Inovasi Strategi Facebook Marketing yang Efektif

Mempertahankan eksistensi online secara profesional tentu membutuhkan cara yang dapat menarik banyak konsumen setia, juga memikat banyak penggemar ke halaman Facebook Anda. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana atau bagaimana menjalankannya, maka pemasaran di Facebook bisa menjadi sebuah langkah sulit. Ketahuilah bahwa metode pemasaran ini membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil demi mempertahankan reputasi Internet profesional. Ini membutuhkan kesabaran dan waktu yang dihabiskan untuk mencapainya.

Strategi Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

Pelanggan lebih suka berbisnis dengan orang-orang yang manusiawi dan memiliki kehidupan di luar pekerjaan. Pastikan informasi di halaman Facebook Anda memberi tahu dan menghibur mereka yang sering melakukannya. Memposting konten baru adalah metode yang pasti untuk menarik pembaca baru, tetapi tidak ada gunanya jika Anda tidak melibatkan mereka dalam percakapan dua arah. Periksa konten yang bisa menarik lebih banyak pelanggan, serta pelajari bagaimana itu bisa terus menjadi alat pemasaran di masa depan.

Inovasi Strategi Facebook Marketing yang Efektif

Membangun Hubungan yang Manusiawi

Memberikan sentuhan manusia pada halaman Facebook Anda adalah pendekatan pemasaran Facebook yang penting. Pelanggan dan penggemar ingin berkomunikasi dengan Anda, dan mereka tidak ingin merasa seperti sedang mengobrol dengan robot yang kaku. Biarkan kepribadian Anda ikut terlibat di setiap posting, itu memungkinkan pengikut dan konsumen Anda merasa penting untuk mendapatkan informasi.

Namun, perbedaan harus dibuat antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Pemasaran di Facebook harus terus bisa menarik klien potensial sambil memberi tahu mereka bahwa hubungan dibangun secara profesional. Aturan 80/20 adalah aturan yang baik untuk diikuti yaitu 80 persen dari posting Anda harus tentang bisnis, sedangkan 20% sisanya dapat digunakan untuk mengekspresikan sisi pribadi Anda. Pelanggan lebih suka berbisnis dengan orang-orang yang manusiawi dan memiliki kehidupan di luar pekerjaan.

Menyediakan Konten yang Dibutuhkan

Pastikan informasi di halaman Facebook Anda memberi tahu dan menghibur mereka yang sering melakukannya. Menjaga pembaca Anda untuk tetap terlibat akan membuat mereka tertarik dan kembali lebih sering. Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan mengembangkan ide segar secara teratur menggunakan berbagai bentuk media. Daripada posting hanya disajikan begitu saja, Anda dapat menyertakan video yang lebih menjelaskan pesan yang ingin Anda sampaikan.

Ketika Anda menggunakan berbagai media untuk memasarkan di Facebook, konsumen dan pengikut Anda akan menjadi lebih beragam, dan mereka akan lebih bersedia untuk berbagi posting Anda dengan teman dan keluarga mereka. Buat jadwal untuk mengatur kapan konten baru diposting untuk pembuatan materi baru yang lebih mudah.

Libatkan Audiens Anda

Memposting konten baru adalah metode yang pasti untuk menarik pembaca baru, tetapi tidak ada gunanya jika Anda tidak melibatkan mereka dalam percakapan dua arah. Halaman Facebook Anda tidak boleh dibombardir dengan informasi baru tanpa mengizinkan pelanggan Anda untuk mengomentarinya. Luangkan waktu untuk menanggapi komentar yang mengarah ke percakapan yang memberikan informasi baru atau mengatasi masalah pelanggan, daripada menanggapi setiap komentar yang anda terima. Mencari tahu apa yang orang inginkan dan memuaskan kebutuhan mereka adalah tujuan pemasaran Facebook, dan Anda tidak dapat melakukannya jika Anda tidak mendengarkannya.

Permudah Penyebaran Berita

Pelanggan dan penggemar dapat dengan mudah menyebarkan berita melalui platform media sosial lainnya berkat pemasaran Facebook. Orang lebih cenderung mempercayai pendapat teman dan keluarga mereka daripada posting di akun Facebook perusahaan. Tambahkan pilihan jejaring sosial lainnya ke posting Anda, seperti Twitter atau Pinterest, untuk memudahkan pelanggan Anda membagikan posting tersebut.

Cari tahu apa yang Anda ingin Anda capai. Visi perusahaan Anda harus tercermin dalam rencana pemasaran. Brainstorming ide dengan tim Anda agar dapat membantu Anda dalam menentukan teknik mana yang akan digunakan. Bayangkan Anda menjalankan bisnis yang menjual sepatu atletik. Satu ide untuk halaman Facebook Anda adalah mendorong pelari berpengalaman untuk berbagi petualangan lari mereka atau menawarkan saran kepada pendatang baru.

Ini menciptakan komunitas yang sebagian dipimpin oleh pelanggan lama, sambil memberikan informasi tentang produk anda. Pelanggan lama dan baru akan kembali untuk membagikan informasi yang lebih baru dan menarik jika Anda memenuhi harapan mereka.

Amati Konten yang Populer

Cari tahu konten apa di halaman Facebook Anda yang paling populer dengan pelanggan Anda atau telah meningkatkan pendapatan Anda, dan bagaimana itu menarik perhatian mereka. Periksa konten yang bisa menarik lebih banyak pelanggan, serta pelajari bagaimana itu bisa terus menjadi alat pemasaran di masa depan. Untuk meningkatkan eksistensi perusahaan Anda di Facebook, Anda memerlukan kesabaran dan teknik pemasaran yang memakan waktu. Hasilnya bisa berhasil atau gagal, jadi sangat penting untuk menjaga fleksibilitas strategi Anda untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk perusahaan anda.

 

Bagikan Artikel