Apa Itu Instagram Shopping?, Kenali Yuk 5 Keunggulannya

Pada tahun 2019 lalu Instagram telah meluncurkan fitur anyar mereka yang memiliki nama “Instagram Shopping”. Banyak pelaku bisnis yang menyebutkan bahwa fitur ini menunjang meningkatkan penjualan produk mereka. Info produk anda menjadi lebih gampang diketahui oleh calon konsumen.

Facebook pun menyebutkan, 87 persen pemakai Instagram condong melaksanakan pembelian dan berkunjung ke website sesudah melihat produk lewat fitur Instagram Shopping.

Yup, untuk anda seorang pelaku bisnis online, memakai Instagram Shopping jadi strategi yang ampuh untuk meningkatkan penjualan produk yang anda pasarkan.

Apakah Itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping merupakan fitur Instagram untuk membikin katalog produk usaha yang memungkinkan pelanggan anda membeli produk dengan cara langsung lewat postingan feed, stories, atau catalog di profil Instagram.

Bila anda memakai fitur Instagram Shopping akan terdapat sejumlah perubahan pada account Instagram anda, salah satunya ada tombol View Shop.

Lantas pula terdapat ikon tas yang berisi nama produk, dan bila ikon itu diklik, maka pemakai bisa melihat harga produk.

5 Keunggulan Memakai Instagram Shopping

Di bawah ini 5 keunggulan Instagram Shopping yang bisa menunjang meningkatkan penjualan dan memajukan usaha anda.

  1. Meraih Audience yang Lebih Luas

Mengingat banyaknya pemakai Instagram sekarang, Instagram jadi salah satu platform media sosial yang banyak dipakai oleh banyak masyarakat Indonesia.

Tidak hanya untuk bergaul, Instagram pun jadi media untuk mencari dan menemui suatu brand. Banyak pula yang berbelanja memakai Instagram.

Lewat Instagram Shopping, anda dapat meraih lebih banyak audience sampai secara global. Berdasarkan data Facebook, 130 pemakai mengklik suatu postingan lewat Instagram Shopping untuk mendalami lebih banyak mengenai suatu produk.

  1. Meningkatkan Lalu Lintas Website

Instagram Shopping memungkinkan anda untuk memperlihatkan tombol yang mengarah ke website anda sesudah pemakai melihat rincian produk pada postingan. Apalagi pemakai lebih mempercayai usaha yang mempunyai website ketimbang usaha yang tidak mempunyai website.

Sebuah ulasan pemakai Instagram Shopping pun menyatakan lalu lintas website mereka jadi naik sampai 98 persen sesudah memakai fitur ini.

  1. Memudahkan Konsumen Untuk Berbelanja

Instagram Shopping memungkinkan suatu usaha untuk menyajikan pengalaman berbelanja yang lebih baik dan lebih praktis. Pelaku bisnis bisa menambahkan produk ke dalam photo, video, atau Instagram Story.

Konsumen bisa mengenali produk atau melaksanakan transaksi tanpa mesti keluar dari aplikasi Instagram.

Fitur Collections yang disiapkan pun bisa membagikan katalog ke dalam berbagai kategori sehingga mempermudah konsumen untuk mengenali produk yang dijual. Dan fitur Product Launches pun meningkatkan minat calon pembeli pada produk yang akan secepatnya dirilis.

Fitur Save pada Instagram Shopping menunjang pemakai yang mau membeli produk itu namun tidak di saat yang tepat untuk menyimpan unggahan produk itu lantas kembali membuka unggahan itu ketika mereka siap untuk melaksanakan pembelian.

  1. Promosi Lebih Gampang dan Banyak Ragamnya

Lewat Instagram Shopping, anda bisa menjalankan promosi dengan beragam cara dan bentuk, sejak dari photo, video, sampai live di Instagram Story. Anda dapat memperkenalkan produk anda lewat fitur Shopping Ads atau kerja bareng dengan influencer lewat fitur Shopping for Creators.

Dengan fitur Shopping for Creators, tiap unggahan influencer akan mempunyai label ‘Paid partnership with (nama brand) ’ sehingga masyarakat yang melihatnya langsung tahu bahwa produk yang ditayangkan pada photo atau video adalah produk anda.

  1. Terhubung dengan Konsumen

Tidak hanya memudahkan konsumen untuk berbelanja, fitur ini pun memudahkan mereka untuk berbicara dengan anda. Mereka dapat mengirimkan dm (direct message) atau meninggalkan pesan di postingan.

Nah, itulah Instagram Shopping dan beberapa keunggulannya dalam membantu mengembangkan bisnis online anda.

Bagikan Artikel