Marketing campaign ini memiliki pengaruh yang sangat besar bagi penjualan. Pernahkan Anda menyebutkan “Nike” saat akan membeli sepatu? Padahal yang Anda sebutkan itu bukan produk, melainkan brand. Nike telah berhasil membuat namanya menjadi besar. Cobalah lihat brand-brand lain yang memiliki nama besar dan melekat, pasti penjualannya pun tidak main-main.
Apabila Anda ingin menaikkan penjualan produk, bisa Anda lakukan melalui marketing campaign. Jika berhasil, maka hasilnya pun bisa serupa dengan brand-brand yang telah banyak dikenal. Campaign ini bertujuan untuk mengenalkan produk Anda pada khalayak umum.
Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya, sebenarnya apa sih marketing campaign dan bagaimana cara meningkatkan penjualan darinya? Tenang saja, semua yang Anda tanyakan akan kami bahas di sini.
Pengertian Marketing Campaign
Marketing campaign adalah tindakan yang terencana dan sengaja dibuat untuk mencapai sebuah tujuan. Sebagaian besar orang menggunakan marketing campaign ini untuk meningkatkan kesadaran atas adanya produk baru atau ingin mengenalkan brand lebih luas lagi. Ada juga yang menggunakannya untuk bisa mendapatkan feedback dari pelanggan.
Progam marketing campaign ini lebih efektif dilakukan menggunakan media yang dikemas semenarik mungkin untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Terdapat dua jenis media yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan campaign, yakni pertama ada media konvensional seperti televisi, radio, dan media cetak. Kedua, media sosial seperti instagram, facebook, email, dan lain sebagainya.
Penerapan marketing campaign ini memiliki manfaat bagi perkembangan binis dan usaha yang Anda jalankan. Salah satunya seperti membuat brand Anda lebih populer, bisa mendapatkan leads, hingga mampu meningkatkan jumlah penjualan.
Cara Melakukan Marketing Campaign
Buat Anda yang masih belum begitu memahami mengenai marketing campaign ini, Anda harus siap bekerja sama dengan tim lain. Sebab, marketing campaign ini tidak akan berjalan dengan sempurna tanpa bantuan dan kerjasama dari tim lainnya. Nah, cara yang bisa Anda lakukan untuk menyukseskan marketing campaign bisa dengan cara berikut ini.
1. Melakukan Kolaborasi Antar Tim
Pastinya tidak hanya tim marketing saja yang akan terjun dalam melakukan campaign, supaya bisa berjalan maksimal membutuhkan lebih banyak personil. Di mana masing-masing turut Andil dalam pembuatan campaign, misalnya perlu ada tim yang membantu untuk mengetahui detail fitur dan kelebihan produk yang akan dipasarkan.
Meminta bantuan tim konten untuk membuatkan konten terkait dnegan campaign yang sedang dilakukan. Kemudian, ada juga kerjasama dengan Customer Service terkait campaign yang telah dijalankan. Sehingga, nantinya ketika ada konsumen yang bertanya bisa langsung mendapatkan penanganan yang baik oleh CS.
2. Membuat Konsep Marketing Campaign
Tahap berikutnya yakni memikirkan konsep yang cocok untuk melakukan marketing campaign. Pada proses ini, pastinya Anda harus mengenali dulu apa yang ingin Anda campaign-kan. Apakah berupa brand, produk, atau yang lainnya. Jadi, ketika membuat konsep bisa tepat sasaran sehingga campaign dapat berhasil.
Menyusun konsep ini memanglah tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Namun, dengan bantuan dari beberapa pihak dapat memepercepat proses campaign. Langkah menyusun konsep marketing campaign yakni.
1. Menentukan jenis campaign
Proses penyusunan ini berkaitan dengan jenis campaign yang ingin dilakukan. Setelah, Anda menentukan campaign ini untuk apa, pasti akan lebih mudah menentukan tahapan selanjutnya seperti penentuan target marketnya atau sasarannya siapa.
2. Menentukan target
Menentukan target ini pun bisa Anda sesuaikan dengan jenis campaign yang akan dilakukan. Supaya target tidak meleset dan hasil yang didapatkan sesuai dengan apa yang diharapkan. Apabila mencapai orang tertarget pastinya bisa mendapatkan feedback yang baik.
3. Menentukan platform yang digunakan
Selanjutnya, tentukan platform yang ingin digunakan. Penentuan platform ini bisa Anda lakukan dengan menyesuaikan dengan target sasaran. Sehingga bisa mendapatkan jangkauan yang luas dan tertarget.
4. Menyusun Ide campaign
Tahap terakhir mulai menyusun ide yang sesuai dengan sasaran. Apabila sasarannya seorang remaja, maka campaign yang sesuai ialah seperti foto hits dengan caption menarik atau yang lainnya dan bisa mendapatkan reward.
3. Menjalankan Marketing Campaign
Selanjutnya, Anda bisa mulai menjalankan marketing campaign ini. Ketika menjalankan campaign ini pun Anda juga harus melakukan pemantauan. Dengan ini Anda bisa melakukan evaluasi, untuk kegiatan campaign kedepannya.
4. Buat Orang Melakukan Sesuatu
Saat akan menjalankan campaign ini, jangan lupa akan tujuan Anda. Pasti Anda ingin mendapatkan feedback dari orang tersebut. Nah, dalam campaign itu buat seseorang melakukan sesuatu terhadap campaign Anda. Bisa dengan ikut meramaikan ataupun yang lainnya. Agar bisa membuat orang tergerak Anda harus memahami hal-hal berikut.
1. Tambahkan Unsur CTA (call to action)
Unsur CTA ini seperti Anda meminta langsung kepada konsumen untuk melakukan sesuatu secara terang-terangan. CTA sendiri mengandung kata-kata ajakan. Misalnya “Datang Sekarang”, “Klik di sini”, “Beli Sekarang Juga Sebelum Kehabisan” dan lain sebagainya.
2. Menggunakan Landing Page
Landing page merupakan halaman website yang memiliki desain khusus dan tentunya menarik untuk mendukung strategi yang akan Anda gunakan pada campaign. Landing page ini sangat membantu apalagi didukung dengan data-data yang menunjang campaign Anda.
3. Gunakan Lead Form
Menggunakan lead form ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang pengunjung. Melalui form ini Anda bisa lebih mudah mengetahui identitas pengunjung yang mana memiliki potensi juga untuk menjadi konsumen dikemudian hari.
Nah, bagaimana sekarang sudah mengerti kan betapa pentingnya menggunakan marketing campaign. Anda bisa meningkatkan penjualan dengan menggunakan sistem ini. Beberapa cara di atas bisa Anda coba lakukan untuk menyukseskan campaign Anda. Semoga bermanfaat, jangan lupa kunjungi artikel lainnya untuk mendapatkan insight baru.