenai Ramadhan
Kecuali audience memperoleh hiburan dari kisah yang disajikan di dalam video, audience tentunya sadar pada produk yang dijadikan ulasan di dalam video itu. Anda pun dapat membuat video seperti itu yang bisa bercerita dan menyisipkan produk atau layanan yang anda tawarkan.
- Pastikan Waktu Penayangan yang Tepat
Sesudah mempunyai konten yang cocok, memilih waktu tayang yang tepat dalam menjalankan digital marketing pun amat penting untuk bisa menjangkau target audience yang lebih banyak.
Menurut hasil riset, tingkah laku audience ketika Ramadhan terjadi kenaikan trafik pada jam 4-5 pm dan 5-8 pm dengan memakai perangkat mobile. Sementara itu audience dengan perangkat desktop, mempunyai trafik yang tinggi selama jam kantor dan di saat malam hari.
Cara lainnya untuk mengenali waktu paling baik melakukan kampanye digital marketing, yakni dengan mengkaji trafik promosi anda sepanjang bulan Ramadhan. Jika trafiknya naik di saat tertentu, anda mesti memilih waktu tersebut untuk melakukan kampanye digital marketing.
- Pastikan Situs Website Berperforma Cepat
Bila bisnis anda sudah mempunyai website, pastikan website yang anda miliki lancar dan cepat ketika dibuka lewat ponsel atau desktop. Audience anda tentunya akan cepat merasa kesal melihat website yang lemot dan ujung-ujungnya mereka akan pindah dengan cepat ke website lain.
Demikian tadi 8 strategi efektif digital marketing yang dapat digunakan di bulan Ramadhan. Coba aplikasikan beberapa panduan di atas pada bisnis anda dan mudah-mudahan berhasil.