Keuntungan dari media sosial adalah mereka adalah alat pemasaran digital yang memungkinkan Anda untuk terlibat dan berinteraksi dengan klien dan prospek masa depan Anda secara online. Melalui media sosial, siapa pun dapat dengan mudah membagikan apa pun dalam bentuk teks, foto, video, dan suara. Namun, media sosial telah berkembang menjadi lebih dari sekedar alat komunikasi online.
Keuntungan Media Sosial Untuk Pemasaran
Ada banyak keuntungan lain menggunakan media sosial, terutama bagi pemilik bisnis. Apa keuntungan lain yang diberikan media sosial?
Menarik dan mempertahankan minat orang
Salah satu aspek terpenting dari pemasaran media sosial adalah kemampuannya untuk membangun dan menarik minat orang. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu keunggulan media sosial adalah dapat digunakan sebagai sarana promosi.
Anda memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan pelanggan baru melalui media sosial sebagai pemilik bisnis. Anda kemudian dapat menggunakan komunikasi yang efektif atau berbagi informasi untuk membangun dan menarik minat mereka.
Dimulai dengan suka, lalu cinta, dan akhirnya membelamu. Reaksi orang terhadap media sosial sangat berbeda. Setiap pemilik akun media sosial dapat merasakan semuanya mulai dari tanggapan yang menyenangkan hingga negatif.
Anda harus memperhatikan taktik pemasaran web yang sukses untuk mendapatkan respons yang baik dari audiens. Salah satunya adalah dengan membuat materi yang dapat menjawab pertanyaan pembaca atau memenuhi kebutuhan mereka.
Ketika Anda memberikan apa yang mereka inginkan, mereka akan terpesona dan mulai menyukai Anda. Seperti hubungan lainnya, semakin kuat, semakin banyak cinta yang Anda miliki untuk produk bisnis Anda. Bahkan, mereka tidak segan menggunakan media sosial sebagai platform layanan pelanggan gratis untuk menjawab berbagai pertanyaan dan kekhawatiran dari pelanggan lain.
Media Sosial Lebih Dari Sekedar Alat untuk Pemasaran
Rencana pemasaran perusahaan Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan media sosial. Namun, keunggulan media sosial tidak terbatas pada penggunaannya sebagai alat pemasaran. Materi yang dibagikan dapat membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan perusahaan Anda.
Ada dua jenis materi yang dapat diposting oleh pemilik bisnis ke media sosial.
- Tingkatkan dan pelajari. Anda dapat mendidik pelanggan dan memastikan bahwa produk Anda dapat mengoptimalkan tindakan mereka menggunakan konten ini.
- Selidiki dan pelajari. Pelanggan menginginkan ide-ide unik dan cara-cara segar untuk memanfaatkan produk Anda, jadi ini adalah jenis bahan yang mereka cari. Jawaban atas pertanyaan Bentuk materi ini, seperti layanan pelanggan, dapat mencakup pertanyaan dan jawaban yang dapat membantu pengguna menggunakan produk Anda secara lebih efektif.
Media Sosial untuk Memberikan Layanan Pelanggan
Ketika ada yang salah, semua orang mengeluh. Hal-hal telah berubah sejak saat itu. Di masa lalu, pelanggan umumnya mengajukan keluhan melalui telepon. Namun, di era digital ini, 65 persen pelanggan lebih memilih menyampaikan keluhan melalui media sosial daripada melalui call center.
Alasannya, media sosial lebih praktis, tidak memerlukan puluhan ribu kredit, dan admin dapat membacanya lebih cepat. Sayangnya, banyak pemilik bisnis yang masih belum menyadari keunggulan media sosial sebagai sarana layanan pelanggan.
Mereka hanya menggunakan media sosial untuk meningkatkan branding dan pemasaran mereka. Kekhawatiran dan pertanyaan pelanggan di media sosial, di sisi lain, diabaikan. Mengapa kita harus menggunakan media sosial sekarang setelah kita mengetahui kelebihannya?
Mengingat beberapa keunggulan media sosial di atas, sudah saatnya pemilik bisnis menekuni dan mendalami pemasaran digital. Menurut data per Januari 2020, pengguna aktif media sosial di Indonesia adalah 160 juta, meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya.
Akibatnya, media sosial adalah saluran pemasaran yang harus dipikirkan oleh pemilik bisnis. Argumennya adalah bahwa pemasaran media sosial dapat menjangkau pasar yang besar dengan biaya rendah, sebagaimana dibuktikan oleh angka-angka di atas.
Manfaat paling berharga dari media sosial bagi pemilik usaha kecil adalah media promosi berbiaya rendah dan pendekatan paling efektif untuk menghasilkan keterlibatan. Produk Anda bisa dikenal jutaan orang hanya dengan satu postingan viral. Terbukti, berkat dukungan media sosial, 78 persen usaha kecil mampu mendongkrak jumlah konsumen baru sebesar 25%.