Ada banyak cara dan strategi promosi online shop melalui Instagram. Medsos satu ini memang banyak dimanfaatkan para pebisnis untuk melakukan pemasaran sehingga bisa meningkatkan penjualan yang signifikan.
Keunggulan Promosi di Instagram
Terdapat beberapa keunggulan menggunakan promosi Instagram sebagai langkah untuk memperkenalkan produk Anda menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Anda bisa mengubah akun Instagram pribadi menjadi Instagram Bisnis. Berikut ini keunggulan promosi dengan Instagram Bisnis yang perlu Anda tahu.
Memudahkan untuk Memperkenalkan Produk
Instagram merupakan media sosial yang mengedepankan gambar dan foto sebagai sarana utama dalam mempromosikan produk. Maka, Anda bisa menggunakan fasilitas ini untuk menggaet banyak pelanggan dengan mempercantik tampilan dalam Instagram.
Terdapat Fitur Kontak dan Alamat Olshop
Salah satu keunggulan yang bisa dimaksimalkan dalam strategi promosi online shop melalui Instagram yakni terdapat beberapa fitur seperti kontak dan alamat. Dengan fasilitas ini Anda bisa memperkenalkan toko online dengan lebih jelas, terlebih jika Anda memiliki toko offline yang beroperasi.
Terdapat Fitur Jam Prime Time dan Analisis Target Pasar
Kemudahan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari pengelolaan promosi di media sosial Instagram yakni adanya informasi jam prime time pada konten Anda, sekaligus analisis target pasarnya. Umumnya, beberapa orang akan lebih ramai pada waktu-waktu tertentu. Hal inilah yang akan jadi patokan untuk konten kreator Instagram dalam posting materi promosi.
Strategi Pemasaran Digital di Instagram
Tak perlu khawatir lagi, kini Anda bisa menggunakan beberapa teknik paling ampuh untuk melakukan promosi online shop Anda di Instagram. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
Membuat Komunitas Hastag
Terkait dengan strategi promosi online shop melalui Instagram, di dalamnya terdapat algoritma khusus yang akan memudahkan calon konsumen menemukan produk Anda. Unakan Komunitas Hastag (Tagar) untuk bisa menarik perhatian pelanggan.
Umumnya, Komunitas Hastag menelusuri beberapa pembicaraan yang sedang hangat dan trending di Instagram. Jika menggunakan hastag tertarget, maka kemungkinan konten Anda sampai ke konsumen yang tepat juga akan semakin besar. Semakin banyak view yang datang, maka bisa dimungkinkan ketertarikan dan minat konsumen juga semakin besar pula.
Memaksimalkan Semua Fitur yang ada di Instagram
Selanjutnya, upaya yang bisa dilakukan dalam mempromosikan toko online Anda yakni mengoptimalkan semua fitur di dalam Instagram. Apa saja yang bisa digunakan untuk sebuah bisnis digital?
- Feed IG
Feed Instagram menjadi sebuah tampilan yang akan menarik minat calon konsumen pada toko online Anda. Untuk membuatnya lebih berwarna, umumnya tampilan feed IG mendapatkan perhatian lebih untuk bisa menampilkan sajian konten yang ciamik.
- Story IG
Selain Feed IG, Story di dalam Instagram juga memberikan impact baik untuk IG bisnis Anda. Strategi promosi online shop melalui Instagram akan terasa maksimal ketika Anda juga memanfaatkan fitur keren satu ini. Fitur ini didesain berbatas waktu selama 24 jam, sehingga fitur ini dapat digunakan sebagai pancingan promosi pada feed IG.
- Live Instagram
Live Instagram juga memiliki kekuatan tersendiri. Selayaknya jualan offline, Anda bisa mempromosikan konten secara langsung, sehingga konsumen dapat melihat produk lebih dekat. Sering melakukan live di IG akan membuat akun Anda semakin potensial menghasilkan pelanggan.
- Highlight/Sorotan
Fitur satu ini baik untuk menjelaskan detail produk. Misalkan berkaitan dengan bahan pembuatan, ukuran produk, atau keunggulan lainnya yang tidak bisa terjelaskan melalui konten di dalam feed IG.
Menyesuaikan Tren Bisnis dan Followers
Keunggulan pemasaran menggunakan IG bisnis ini juga bisa membuat Anda lebih peka pada tren dan kecenderungan konsumen dalam kurun waktu tertentu. Hal ini juga akan membuat Anda lebih mudah dalam membuat sebuah konten yang bisa menautkan toko online Anda dengan followers yang sudah terjaring.
Menaikkan Engagement dengan Followers
Untuk semakin menaikkan performa produk dan konten, maka Anda perlu memancing para followers agar bisa berinteraksi. Bisa dengan melakukan giveaway, kuis, atau konten berupa pertanyaan-pertanyaan yang menghibur. Hal ini termasuk dari bagian strategi promosi online shop melalui Instagram Bisnis sAnda kepada khalayak ramai.
Langkah ini akan menjadikan followers lebih aktif dalam berkontribusi pada akun Anda, sehingga engagement akun semakin baik. Hal ini akan membuat algoritma Instagram bisa menelusuri IG bisnis Anda dan menyatakan bahwa akun tersebut adalah akun kredibel sehingga akan memudahkan Anda dalam memberikan penawaran produk lebih luas.
Memanfaatkan Influencer/Endorser
Upaya lainnya yang mungkin juga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam mengukuhkan keberadaan online shop dan memaksimalkan branding di dalam IG bisnis yakni memilih influencer atau endorser yang tepat. Hal ini biasanya akan berdampak pada pertambahan followers, hingga permintaan produk.
Selalu Melakukan Inovasi Produk dan Konten
Pebisnis yang tangguh harus memiliki mental baja. Maka strategi promosi online shop melalui Instagram Bisnis juga harus bisa menyesuaikan diri dan beradaptasi pada perkembangan dunia digital yang semakin maju. Anda wajib melakukan inovasi produk dan konten untuk memaksimalkan permintaan penjualan.
Pebisnis yang mau berbenah dan mengembangkan diri dengan sesuatu yang out of the box tentu akan jadi bentuk citra atau image yang baik di hadapan konsumen. Anda akan lebih mudah untuk mencari celah dan hal-hal baru jika bisa menjadikan konten dan tren dalam Instagram sebagai catatan dan panduan menemukan cara viral di medsos, terutama IG bisnis.
Dengan menggunakan strategi promosi online shop melalui Instagram yang tepat, Anda pun bisa memaksimalkan angka penjualan menjadi lebih baik. Memang untuk branding di Instagram memerlukan kesabaran, tetapi hasilnya akan sesuai dengan effort Anda untuk memperkenalkan produk dengan terus menerus dan berkesinambungan.