Apa Saja Langkah yang Harus Dilalui dalam Mengembangkan Usaha?

Kegiatan berwirausaha bagi sebagian orang terlihat sangat menguntungkan. Orang akan memandang omset wirausaha dari segi kemampuan pemiliknya dalam mengembangkan usaha yang dimilikinya.

Namun tahukah Anda bahwa mengawali usaha dan mengembangkannya merupakan proses yang berbeda. Baik mengawali atau mengembangkan, kedua-duanya membutuhkan langkah yang hampir sama. Berikut ini langkah mengembangkan usaha.

  1. Analisis Pasar

Dalam mengembangkan usaha, sedikit banyak pemilik usaha telah mengetahui bagaimana pasar bekerja. Pasar berjalan sesuai dengan keinginan konsumen. Maka ketika ada usaha yang kurang berjalan, boleh jadi karena kurang mengikuti permintaan konsumen.

Anda perlu melakukan analisis pasar. Apa itu analisis pasar? Analisis pasar ialah mempelajari keadaan pasar. Dalam hal ini terkait dengan manajemen pemasaran produk. Manajemen pemasaran akan mengatur bagaimana pemasaran dilakukan.

Langkah mengembangkan usaha dalam hal ini diperlukan kejelian dalam melihat situasi pasar. Mulai dari minat pembeli, persaingan harga, trend, dan evaluasi media yang digunakan dalam pemasaran. Untuk meningkatkan produksi dan menambah omset, Anda perlu mengevaluasi poin-poin tersebut.

  1. Sering Menjalin Komunikasi dan Bangun Komunitas

Anda yang sudah memiliki usaha dan telah memiliki pelanggan tetap, perlu kembali untuk membangun komunikasi. Komunikasi bisa dilakukan dengan cara menanyakan testimoni atau mengajak kerja sama pelanggan dalam memasarkan produk.

Ketika Anda mengajak kerja sama, Anda perlu memperkirakan jumlah omset dan bagi hasil yang bisa Anda berikan. Jangan sampai ketika Anda kerja sama, Anda lupa dalam hal tersebut. Sehingga komunikasi rusak. Oleh karena itu Anda juga bisa membuat kesepakatan di awal.

Setelah Anda menjalin komunikasi, langkah mengembangkan usaha berikutnya ialah dengan membangun komunitas. Komunitas kecil yang terdiri dari tiga orang yang paling Anda percaya, bisa Anda buatkan grup WhatsApp bimbingan. Sehingga anggota grup dapat berjalan sesuai dengan manajemen Anda.

  1. Sering Melakukan Promosi Secara Berkala

Melakukan promosi secara berkala pada waktu tertentu dapat menjadi habbit dalam pengembangan usaha. Karena ada waktu tertentu yang menjadi waktu baik untuk upload informasi pemasaran.

Contohnya jika Anda ingin membagikan promosi produk Anda di TikTok. Anda dapat menggunakan waktu upload dengan hastag fyp atau pada waktu berpotensi fyp. Setiap harinya berbeda sesuai aktivitas umum. Jika hari Senin, Anda dapat upload pukul 12 s.d 13 siang, hari Selasa pukul 15 s.d 16 petang.

  1. Gunakan Manajemen Keuangan

Saat usaha telah berhasil berdiri, usaha Anda dikenal oleh beberapa pelanggan. Ini menandakan usaha awal Anda telah memiliki omset walau masih kecil. Justru omset inilah yang perlu Anda manajemen sejak dini.

 Langkah mengembangkan usaha dengan cara memanajemen omset ialah dengan membagi dalam 3 hal. Pertama simpan untuk modal, kedua simpan untuk kebutuhan primer pribadi, dan terakhir simpan untuk tabungan.

Kenapa 3 hal tersebut? Karena ketika Anda ingin mengembangkan usaha, Anda perlu memprioritaskan hal yang paling penting. Kebutuhan yang sifatnya mengikuti trend dan mode pribadi namun tidak mendesak  atau bukan untuk pemasaran sebaiknya Anda abaikan.

  1. Berinvestasi dengan Mengangsur Modal

Langkah mengembangkan usaha selanjutnya adalah dengan berinvestasi. Investasi yang dilakukan memang bisa berawal dan bersumber dari mana saja. Bisa dari aset pribadi, omset usaha, pinjaman, dan tabungan.

Namun dalam hal ini sebaiknya Anda memulai dari omset usaha yang Anda miliki. Sebab hasil dari omset akan berputar sebagai alur usaha Anda. Contohnya Anda dapat membeli satu barang modal tetap. Ini sebagai investasi jangka panjang.

Sedangkan untuk investasi jangka pendek, Anda bisa menambahkan modal produksi dalam jumlah sedikit. Jumlah ini sesuai modal yang Anda punya dari pembagian omset. Dengan begitu Anda tidak perlu banyak membeli barang produksi. Ini meminimalkan kerugian produksi yang tidak habis.

  1. Gunakan Strategi Pemasaran yang Up to date

Langkah mengembangkan usaha dengan promosi memang jalan terbaik. Namun perlu diimbangi dengan strategi pemasaran yang up to date. Promosi yang dimaksud bukan lagi yang konvensional dengan memberikan gratisan, melainkan dengan cara baru.

Bukan berarti memberi promo gratisan ini tidak boleh dilakukan, melainkan Anda perlu memikirkan modal dan keuntungan jika menggunakan cara ini. Anda perlu menggunakan strategi perbedaan harga jual dengan redaksi kalimat.

Langkah mengembangkan usaha lainnya ialah, Anda dapat menggunakan strategi persuasif dalam berbahasa marketing. Anda dapat menampilkan testimoni pelanggan, atau bahasa cerita. Membangun emosi calon pelanggan agar tertarik akan mengembangkan usaha Anda.

  1. Membangun Konsep Tetap Makna Brand

Mengembangkan usaha berarti ikut mempertahankan usaha. Hal disebabkan karena persaingan yang ketat dengan usaha yang lain. Salah satu cara untuk bertahan ialah dengan membangun brand yang kuat.

Manusia memiliki nilai empati terhadap manusia lain dan lingkungannya. Maka cara membangun brand yang kuat, dapat Anda lakukan dengan menarik empati pelanggan. Contoh membeli produk Anda yang dibungkus dengan kertas, mengurangi limbah plastik. Nilai makna kelestarian lingkungan lebih diminati daripada sekedar harga.

  1. Melakukan Kegiatan Amal Bakti Sosial

Konsep berbagi dalam agama apapun itu ada dan umum dilakukan beriringan dengan usaha. Dalam peraturan pemerintah terkait dengan Pembangunan Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan pun mengimplisitkan hal tersebut.

Langkah mengembangkan usaha dengan melakukan konsep berbagi untuk kegiatan amal sosial dapat Anda lakukan. Anda bisa mengambil omset sekaligus di dalamnya termasuk ada bagian amal untuk sosial. Hal ini akan memberikan nilai lebih pada usaha yang Anda jalankan. Sehingga pelanggan lebih berempati.

Bukan berarti ini mencurangi pembeli. Melainkan Anda dapat memberikan keterangan bahwa sebagian omset kegiatan usaha Anda akan digunakan untuk amal bakti sosial. Anda bisa perhitungkan di awal berapa persen yang akan Anda keluarkan. Dari sini usaha Anda juga bernilai sosial.

Itulah langkah mengembangkan usaha yang dapat Anda lakukan. Di antaranya ketika dilakukan memiliki tujuan sosial. Anda dapat mengimbangi dengan beberapa trend pasar. Sehingga usaha yang Anda bangun berkembang sesuai harapan.

Bagikan Artikel