Cara Kampanye Politik Menggunakan Digital Marketing

Dalam dunia kampanye politik, kehadiran media online memberikan kemudahan bagi para kandidat baik dalam hal bisnis maupun politik. Perbedaan utama dalam kampanye politik digital adalah fokus pada personal branding dan pendekatan yang mempengaruhi masyarakat sehingga dapat memperoleh dukungan dan suara pada saat pemilihan.

Kampanye politik digital telah dilakukan sejak lama, bahkan pada masa Orde Baru, internet sudah dimanfaatkan sebagai metode alternatif kampanye baru. Puncaknya terjadi pada Pemilihan Presiden tahun 2019 di mana kampanye politik digital dilakukan secara intensif.

Ada tiga jenis kampanye politik yang disesuaikan dengan tujuan, orientasi dan media, yaitu media elektronik atau digital, media langsung, dan media cetak. Saat ini, kampanye di media digital memiliki pengaruh besar dengan jangka waktu yang lebih panjang karena hampir semua orang di Indonesia menggunakan media digital untuk mencari informasi terbaru dan lebih detail. Oleh karena itu, para calon legislatif dapat melakukan kampanye dengan efektif melalui media digital.

Berikut ini adalah beberapa cara kampanye politik digital yang dapat dilakukan:

  1. Menayangkan Iklan di Media Online. Pemasangan iklan bertujuan untuk memperkenalkan pasangan caleg yang diusung oleh partai tertentu. Iklan ini dapat dipasang di media online seperti Google, Twitter, Instagram, Facebook, dan Youtube. Iklan harus disesuaikan dengan karakteristik media dan target masyarakat, seperti video pendek yang dapat memikat masyarakat.
  2. Membuat Acara Debat Terbuka secara Live. Debat terbuka ini dilakukan secara langsung melalui televisi, platform streaming, dan sosial media seperti Instagram. Acara ini sangat penting untuk meyakinkan masyarakat akan visi dan misi yang dimiliki oleh pasangan caleg tersebut. Seluruh masyarakat bisa mengajukan pertanyaan melalui komentar yang akan dijawab secara langsung.
  3. Membuat Acara Dialog. Acara dialog adalah kampanye yang lebih santai dan lebih condong ke non-formal. Caleg dapat mengadakan acara dialog dengan tema tertentu sesuai dengan visi misi mereka. Masyarakat dapat memberikan komentar atau pertanyaan dalam acara dialog tersebut dan caleg akan menjawab dengan kesan yang lebih santai namun memberikan jawaban yang sesuai.
  4. Membuat Konten Voter Targeting. Konten voter targeting adalah kampanye yang diarahkan kepada pendukung pada area tertentu. Tujuannya adalah menunjukkan bahwa pasangan caleg mendapatkan lebih banyak suara dan dapat meyakinkan pendukung atau calon pendukung sehingga dapat meningkatkan jumlah suara pada saat pemilihan berlangsung. Konten seperti ini bisa dibuat sesekali saja sehingga terkesan istimewa.
  5. Membuat Website atau Blog sebagai Personal Branding. Dalam kampanye politik, aktivitas branding dilakukan untuk mempromosikan partai atau pasangan caleg. Oleh karena itu, kampanye politik digital harus mengarah pada personal branding. Salah satu bentuk personal branding yang paling mudah adalah dengan membuat website atau blog. Melalui website atau blog, partai dan pasangan caleg dapat menyampaikan visi misi, program, dan kegiatan kampanye yang mereka lakukan. Mereka juga dapat menyoroti keunikan caleg, rekam jejak kandidat, serta rencana ke depan. Selain itu, website atau blog juga dapat digunakan untuk melakukan klarifikasi terhadap kampanye defensif dari partai lawan.
  6. Pemberitaan Aktivitas Kampanye Kandidat. Pemberitaan juga menjadi salah satu cara kampanye politik digital yang tidak kalah penting. Memasang berita di media nasional secara online dapat dengan cepat menarik perhatian masyarakat. Oleh karena itu, partai dan pasangan caleg perlu bekerja sama dengan wartawan untuk mendapatkan pemberitaan yang positif sesuai dengan strategi kampanye yang telah ditetapkan. Pilihlah aktivitas kampanye yang sesuai dengan visi misi kandidat untuk menunjukkan konsistensinya kepada masyarakat.
  7. Bekerja Sama dengan Tokoh dan Influencer. Bekerja sama dengan tokoh dan influencer juga merupakan cara kampanye politik digital yang efektif. Terutama jika influencer tersebut memiliki banyak pengikut, maka akan lebih mudah untuk mempengaruhi pengikut tersebut. Influencer juga lebih mahir dalam penggunaan media digital dibandingkan dengan tokoh. Anda bisa menggunakan jasa influencer dari marketplace Rajakomen.com. Selain murah juga mereka merupakan 100% manusia dari berbagai wilayah di Indonesia.

Semua cara kampanye politik digital ini sebaiknya dijalankan dengan baik dan serentak. Jika partai dan pasangan caleg memiliki keterbatasan dalam melakukan kampanye digital, mereka dapat mempercayakan tugas tersebut kepada ahli. Dengan demikian, aktivitas kampanye yang dilakukan di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan TikTok dapat dioptimalkan dengan baik. Memperbanyak komentar dan share konten kampanye juga dapat membantu meningkatkan kesuksesan kampanye.

Bagikan Artikel