Beberapa Kesalahan Fatal Entrepreneur yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis Online

Ada banyak sekali kesalahan fatal entrepreneur yang masih jarang diketahui saat akan memulai bisnis. Seperti yang diketahui, di era sekarang bisnis mengalami peningkatan pesat. Apalagi canggihnya teknologi membuat sistem bisnis mulai beralih secara online. Bisa dibilang bisnis online menjadi solusi tepat dalam menyasar target yang lebih luas.

Alhasil, penjualan pun terasa lebih meningkat karena target yang dicapai mencakup berbagai kalangan. Karena kemudahan dan praktisnya bisnis secara online, hal inilah yang membuat banyaknya bermunculan pebisnis pemula. Padahal membangun bisnis online membutuhkan strategi yang tepat agar bisa mendapatkan keuntungan.

Kesalahan Fatal Entrepreneur Saat Berbisnis Online

Tidak sedikit pelaku bisnis yang memulai bisnis online lantaran ingin dikenal banyak masyarakat. Ada pula yang ingin mendapatkan uang sampingan dari bisnis yang dilakukan. Namun, ada beberapa kesalahan yang sering kali dilakukan oleh para entrepreneur saat akan memulai bisnis secara online. Apa saja kesalahan yang harus diketahui dan dihindari?

Membuat Perencanaan yang Tidak Sesuai

Kesalahan fatal yang sering kali terjadi dan dilakukan oleh entrepreneur adalah membuat perencanaan yang tidak sesuai. Tidak sedikit pebisnis pemula yang mempunyai ambisi tinggi sehingga lebih berfokus pada tujuan finansial. Alhasil yang ada dalam pikiran mereka adalah bagaimana cara meningkatkan penjualan.

Padahal dengan membuat perencanaan yang sesuai dan tidak terburu-buru akan mendatangkan keuntungan tersebut. Dengan mengetahui produk apa yang akan dijual, siapa saja targetnya, berapa modal yang dibutuhkan, apakah pesaingnya sedikit atau banyak, dan lainnya bisa membantu mengumpulkan informasi terkait kelebihan bisnis itu sendiri.

Saat Anda mampu memperhatikan faktor lain seperti kemampuan kompetitor, target penjualan, kebutuhan keuangan, dan perkiraan pengeluaran, maka bisnis bisa bertahan lebih lama.

Cara mengetahui informasi tersebut bisa dilakukan dengan melakukan riset dan analisa terhadap pangsa pasar. Dengan perencanaan yang matang dan sesuai, bisnis online akan berjalan lancar.

Menganggap Remeh Kompetitor

Kesalahan fatal entrepreneur yang sering kali dilakukan oleh pebisnis pemula adalah menganggap remeh kompetitor. Hal ini terjadi lantaran ego dan ambisi seorang pebisnis pemula sangat tinggi. Ditambah lagi dengan tujuan memulai bisnis yang salah sehingga mudah untuk menganggap remeh kompetitor lain.

Meski bisnis yang Anda pilih mempunyai keuntungan menjanjikan, bukan berarti bebas untuk tidak melakukan riset di persaingan pasar. Dengan melakukan riset, pelaku bisnis bisa tahu cara kerja kompetitor lain dalam menarik perhatian calon konsumen. Nah, manfaatkan momen ini dan lakukan modifikasi atau berikan solusi yang tidak diberikan kompetitor lain.

Dengan terus melakukan analisa terhadap pangsa pasar, Anda bisa tahu kelebihan dan kekurangan dari bisnis. Dari sini pula pelaku bisnis bisa membuat rencana dan menerapkan strategi yang tepat untuk mempromosikan bisnis agar laku keras.

Memulai dengan Tujuan yang Salah

Kesalahan lainnya yang sering kali dilakukan oleh entrepreneur adalah memulai dengan tujuan yang salah. Tidak sedikit orang yang memulai bisnis online hanya dengan bermodalkan nekat dan ingin ikut-ikutan saja. Padahal, memulai bisnis online membutuhkan perencanaan yang sesuai dan dibutuhkan strategi yang matang.

Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis, ada baiknya untuk memikirkan kembali tujuan dari berbisnis online. Karena jika tujuannya salah dan hanya ingin ikut-ikutan saja, bisnis yang dibangun bisa bertahan tidak lama. Hal ini tentunya berbeda jika Anda memang ingin melakukan bisnis.

Saat Anda tahu tujuan dalam berbisnis, sebagai pelaku bisnis pasti sudah tahu bahwa banyak pengorbanan dan perjuangan yang harus dilalui. Belum lagi jika bisnis yang dimulai terasa sia-sia karena tidak bisa mendapatkan target penjualan. Setidaknya mental pelaku bisnis akan tetap kuat jika tujuannya memang benar dalam berbisnis.

Tidak Memprioritaskan Konsumen

Kesalahan fatal entrepreneur dalam memulai bisnis secara online adalah tidak memprioritaskan konsumen. Maksudnya produk yang dijual hanya mengikuti keinginan penjual saja, tidak dengan keinginan konsumen. Padahal, mampu memenuhi keinginan calon konsumen bisa membuat bisnis disukai oleh konsumen.

Meski ide yang dibuat kreatif, tapi jika produk atau jasa yang ditawarkan tidak berguna di mata calon konsumen, siapa yang akan menggunakannya? Itulah kenapa penting untuk melakukan analisa pasar terkait kebutuhan konsumen yang banyak diinginkan. Dengan mengenali kebutuhan dan tren konsumen, bisnis bisa bertahan lebih lama.

Ingin Cepat Sukses

Setiap pelaku bisnis pastinya menginginkan agar bisnisnya cepat sukses dan laris manis. Sayangnya, untuk bisa sampai tahap itu dibutuhkan perjalanan yang cukup banyak. Ada banyak pengorbanan yang harus dilakukan agar produk bisa diterima oleh konsumen. Inilah kesalahan fatal entrepreneur yang mana sering kali ingin cepat sukses.

Pelaku bisnis pemula yang hanya bermodalkan nekat dan ingin ikut-ikutan saja pastinya mental tidak akan kuat. Padahal dalam berbisnis online dibutuhkan mental yang kuat. Apalagi jika persaingan pasar terbilang cukup banyak dan ketat. Jadi, ada baiknya untuk menghindari kemauan ingin cepat sukses, ya. Karena segala sesuatunya membutuhkan proses panjang.

Tidak Mempunyai Relasi Bisnis

Ada lagi kesalahan fatal lainnya yang jarang diketahui oleh entrepreneur pemula, yakni tidak mempunyai relasi bisnis. Padahal untuk bisa bersaing dengan kompetitor lain dibutuhkan relasi bisnis yang relevan. Itulah kenapa penting untuk membangun relasi dan hubungan baik dengan kompetitor lain.

Dengan mempunyai relasi bisnis, tentunya bisnis Anda akan terkenal oleh banyak orang seiring waktu. Cara membangun relasi bisnis bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan kompetitor lain atau influencer.

Setelah mengetahui beberapa kesalahan fatal entrepreneur di atas, apakah Anda siap untuk memulai bisnis secara online? Yuk, manfaatkan media online yang ada untuk membantu mempromosikan bisnis agar bisa bersaing dengan kompetitor lain secara sehat.

Bagikan Artikel