Gampang, Ini Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram

cara mengaktifkan autentikasi dua faktor instagram. Ada banyak kasus dimana suatu akun mengalami pembajakan di Instagram. Oleh sebab itu penting memproteksi akun agar terhindar dari hacker secara tepat yakni dengan cara mengaktifkan Autentikasi dua faktor Instagram. 

Nah, bagi pengguna pemula yang baru mengetahui langkah perlindungan seakan wajib menyimak penjelasan ini. Sebabnya menjadi keharusan untuk melindungi sosial media yang dimiliki dari serangan orang tak bertanggung jawab. 

Kegunaan 2 Faktor Autentikasi

  • Dua faktor Autentikasi mengacu pada sistem pengamanan yang diberikan pengembang aplikasi dimana pemilik akun bisa membuat kode masuk untuk memverifikasi identitasnya dengan sarana kode yang sudah dikirim.
  • Dua faktor merujuk kepada kombinasi angka atau kata-kata yang bisa diketahui oleh hanya seorang pemilik akun. Adanya sistem pengamanan akun ini seolah menawarkan proteksi tambahan dari sekedar kata sandi saja. 
  • Membuat faktor autentikasi maka pemilik suatu akun bisa menerima kode rahasia yang dikirim ke ponsel dari sistem. Sehingga dengan itu akan membuat hacker kesulitan meretas atau mengambil alih suatu id pengguna seseorang. 

Keharusan Perlindungan Akun dengan Autentikasi

Ada milyaran id dan ratusan juta pengguna setiap hari. Tentunya sangat rawan id Instagram terhadap pembajakan terlarang dari hacker. Sebenarnya kalau hacker mampu log in ke suatu akun, maka hal penting seperti data bisa bilang bahkan dijadikan sarana melakukan pemerasan. 

Untuk itu kode otentik yang dikirim ke ponselmu, penting agar memastikan bahwa cuma pemilik kode yang bisa masuk ke akun tersebut, meskipun pihak lain mengetahui password akun itu. 

Menampik serangan hacker, maka Instagram kerap menawarkan opsi pelindung akun sebagai faktor kedua dari fitur keamanan akun ini . Kunci pengamanan  yang dimaksud adalah dengan mencolokkan sambungan fisik ke komputer hingga seluler agar sistem bisa memvalidasi suatu akun.

Langkah Pengaktifan Autentikasi 2 Faktor

Perhatikan cara mengaktifkan Autentikasi dua faktor Instagram agar memperketat penjagaan akun dari aktivitas ilegal. 

  1. Masuk menuju beranda profil Instagram kemudian klik tiga baris horizontal di atas kanan dan klik Pengaturan, scroll sampai bawah. 
  2. Lalu navigasikn kursor ke “Pengaturan” menuju menu “Keamanan” lalu ketuk”Otentikasi Dua Faktor” agar pengaktifan berlangsung lancar. 
  3. Lalu layar akan membawa pengguna kepada dua faktor pengotentik dengan pilihan aktif atau non aktif.
  4. Aktifkan autentikasi dua faktor dan pengguna akan menerima konfirmasi yang meminta kamu memilih metode autentikasi pilihan.
  5. Penting untuk diingat bahwa faktor otentik mengharuskan pengguna agar memiliki perangkat seluler atau ponsel untuk memudahkan autentikator masuk ke dalam akun asli.
  6. Artinya semisal kamu kehilangan ponsel atau handphone, maka akan sulit untuk mengakses atau masuk ke akun sebab tidak adanya yang mengkonfirmasi adanya kode otentik yang masuk.
  7. Pilihlah metode pengotentik entah itu  Sms, berbasis aplikasi pemberitahuan google dan penerimaan kode cadangan lainnya. 

Pilihlah metode paling aman dan cocok bagi pemilik akun. Misalnya seseorang suka mengganti telepon atau nomor hape baru,  maka dengan metode cadangan kode bisa dipilih secara lebih bijak.

Nah, jika kamu lebih senang memakai autentikator melalui perantara pemberitahuan dari Google maka itu juga menjadi pilihan yang bagus.

Penjelasan Jenis Autentikasi

Dua faktor pengotentik ada yang memakai metode pengiriman pesan artinya pengguna akan mendapat kode pengamanan yang masuk ke dalam pesan teks. 

Jika angka rahasianya sudah masuk atau terkirim maka pengguna  diminta agar mengetik kode rahasia untuk melanjutkan proses verifikasi saat hendak masuk ke IG.

Metode aplikasi untuk mengirimkan kode misalnya Google Authenticator yang menghasilkan enam angka acak setiap 30 detik yang harus kamu masukkan saat ingin login ke akun Ig.

Cadangan kode atau pemilihan adalah kode hanya sekali pakai sebagai akses bagi seseorang yang tak memiliki akses ke telepon.

Kode cadangan cocok buat pengguna yang tidak memiliki handphone atau kehilangan ponsel. 

Itu dia cara mengaktifkan autentikasi dua faktor Instagram yang berguna memberikan proteksi dua kali lipat untuk akun Instagram kamu. 

Langkah ini juga sangat mudah, terlebih jika kamu ingin menonaktifkannya pun tidaklah sulit. Dapatkan informasi lainnya seputar media sosial dan marketing hanya di marketingdigital.id. 

Bagikan Artikel