Apakah Anda sedang mencari media promosi online? Di era sekarang, sudah banyak sekali media yang bisa digunakan. Namun, tidak semuanya mempunyai fungsi yang maksimal untuk bisnis online. Itulah kenapa dibutuhkan riset untuk menentukan media mana yang menguntungkan saat berjualan.
Apalagi banyak pebisnis online yang mulai menggunakan cara digital untuk menarik perhatian konsumen. Jika Anda tidak bisa bersaing dan salah dalam memilih media, bukan tidak mungkin jika bisnis menjadi rugi karenanya. Alhasil, usaha online tidak akan bertahan lama di era modern.
Media Promosi Online yang Efektif untuk Berjualan
Memilih media yang tepat bisa membantu Anda untuk mendapatkan target pasar secara spesifik. Belum lagi bisa membantu meningkatkan brand awareness sehingga bisa lebih dikenal masyarakat. Lalu, media online apa saja yang efektif untuk berjualan? Berikut beberapa pilihan medianya.
Aplikasi Instagram
Salah satu media online yang bisa digunakan untuk melakukan promosi online adalah Instagram. Media sosial satu ini memberikan banyak pengaruh dalam mempromosikan bisnis secara online. Apalagi pengguna dari Instagram terbilang sangat banyak. Belum lagi penggunanya kebanyakan kalangan artis atau selebgram.
Bagi Anda yang mempunyai bisnis dan ingin mempromosikannya bisa melalui Feed atau Instagram Stories. Jika ingin lebih banyak pengguna untuk mengunjungi akun, maka bisa menggunakan fitur Instagram Ads. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan fitur hashtag sehingga konten lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen.
Ada lagi cara lainnya yang banyak dilakukan agar promosi online berjalan lebih efektif. Caranya dengan menggunakan jasa influencer atau selebgram populer di Instagram. Biasanya, calon konsumen akan membeli produk karena melihat rekomendasi dari selebgram populer atau artis kalangan atas. Namun, cara ini tentunya membutuhkan banyak modal.
Aplikasi Facebook
Media promosi online yang paling efektif untuk berjualan adalah Facebook. Media satu ini sudah cukup populer dan menjadi salah satu media yang paling sering dibuka setiap harinya. Selain itu, demografi penggunanya mencakup berbagai kalangan usia. Tidak heran jika media ini dianggap sebagai salah satu media yang berpotensi untuk meningkatkan penjualan.
Apalagi media sosial Facebook mempunyai beragam tools yang dibuat untuk memudahkan seseorang saat memasarkan produknya. Ditambah lagi Anda bisa memanfaatkan fitur iklan untuk mempromosikan produk agar semakin laku keras. Biaya iklannya pun terbilang murah.
Marketplace
Media lainnya yang bisa membantu untuk mempromosikan bisnis secara online adalah marketplace. Di era sekarang sudah banyak sekali marketplace populer. Mulai dari marketplace Shopee, Tokopedia, Blibli, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan platform tersebut, tentunya mempromosikan produk online terbilang sangat mudah.
Apalagi untuk mendaftarkan diri menjadi reseller pun terbilang mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan diri menggunakan nomor ponsel. Setelah terdaftar, penjual bisa mengisi etalase pada toko online sesuai dengan keinginan. Perlu diketahui, masing-masing platform tentu mempunyai keunggulan berbeda.
Jadi, ada baiknya untuk memilih yang sesuai, ya. Selain itu, marketplace juga tersedia dalam bentuk iklan. Layanan ini digunakan untuk membuat suatu brand atau bisnis berada di halaman pertama marketplace.
Bisa dibilang caranya hampir sama dengan layanan Ads lainnya, yakni melalui kata kunci yang sesuai dengan produk. Salah satu kelebihan menggunakan marketplace Ads adalah biayanya yang murah dan tidak membutuhkan situs website.
Website atau Blog
Media promosi online yang terbilang efektif untuk menjual produk adalah website atau blog. Media ini cukup banyak digunakan di masa sekarang untuk melakukan promosi agar produk bisa ditemukan dengan mudah oleh calon konsumen.
Caranya dengan membuat artikel atau konten yang berhubungan dengan produk online. Jika Anda mengoptimalkan penggunaannya dengan menerapkan SEO, pastinya bisnis tersebut bisa berada di posisi pertama pencarian Google.
Teknik SEO bisa diterapkan dengan memaksimalkan penggunaan kata kunci yang relevan dengan produk. Alhasil, saat calon konsumen mengetik kata kunci yang berhubungan dengan produk akan langsung muncul di posisi pertama.
Media Sosial Twitter
Twitter ternyata menjadi salah satu media promosi online yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk. Hal ini karena media sosial Twitter dianggap mampu memasarkan produk dan mudah menjangkau calon konsumen secara online. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk melalui Twitter.
Pertama bisa dilakukan dengan memperbanyak jumlah follower. Kedua, Anda bisa mengirimkan tweet secara teratur dan mempromosikan konten dengan waktu yang tepat. Ada lagi cara lainnya yang bisa membantu meningkatkan penjualan, yakni menyewa buzzer. Bisa juga dengan melakukan promo dengan akun twitter bisnis online lainnya.
Youtube
Media lainnya yang bisa Anda coba manfaatkan untuk melakukan promosi online adalah Youtube. Aplikasi ini termasuk aplikasi favorit dan banyak digunakan oleh banyak orang dari kalangan usia. Tidak heran jika media ini bisa membantu mencapai target pasar secara spesifik.
Melakukan promosi bisnis online melalui Youtube bisa dilakukan dengan membuat konten atau video. Buatlah judul video yang menarik dan mengandung banyak kata kunci. Tujuannya agar konten bisa semakin mudah ditemukan saat pengunjung melakukan pencarian pada kata kunci.
Email Marketing
Pernahkah Anda mendengar media email marketing? Bisa dibilang cara ini termasuk cara lama dibandingkan dengan media online lainnya. Namun, email marketing mempunyai peranan penting yang mungkin tidak dimiliki oleh media lainnya.
Email marketing menjadi sarana promosi efektif karena menjadi sumber untuk mengirim berita promosi sampai penawaran produk terbaru. Alhasil, calon konsumen yang merasa tertarik tidak akan ketinggalan dengan informasi seputar bisnis Anda.
Melihat beberapa media promosi online di atas, apakah Anda ingin mencobanya untuk mempromosikan bisnis secara online? Jika iya, media mana saja yang akan digunakan agar penjualan bisa meningkat?