Penjual atau seller Shopee tentunya sudah tak asing dengan kata COD bukan? COD merupakan sistem pembayaran yang dilakukan di tempat. Sistem pembayaran dengan fitur COD atau Cash On Delivery memang menjadi cara yang bagus untuk memudahkan pembeli. Namun tak jarang fitur ini kerap disalahgunakan sehingga seller akan melakukan cara menonaktifkan COD di Shopee demi keamanannya.
Sistem COD memang memberikan kelebihan tersendiri untuk para buyer. Seperti misalnya untuk mencegah produk yang dikirim tidak sesuai atau hilang. Kemudian memudahkah pembeli yang tidak memiliki m-banking atau saldo dompet digital.
Kemudahan lainnya, pembeli bisa memeriksa produk untuk melihat kondisi dan kesesuaiannya. Hal ini untuk mencegah mendapatkan produk yang tidak sesuai. Jika barang tidak sesuai pun pembeli bahkan bisa mengembalikannya ke seller. Namun dibalik kemudahan untuk pembeli, fitur ini juga kerap merugikan penjual dan disalahgunakan.
Kekurangan Fitur COD untuk Penjual
Belakangan ini, banyak sekali video viral yang beredar di media sosial tentang buyer nakal yang tidak memahami sistem COD. Dalam video bahkan diperlihatkan bahwa pembeli marah-marah, protes dan berucap kasar kepada kurir.
Beberapa oknum pembeli yang melakukan COD tak jarang membuka paket secara langsung tanpa menyerahkan terlebih dahulu uang kepada kurir. Ketika pesanan tidak sesuai, oknum tersebut mengembalikan produk ke kurir dan tidak mau membayar.
Selain tidak mematuhi aturan dan cara pembayaran COD yang mana harusnya barang dibayar terlebih dahulu, baru dibuka, oknum buyer nakal ini juga kerap melakukan penipuan. Misalnya, memberikan nama, alamat dan nomor telepon palsu yang akhirnya membuat paket tidak bisa disampaikan secara langsung.
Contoh permasalahan di atas, pada akibatnya hanya akan merugikan seller karena produk mereka tidak dibayar dan sudah terbuka tanpa adanya pengembalian dengan cara yang sesuai prosedur. Masalah buyer nakal dan tak mematuhi aturan pun menjadi beban tersendiri bagi kurir yang mengantarkan barang.
Sebab dari kekurangan COD tersebutlah, yang akhirnya membuat penjual perlu untuk menonaktifkan fitur tersebut. Hal ini demi kenyamanan penjual dan pembeli serta pihak jasa kirim, agar meminimalisir dampak dari masalah oknum buyer nakal. Berikut cara yang bisa penjual lakukan untuk menonaktifkan COD dengan cepat dan mudah.
Cara Menonaktifkan COD di Shopee
Menonaktifkan COD merupakan langkah aman yang bisa Anda lakukan sebagai seller Shopee untuk mencegah kemungkinan terburuk proses belanja konsumen. Beberapa oknum yang bermasalah dengan sistem COD mungkin disebabkan faktor seperti minimnya pengetahuan akan syarat dan ketentuan COD atau faktor emosional dan pribadi buyer.
Lakukan langkah dibawah ini untuk mematikan fitur COD.
- Cara pertama yang seller lakukan adalah dengan membuka aplikasi Shopee di perangkat ponsel. Pilih “Profil” di bagian bawah kanan dashboard.
- Lalu pilih menu “Toko Saya” dan gulir ke bawah dan klik menu “Jasa Kirim Saya”.
- Kemudian pilih “Pengaturan Pembayaran” lalu scroll ke bawah dan temukan opsi “Cash on Delivery (COD)” dan nonaktifkan kolom fitur tersebut.
Selanjutnya, langkah menonaktifkan COD melalui situs website Shopee yang tak kalah mudah yakni dengan:
- Buka website Shopee melalui browser dan masuk ke akun Shopee Anda.
- Klik foto profil dan pilih “Pengaturan Akun”
- Pilih “Pengaturan Pembayaran” dan scroll ke bawah menuju menu “Cash on Delivery (COD)
Nah itulah cara mudah dan gampang hanya semenit saja akan cara menonaktifkan COD di Shopee bagi penjual. Dengan melakukan cara di atas, dapat meningkatkan keamanan dan minim resiko dari sistem COD yang rentan disalahpahami.
Dapatkan informasi lainnya terkait tips, trik digital marketing hanya di marketingdigital.id.