Banyak pemasar digital disibukkan dengan menumbuhkan basis penggemar dan pengikut mereka, tetapi sering mengabaikan ukuran penting yang disebut keterlibatan online, yang membantu menumbuhkan kelompok pendukung. Terlepas dari kenyataan bahwa ini adalah salah satu aspek yang dapat meningkatkan merek Anda lebih dari 300 persen.
Audiens yang ditargetkan menjadi pelanggan, konsumen menjadi pelanggan setia, dan pelanggan setia menjadi juara merek berkat keterlibatan pelanggan online. Menjadi pengikut Instagram, menyukai situs Facebook, atau meninggalkan ulasan video di YouTube adalah contoh keterlibatan online.
Sederhananya, keterlibatan online mengacu pada berbagai interaksi yang dimiliki audiens dengan bisnis dari waktu ke waktu melalui media online. Mereka adalah merek yang mereka kagumi, hormati, hargai, anggap relevan, dan dapat diandalkan. Berapa tingkat keterlibatan merek Anda dengan demografi atau pelanggan target Anda?
Kenali Platform yang Digunakan
Dalam hal pemasaran digital, mengetahui preferensi audiens target sangat penting sehingga strategi konten dapat disesuaikan dengan format yang paling menarik, meningkatkan kemungkinan keterlibatan atau keterlibatan yang lebih sukses.
Preferensi pribadi dan budaya komunikasi sehari-hari telah berubah sebagai akibat dari media sosial. Namun, setiap platform online, seperti media sosial dan situs web, memiliki pengguna sendiri, termasuk mereka yang berkomunikasi satu sama lain.
Dengan pemikiran ini, hal terpenting bagi siapa pun yang merancang media sosial online atau strategi keterlibatan situs web adalah menentukan target demografis untuk platform mereka dan bagaimana orang berkomunikasi di jaringan itu.
Audiens hanya akan mengunjungi media sosial atau situs web Anda jika menyediakan informasi yang mereka cari. Inilah sebabnya, untuk meningkatkan interaksi online, Anda harus terlebih dahulu memahami apa yang diinginkan atau dibutuhkan audiens target Anda.
Lebih banyak konten visual diperlukan
Karena konten yang lebih visual lebih mudah dilihat dan dapat terhubung secara emosional dengan penonton, video dan gambar adalah jenis konten yang dapat menghasilkan interaksi signifikan di media sosial atau web. Sebuah posting dengan gambar menyumbang hampir 87 persen dari materi yang paling banyak dibagikan di Facebook. Menyertakan komponen visual inovatif yang relevan dengan konten Anda adalah cara sederhana untuk meningkatkan keterlibatan media sosial.
Berikan Dukungan Kepada Audiens Anda
Tidak ada yang tidak menyukai barang gratis, dan audiens Anda tidak akan keberatan jika Anda harus bekerja sedikit lebih keras untuk menerima barang gratis yang Anda tawarkan. Anda harus menunjukkan kepada audiens Anda bahwa partisipasi mereka di media sosial atau situs web Anda sangat berharga.
Ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menempatkan level setiap kali pengguna berpartisipasi dalam utas diskusi, meninggalkan komentar, mengisi kuesioner, menginstal perangkat lunak, berlangganan blog, dan sebagainya. Gratis dapat mencakup hal-hal seperti e-book gratis, kupon diskon, atau hal-hal yang lebih kompleks seperti objek gratis yang relevan dengan bisnis Anda.
Izinkan Audiens Untuk Menulis Saran
Peningkatan keterlibatan online juga dapat dicapai dengan mengaktifkan media sosial dan komentar situs. Menurut statistik, materi interaktif sangat bermanfaat dalam mendidik dan meningkatkan interaksi konsumen untuk 45 persen pelanggan. Ajak pengunjung website dan follower media sosial untuk berkontribusi dengan meminta masukan terhadap konten atau ide yang Anda terbitkan di kolom komentar.
Konsisten dan Dapat Dipercaya
Mengetahui bagaimana meningkatkan keterlibatan konsumen tidak sepenting melakukannya secara teratur. Setelah Anda mendapatkan perhatian dan partisipasi audiens, penting bagi Anda untuk tetap konsisten dan seseorang yang dapat mereka andalkan.
Apakah Anda yakin pengikut Anda akan bersabar jika media sosial dan konten situs web Anda tidak diperbarui selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan? Karena segala sesuatu di dunia ini hanya dengan sekali klik, audiens Anda tidak mungkin tetap setia kepada Anda dalam waktu lama jika mereka yakin Anda tidak memiliki sesuatu yang baru untuk diberikan.
Jika Anda terus-menerus memberikan materi berkualitas dan menggunakan metode yang telah kita diskusikan untuk meningkatkan interaksi, audiens Anda akan kembali secara teratur. Mengetahui kapan harus memposting dapat membantu Anda menentukan seberapa sering audiens target Anda bersedia terlibat dengan informasi baru.
Bisnis yang secara eksklusif aktif di internet dan menggunakan pos satu arah mengalami kesulitan mendapatkan lebih banyak keterlibatan. Keterlibatan harus menjadi tujuan utama untuk fokus saat Anda membuat media sosial dan kehadiran web Anda. Membangun hubungan yang baik dengan audiens Anda sama dengan meningkatkan keterlibatan online. Selain itu, keterlibatan yang tinggi memudahkan untuk mengkomunikasikan pesan pemasaran Anda, memungkinkan perusahaan Anda untuk mendapatkan keuntungan juga.