Digital Marketing semakin merajai dunia pemasaran di Indonesia. Setiap bisnis yang ingin sukses skala dan menjangkau pasar yang luas pasti akan menggunakan digital marketing. Dalam memenuhi permintaan pasar tersebut, cara buat iklan di media digital semakin beragam.
Setiap platform digital memiliki tempat untuk mempromosikan bisnis, seperti media sosial, YouTube, Google, Email, dan sebagainya. Tidak hanya iklan berbayar saja, iklan yang gratis pun ada di media digital. Perusahaan-perusahaan besar yang fokus pada digital marketing hampir memakai setiap peluang promosi digital yang ada.
Cara Buat Iklan Melalui Digital Marketing
Digital marketing dapat menjangkau target pasar lebih luas dan jenis promosi sangat beragam, unik, serta menarik. Jika Anda ingin membuat iklan di media digital, berikut ini beberapa cara buat iklan di media digital yang bisa dipakai.
1. Membuat Website dan Memaksimalkan SEO
Google masih menjadi platform pencarian yang populer. Media digital satu ini bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis secara gratis dengan hasil yang memuaskan. Caranya yaitu dengan membuat website bisnis Anda, lalu optimalkan SEO-nya. Fungsi website untuk sebuah bisnis sangat banyak.
Website dapat diisi dengan informasi tentang produk Anda, tempat melakukan pemesanan dan membuat konten. Sementara, Search Engine Optimization (SEO) berperan untuk membuat website Anda muncul di posisi pertama ketika seseorang mencari informasi yang berkaitan dengan kategori bisnis Anda.
Contohnya Anda memiliki bisnis yang menjual sepatu sneakers. Anda memiliki website dan mengoptimalkan SEO-nya. Ketika seseorang mencari di Google “Sepatu sneakers yang bagus”, maka website Anda akan muncul di posisi pertama hasil pencarian. Website yang muncul di posisi pertama berpeluang lebih besar untuk dikunjungi.
2. Pay-Per-Click (PPC) Advertising
Pay-Per-Click (PPC) merupakan metode iklan di mana pengiklan membayar iklan ketika iklan tersebut diklik. Cara buat iklan PPC yaitu dengan menggunakan Google Ads. Setiap ada orang yang mencari “Sepatu Sneakers”, iklan dari website Anda akan dimunculkan di halaman Google.
Lalu apa bedanya PPC dengan SEO? SEO didapatkan secara gratis dengan berbagai usaha yang bisa menaikkan SEO, seperti membuat konten artikel, memperbanyak backlink dan lainnya. Sedangkan, PPC dilakukan dengan cara mendaftar di Google Ads dan akan selalu ditampilkan. Anda hanya membayar iklan yang diklik oleh pengguna.
3. Iklan di Media Sosial
Banyak platform media sosial yang populer di Indonesia dan bagus digunakan untuk digital marketing. Setiap platform media sosial memiliki fitur iklan untuk mempromosikan bisnis. Anda dapat beriklan di Instagram, Twitter, TikTok atau Facebook. Dengan iklan, konten Anda akan disebarluaskan sesuai dengan target audiens yang dipilih.
Cara buat iklan di media sosial tergantung platform masing-masing. Misalnya cara beriklan di Instagram dan di Twitter berbeda. Cara beriklan di media sosial umumnya sangat mudah karena prosesnya tidak rumit. Beriklan di media sosial juga menjadi salah satu digital marketing yang banyak digunakan karena jangkauannya yang luas dan tepat.
4. Pemasaran Konten
Pemasaran konten merupakan strategi digital marketing yang memanfaatkan akun bisnis di media sosial untuk mengunggah konten dengan tujuan menarik konsumen. Contohnya membuat konten sendiri dan mengunggahnya di akun Instagram, Twitter, atau TikTok. Cara ini dapat digunakan oleh semua kalangan pebisnis.
Pemasaran konten bersifat gratis dan lebih mementingkan kreatifitas dalam konten yang dibuat serta strategi yang digunakan. Banyak UMKM yang sukses dan bisa menjual produknya lebih luas karena berhasil dalam pemasaran konten.
Melalui kontennya yang kreatif dengan strategi digital marketing lainnya, mereka bisa mendapatkan banyak follower, membangun brand awareness hingga meningkatkan penjualan.
5. Email Marketing
Apakah Anda pernah mendapatkan email promosi dari sebuah brand? Jika iya, maka seperti itulah penampakan dari email marketing. Cara buat iklan ini bisa dilakukan ketika Anda memiliki data email pelanggan. Anda bisa mendapatkannya dengan membuat pelanggan registrasi dengan email.
Email marketing memang lebih banyak digunakan oleh brand-brand besar yang mempunyai aplikasi. Namun, Anda tetap bisa mendapatkan email pelanggan dengan membuat website dan mengajak pelanggan untuk menjadi member dengan mengisi data diri yang menggunakan email.
Tidak hanya cara seperti itu, masih banyak cara lain untuk bisnis yang tidak punya aplikasi tetapi bisa mendapatkan email pelanggan. Setelah memiliki data email pelanggan, Anda dapat mengirim email tentang promo terbaru kepada para pelanggan. Sekian persen dari pelanggan yang dikirim email pasti akan membukanya.
6. Kerja Sama dengan Influencer
Kerja sama dengan influencer menjadi salah satu digital marketing lainnya yang digunakan oleh pebisnis. Penggunaan jasa influencer bisa memberikan feedback yang memuaskan jika pandai memilih influencer yang tepat. Jangan memilih influencer dari rate engagement-nya saja.
Anda harus menentukan jenis influencer, attitude-nya, relevansi dengan produk Anda, dan pengaruhnya terhadap target pasar Anda. Banyak pebisnis yang malah rugi setelah bekerja sama dengan influencer karena tidak tepat memilih influencer. Cara buat iklan melalui kerja sama dengan influencer memang susah-susah gampang.
7. Mendaftar di Google Bisnisku
Google Bisnisku merupakan layanan gratis dari Google untuk menampilkan profil bisnis di halaman hasil pencarian. Google Bisnisku masih berhubungan dengan SEO. Namun, jika seseorang mencari spesifik tentang bisnis Anda, maka informasi profil tersebut akan muncul di urutan pertama.
Tidak hanya di Google, jika mendaftar di Google Bisnisku, informasi profil bisnis Anda otomatis akan muncul juga di Google Maps. Google Bisnisku sangat bermanfaat untuk bisnis yang memiliki toko offline.
Cara buat iklan di atas bisa Anda pilih yang sesuai dengan kebutuhan atau budget yang ada. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, sehingga Anda harus memilih yang benar-benar cocok dengan bisnis Anda jika tidak akan mencoba semuanya.