Salah satu saluran yang sekarang dapat digunakan untuk meningkatkan rencana pemasaran media sosial yang sukses dan efisien adalah media sosial. Tujuan dari pemasaran media sosial adalah untuk meningkatkan lalu lintas, interaksi, dan kesadaran akun media sosial suatu merek.
Pertimbangan yang cermat dan strategis diperlukan saat mengembangkan strategi pemasaran media sosial. Salah satunya adalah penggunaan konsep 5W1H (Who, What, When, Where, Why, dan How) yang biasa digunakan dalam jurnalisme, penelitian, dan penyidikan kepolisian. Agar polisi dapat melanjutkan penyelidikan, mereka memerlukan informasi latar belakang yang akurat, dan pemasar adalah pihak yang berwenang dalam situasi ini.
Kerangka Kerja Umum
Saya akan menjelaskan kerangka kerja umum untuk menanggapi pemasaran media sosial 5W 1H.
Siapa yang Bertanggung Jawab?
Siapa yang harus bertanggung jawab atas pemasaran media sosial? Jawaban atas pertanyaan ini akan dibagi menjadi tiga kategori: primer, sekunder, dan tersier. Keterlibatan media sosial dapat ditingkatkan dengan menggabungkan banyak jenis orang yang melakukan pemasaran media sosial.
Buzzer dan Dewan Direksi yang bekerja sama sebagai figur dengan pengaruh besar di lingkaran mereka sendiri dapat menyambut massa yang mengikuti mereka di media sosial untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis mereka.
Terlepas dari pentingnya keterlibatan Direksi dalam taktik pemasaran media sosial, mereka pasti terlibat dengan masalah yang lebih strategis, sehingga diklasifikasikan sebagai tersier.
- Primer adalah spesialis media sosial divisi Pemasaran seperti manajer media sosial, petugas media sosial, dan Buzzer/figur yang disewa untuk menjual barang Anda. Itu adalah tanggung jawab utama mereka.
- Sekunder, yaitu semua personel bisnis produk.
- Tersier, terutama Dewan Direksi, mempromosikan kualitas taktik promosi media sosial. Dalam hal promosi media sosial, memiliki kehadiran kepemimpinan yang kuat sangat penting.
Apa yang Ingin Anda Jual?
Cerita adalah jawabannya. Betul, ada cerita. Saat ini, Anda tidak menjual barang Anda secara langsung kepada calon pembeli saat menjualnya. Ini adalah metode kuno yang cenderung membuat calon klien merasa tidak nyaman. Pemasaran media sosial membutuhkan lebih banyak kreativitas daripada pemasaran tradisional. Tidak punya cukup waktu? Manfaatkan penyedia pemasaran media sosial yang memiliki reputasi baik.
Kapan Waktu Paling Tepat untuk Berpromosi?
Jika Anda pernah mendengar bahwa waktu optimal untuk memulai kampanye pemasaran email adalah di akhir pekan, pemasaran media sosial sedikit berbeda. Postingan yang berlebihan di media sosial, baik itu Facebook, Instagram, atau Twitter, kemungkinan besar akan membuat Anda kesal. Akibatnya, banyak orang menahan diri untuk tidak membagikan konten media sosial yang berlebihan karena takut mengganggu. Meskipun demikian, CoShedule telah menunjukkan bahwa pemasaran yang agresif selama tujuh hari dapat melipatgandakan lalu lintas situs web. Perhatikan aspek-aspek berikut untuk mengembangkan strategi pemasaran media sosial jangka panjang dan untuk menjawab pertanyaan di atas:
- Sehari setelah konten pemasaran selesai. Publikasikan konten pemasaran Anda untuk pemasaran media sosial produk Anda segera setelah Anda menyelesaikannya di semua jaringan media sosial.
- Promosi ulang besok. Jangan takut untuk memublikasikan ulang promosi yang dilakukan sehari sebelumnya karena mungkin masih banyak orang yang hanya akan melihatnya pada hari itu.
- Minggu depan, terbitkan ulang. Jangan takut untuk memberikan terlalu banyak informasi; selalu berasumsi bahwa Anda memiliki banyak audiens yang mungkin belum melihat apa yang Anda presentasikan.
- Promosi berturut-turut tetapi jangan berlebihan dan mengganggu.
Dimana Tempat Terbaik untuk Melakukan Pemasaran?
Sangat penting untuk memahami kualitas media sosial yang akan Anda gunakan. Misalnya, Facebook adalah tempat yang baik untuk memulai kampanye dengan sejuta penggemar. Sementara itu, dengan hubungan dua arah atau lebih antara audiens dan akun merek, Twitter memungkinkan audiens dan bisnis untuk terhubung lebih intim. Sumber daya berguna lainnya untuk mempelajari pemasaran media sosial meliputi:
- Berbagi dengan jaringan Anda. Setiap orang memiliki lingkarannya sendiri; semakin sering tim Anda terlibat dalam pemasaran media sosial di berbagai saluran media sosial mereka, semakin besar kemungkinan merek Anda akan menjangkau audiens yang beragam.
- Berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Anda harus berpartisipasi secara aktif dalam percakapan grup yang Anda ikuti, dan Anda boleh membagikan tautan atau materi yang ingin Anda sebarkan saat Anda merasa itu relevan dan cocok, tetapi tidak untuk tujuan spamming.
Apa Tujuan Pemasaran Media Sosial?
Menurut penelitian terhadap 50 pedagang yang dipublikasikan di Social Media 500 2015 pada tahun 2014, total perdagangan sosial yang dilakukan melalui pemasaran media sosial mencapai $3,30 miliar pada tahun 2014, naik 26 persen dari $2,62 miliar pada tahun 2013. Menurut survei yang sama, sosial pemasaran media meningkatkan lalu lintas ke situs web e-niaga sebesar 7%.
Apa Saja Pilihan Anda?
Meskipun pemasaran media sosial telah terbukti efektif, upaya hubungan masyarakat offline tidak boleh diabaikan dan harus dikaitkan dengan upaya online. Apa cara terbaik untuk membuat strategi pemasaran media sosial?
- Memasukkan visual ke dalam presentasi Anda. Dalam pemasaran media sosial, foto memiliki banyak pengaruh. Video di YouTube dapat dilihat hingga empat juta kali per hari, sementara foto di Facebook meningkatkan kemungkinan menerima Suka sebesar 53%.
- Bereksperimen dengan judul yang berbeda. Setiap kali Anda mempublikasikan materi di media sosial, jangan ragu untuk mencoba judul alternatif. Jangan lupa untuk menggunakan alat pemasaran media sosial favorit Anda untuk menilai efektivitas judul.
- Di setiap platform, sesuaikan pesan Anda. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, setiap saluran media sosial memiliki kepribadian masing-masing. Jadi, jika Anda menerapkan konsep menulis pesan 140 karakter di Twitter ke semua situs media sosial, Anda bisa berakhir dengan bencana total.
Anda dapat menyajikan pandangan yang luas dan menyeluruh tentang peta pertempuran pemasaran Anda sebelum meluncurkan kampanye pemasaran media sosial. Bukankah memulai di belantara pemasaran media sosial tidak terlalu sulit? Jika Anda tidak dapat menanganinya sendiri, Anda dapat menyewa pekerja lepas profesional untuk membantu pemasaran media sosial Anda.